Sabtu, 24 Oktober 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Daftar Aplikasi Pendeteksi Gempa Paling Akurat

Daftar Aplikasi Pendeteksi Gempa Paling Akurat

Smartphone kini semakin dimanjakan dengan adanya aplikasi-aplikasi canggih yang dapat memanjakan penggunanya. Tidak hanya beragam, fungsinya pun sangat banyak.

Terhitung jumlahnya mulai dari aplikasi ojek online yang dapat memesankan ojek, aplikasi ecommerce yang dapat melakukan transaksi jual beli, aplikasi chat yang dapat menghubungkan komunikasi, aplikasi pencari jodoh untuk menyatukan sepasang manusia, hingga kini telah hadir aplikasi yang dapat mendeteksi getaran gempa.

So, buat kamu yang kepo apa aja sih aplikasi-aplikasi pendeteksi gempa, berikut ini daftar aplikasi pendeteksi gempa paling akurat.

Aplikasi Pendeteksi Gempa Paling Akurat

1) Aplikasi WRS-BMKG
Ada banyak sekali aplikasi pendeteksi gempa, salah satunya adalah aplikasi bernama WRS-BMKG ini. Berdasarkan informasi yang tertera pada info aplikasi WRS-BMKG di Google Play Store ini, aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi resmi yang dibuat oleh pihak BMKG Indonesia yang berfungsi untuk mendeteksi kekuatan getaran gempa baik gempa bumi maupun tsunami.

Salah satu ciri khas aplikasi ini adalah tampilannya sederhana sehingga tidak membuat bingung penggunanya. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memuat 30 kejadian gempa terakhir yang ada di Indonesia. So, aplikasi WRS-BMKG ini khusus untuk menampilkan informasi seputar gempa saja.

2) Aplikasi Magma Indonesia
Ada aplikasi lain di samping WRS-BMKG, yakni Magma Indonesia. Aplikasi ini memiliki fungsi sebagai pendeteksi getaran gempa, yang dirilis oleh tim developer PNS dari Kementerian ESDM, Badan Geologi, dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.

Aplikasi ini adalah aplikasi terbaik yang memiliki fungsi pemantauan getaran gempa bumi baik aktivitas vulkanik maupun tsunami. Dan jika kamu tahu, palikasi ini telah memperoleh dua penghargaan sebagai aplikasi pendeteksi gempa terbaik.

3) Info Gempa Indonesia
Ada aplikasi lain yang berfungsi sebagai pendeteksi gempa. Yakni aplikasi berupa info gempa indonesia. Aplikasi ini juga merupakan salah satu aplikasi dari aplikasi lain yang meniliki peranan penting untuk mendeteksi getaran gempa bumi.

Hal ini meskipun aplikasi informasi gempa indonesia ini bukanlah aplikasi resmi yang berasal dari BMKG, melainkan infotmasi yang terkandung di dalamnya akurat bersumber dari BMKG.

4) Aplikasi Earthquake Alert
Masih ada aplijasi lain yang berfungsi sebagai pendeteksi getaran gempa. Yakni aplikasi Earthquake Alert. Earthquake Alert ini telah didownload oleh 1 juta pengguna di seluruh dunia dengan berbagai macam fitur menarik di dalamnya serta memiliki informasi getaran gempa yang berasal dari seluruh dunia.

Aplikasi Earthquake alert juga menyediakan fitur tab news yang berfungsi untuk menampilkan berita seputar informasi gempa terkini.

5) Aplikasi MyShake
Ada aplikasi lain yang juga bisa mendeteksi getaran gempa. Yakni bernama My Shake. Aplikasi my shake ini mampu menginformasikan data yang dikumpulkan oleh seismograf sehingga memungkinkan kita tahu lebih dini gejala terjadinya gempa baik gempa bumi maupun tsunami.

Tidak hanya itu, melalui aplikasi ini pula kamu dapat mengetahui daerah mana saja yang baru mengalami getaran gempa atau guncangan gempa bumi.

Nah! Itulah beberapa Aplikasi yang dapat mendeteksi getaran gempa bumi baik di Indonesia maupun seluruh dunia.

So, kamu dapat mendownload aplikasinya di Google Play Store. Masih banyak aplikasi-aplikasi lainnya yang dapat mendeteksi getaran gempa bumi yang dapat kamu temui di Play Store seperti EQinfo, Earthquake, inaRSIK Personal, dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa menggunakan fitur di ponsel karena beberapa ponsel juga telah menyediakan fitur pendeteksi getaran gempa bumi tanpa menggunakan aplikasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,854FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,262PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan