Selasa, 20 Oktober 2020
Beranda Lifestyle Anti Ribet, Ini Dia 7 Cara Mudah Membersihkan Kasur yang Terkena Banjir

Anti Ribet, Ini Dia 7 Cara Mudah Membersihkan Kasur yang Terkena Banjir

Membersihkan kasur yang terkena banjir memang harus dengan cara yang benar, apalagi jika sebelumnya telah terkena air cukup lama.

Seperti yang sudah kita ketahui, kini sejumlah wilayah di Jakarta terendam banjir yang disebabkan oleh hujan deras yang melanda sejak Senin 24 Februari malam hingga pagi tadi.

Ruas jalan, fasilitas umum dan rumah-rumah warga pun terendam air dengan ketinggian yang bervariasi setiap wilayahnya.

Sontak saja banjir yang menggenang rumah warga beserta isinya, termasuk peralatan rumah tangga, kursi bahkan kasur.

Bagi Anda yang kini terkena banjir, mungkin hingga kini kalian masih bingung bagaimana cara membersihkan kasur bekas banjir agar dapat dipakai kembali nantinya setelah air surut.

Jika dibiarkan dan tidak dibersihkan dengan benar, lama kelamaan akan mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Tentu hal tersebut membuat Anda dan keluarga merasa terganggu.

Tak hanya kotor, kasur yang terendam air banjir mungkin saja menyimpan banyak bakteri dan kuman yang terperangkap di sana.

Cara yang paling mudah dan sering dilakukan pastinya menjemur kasur di bawah terik matahari sampai kasur benar-benar kering.

Namun perlu Anda ketahui, ada beberapa cara mudah lainnya yang bisa menjadi alternatif untuk membersihkan dan mengeringkan kasur setelah kena banjir.

Cara-cara ini sangat memudahkan Anda, mengingat sekarang ini cuaca sulit diprediksi dan bisa membuat kasur mengering dalam waktu yang lama.

Apa saja cara-caranya? Kali ini Rancah Post akan menyiapkan beberapa cara membersihkan kasur pasca tergenang banjir.

Cara Membersihkan Kasur yang Terkena Banjir

Langsung saja, ini dia pembahasannya untuk Anda.

Membersihkan kotorannya terlebih dahulu

Langkah awal yang mesti Anda lakukan adalah membersihkan terlebih dahulu kotoran atau lumpur yang menempel di sana.

Kemudian siramkan air bersih dan sikat hingga kotoran hilang. Jika dirasa sudah bersih, miringkan kasur supaya air yang ada di dalamnya bisa keluar.

Semprotkan cairan disinfektan

Setelah membersihkan dan menyikatnya, sebaiknya semprotkan cairan disinfektan untuk menghilangkan bakteri yang sebelumnya bersarang di sana.

Jemur

Seperti yang sudah kita bahas tadi cara membersihkan kasur yang terkena banjir yang paling mudah adalah menjemurnya di bawah sinar matahari. Jangan lupa untuk mmebolak-balik kasur agar kedua sisinya dapat kering dengan sempurna.

Pakai handuk

Jika cuaca sedang tidak mendukung, cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menyerap bagian yang basah dengan handuk atau kain yang bisa menyerap air dengan sangat baik.

Caranya, simpan handuk atau kain di atas kasur lalu tekan-tekan menggunakan tangan. Namun cara ini hanya bisa dilakukan jika kasurnya tidak basah terlalu banyak.

Pakai pengering rambut atau hair dryer

Cara membersihkan kasur setelah kena banjir selanjutnya adalah dengan menggunakan hair dryer. Setelah mengeringkan dengan handuk Anda bisa langsung melakukan cara ini.

Namun perlu Anda ketahui, menggunakan hair dryer hanya bisa untuk mengeringkan kaasur yang lembap bukan yang sepenuhnya sudah basah.

Baking soda

Baking soda sangat baik dalam urusan serap menyerap cairan, tidak hanya di luar kasur namun juga bisa ke bagian dalamnya.

Caranya cukup dengan menaburkan baking soda di bagian kasur yang basah, tekan dengan tangan atau menggosoknya dengan sikat gigi yang sudah tidak terpakai.

Setelah itu diamkan minimal 12 jam supaya baking soda dapat menyerap air dengan baik. Barulah bersihkan sisa baking soda dengan kain kering atau vacum cleaner.

Atur sirkulasi udara ruangan

Selain cara-cara tadi, membersihkan kasur yang terkena banjir juga harus memperhatikan sirkulasi di dalam ruangan agar kasur bisa cepat mengering.

Sebaiknya simpanlah kasur dengan posisi berdiri atau disandarkan ke dinding. Nyalakan kipas angin ke arah kasur dan pastikan jendela ruangan terbuka agar sirkulasi udara tetap berlangsung lancar.

Demikian beberapa cara membersihkan kasur yang terkena banjir. Semoga bermanfaat dan kasur Anda cepat bisa dipakai kembali nanti setelah air surut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,854FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan