Jumat, April 3, 2020

Cara Screenshot Oppo A31, Cepat dan Tanpa Pake Ribet

RANCAH POST – Guna menambah personil seri A dan memanaskan persaingan penjualan ponsel kelas entry level di pasar Indonesia, Oppo resmi meluncurkan produk terbarunya yang diberi nama Oppo A31. Kira-kira adakah perbedaan cara screenshot Oppo A31 dengan hp Oppo generasi sebelumnya?

Oppo A31 hadir ditujukan untuk menyasar para pengguna yang memang memiliki kebutuhan perangkat dengan memori penyimpanan besar. Hal ini dapat dilihat dari besaran kapasitas memori internal yang ditawarkannya, yakni 128 GB.

Mengikuti tren smarphone entry level kekinian, A31 juga dibekali dengan tiga buah lensa kamera di bagian belakang yang masing-masing memiliki resolusi sebesar 12MP kamera utama, 2MP kamera portrait dan 2MP sebagai penghasil efek bokeh alias depth sensor. Sementara untuk kamera depannya sendiri tertanam satu buah lensa berkekuatan 8MP.

Ditenagai baterai non-removable berkapasitas 4230 mAh serta menjalankan sistem operasi Android 9.0 Pie berbalut ColorOS 6.1, Oppo A31 dijual dengan banderol harga Rp2.599.000.

Dengan balutan antarmuka ColorOS 6.1 yang dimilikinya, dapat dipastikan bahwa cara screenshot Oppo A31 tidak jauh berbeda dengan ponsel pendahulunya.

Penasaran seperti apa caranya? Berikut Rancah Post berikan pemaparan lengkapnya, cekidot!

Cara Screenshot Oppo A31

Tombol Fisik

Tentu saja cara screenshot A31 pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengandalkan kombinasi dua tombol Fisik. Adapun dua tombol fisik yang dimaksud tersebut adalah Tombol Power dan Volume Bawah (-).

Screenshot Oppo A31 dengan tombo fisik
Screenshot Oppo A31 dengan tombol fisik. (IST/NET)

Gesture Screenshot

Pertama-tama, buka menu Pengaturan > Smart & Convenient > Gestures & Motion > Screen-on Gesture > lalu klik tombol geser untuk mengaktifkan Gesture Screenshot.

Jika fitur Gesture Screenshot sudah berhasil Anda aktifkan, silahkan Anda close atau keluar dari menu Pengaturan lalu arahkan layar pada area yang ingin Anda screnshot.

Kemudian usap layar dengan menggunakan ujung 3 jari Anda dari atas ke bawah. Nantinya layar akan berkedip dan terdengar bunyi rana kamera yang menandakan bahwa screenshot telah berhasil Anda lakukan.

Smart Sidebar

Sama seperti cara kedua, Anda juga diharuskan untuk mengaktifkan fiturnya terlebih dahulu.

Caranya mengaktifkannya sendiri sangatlah mudah, tinggal buka menu Setting > Smart & Convenient > Smart Sidebar > Aktifkan Smart Sidebar.

Cara mengaktifkan fitur Smart Sidebar hp Oppo
Cara mengaktifkan fitur Smart Sidebar hp Oppo. (IST/OPPO)

Nantinya, Anda akan melihat garis vertikal berwarna putih di sisi kanan layar. Tinggal geser sedikit ke kiri maka tampilan menu Smart Sidebar akan ditampilkan dan Anda hanya cukup meng-klik icon Screenshot.

Cara screenshot hp Oppo menggunakan Smart Sidebar
Cara screenshot hp Oppo menggunakan Smart Sidebar

BACA JUGA: Cara Screenshot Samsung Galaxy S20, S20 Plus dan S20 Ultra

Itulah tiga cara yang bisa Anda gunakan untuk mengambil gambar cuplikan layar atau screenshot di Oppo A31.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

106,922FansSuka
1,768PengikutMengikuti
1,269PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan
Enable referrer and click cookie to search for pro webber