Sabtu, 11 Juli 2020
Beranda Teknologi Viral Video Heboh! Muncul Dua Sinar Matahari di Langit Makassar

Heboh! Muncul Dua Sinar Matahari di Langit Makassar

Viral Video, RANCAH POST – Dua sinar matahari tampak di langit Kota Makassar, Sulawesi Selatan sontak membuat heboh warga sekitar. Diketahui, peristiwa tersebut terjadi pada Minggu 19 Januari 2020 kemarin.

Detik-detik peristiwa tersebut sempat direkam oleh seseorang dan diunggah ke media sosial hingga videonya menjadi sorotan netizen.

Dalam video yang dibagikan ulang oleh akun Instagram @makassar_iinfo terlihat satu matahari bersinar di bagian barat dan ada matahari kedua yang bersinar di sebelah timur.

Fenomena munculnya dua sinar matahari di langit Makassar ini membuat warga sekitar heboh. Itu bisa dilihat dari rekaman video, tampak sejumlah warga berkumpul dan seperti bingung sekaligus penasaran dengan fenomena tersebut.

Berdasarkan keterangan akun Instagram @makassar_iinfo, fenomena dua sinar matahari tersebut tepatnya terjadi di BTN Berua Mitra Perdana, Daya, Kota Makassar.

“Fenomena alam di langit Daya Makassar, sinar matahari ada dua petang ini 19 Januari 2020.
.
Lokasi : BTN Berua Mitra Perdana, Daya Makassar,” tulis akun @makassar_iinfo dalam keterangan unggahan videonya.

Usai diunggah ke media sosial, banyak netizen yang langsung menanggapi fenomema tersebut. Tak sedikit dari mereka yang menganggap itu sebagai fenomena akhir zaman mendekati kiamat.

Akan tetapi, menurut Pegawai Balai Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, Asriani Idrus mengatakan bahwa fenomena alam itu disebut sebagai Sun Dog atau perheolian.

Hal tersebut bisa terjadi karena ada pantulan dari sinar matahari yang menerobos awan mengandung kristal es atau awan sirus.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa secara ilmiah pembentukan Sun Dog berawal dari cahaya matahari yang bersinar pada kumpulan lempeng es kristal heksagonal.

Kristal ini tersusun secara horizontal di langin. Sehingga berakibat cahaya dibelokan dengan sudut minimun 22 derajat. Dengan adanya penjelasan ini, jadi matahari tetap satu ya, teman-teman. Sebelumnya beberapa netizen juga telah mengetahui bahwa fenomena alam itu disebut sebagai Sun Dog.

ndilliana, “Cuma pantulan, untuk lebih jelasnya bisa dicari digoogle atau youtube tentang penjelasan lebih lanjut hal seperti ini dan kiriman senja yang kemarin yg mmbentuk garis. Semua memiliki penjelasan dari teori para ahli.”

andiranydaengyaya, “Fenomena Parhelion atau sun dogs ! Prrnah terjadi di kep.riau,china juga pernah.”

BACA JUGA: Viral Video Cahaya Matahari Terbelah di Atas Langit Gunung Sindoro, Netizen Takjub!

endang23_, “Peristiwa Sundog: Pantulan matahari. Matahari seolah bertambah karena sinar matahari yang menerobos awan sirus, awan yang mengandung kristal es.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,369FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan