Minggu, 31 Mei 2020
Beranda Berita Berita Nasional Berhasil Rakit Pesawat dari Barang Bekas, Haerul Dapat Apresiasi dari Bupati Pinrang

Berhasil Rakit Pesawat dari Barang Bekas, Haerul Dapat Apresiasi dari Bupati Pinrang

Berita Nasional, RANCAH POST – Belum lama ini warganet merasa kagum dengan kegigihan seorang montir sepeda motor asal Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan yang berhasil merakit pesawat terbang.

Aksinya yang begitu luar biasa ketika menerbangkan pesawat jenis ultra light viral dan menjadi sorotan banyak pihak. Meskipun pernah mengalami kegagalan, namun ia tak pernah pantang menyerah dan kini kerja kerasnya berhasil, pesawat buatannya akhirnya bisa terbang.

Diketahui pria bernama Haerul sang pembuat pesawat terbang asal Kabupaten Pinrang ini tidak tamt Sekolah Dasar (SD). Kendati demikian, keuletan dan kesabarannya dalam merakit pesawat membuahkan hasil yang memuaskan.

Proses pembuatan pesawat tersebut memakan waktu selama dua bulan dengan menggunakan baeang bekas seperti roda gerobak pengangkut pasir, besi dan alumunium bekas serta mesin sepeda motor Kawasaki Ninja RR 150 cc.

Detik-detik saat dirinya lepas landas dengan pesawat rakitannya di Pantai Ujung Tape, Pinrang pada Rabu lalu terekam kamera.

Terlihat pria berusia 33 tahun itu bermanuver sebanyak dua kali dan berhasil menerbangkan pesawatnya sejauh 300 meter sebelum akhirnya mendarat kembali di pantai . Sontak, para warga yang menyaksikan pun bersorak bangga.

Ternyata Haerul punya alasan tersendiri kenapa dirinya ingin membuat pesawat. Alasan yang cukup unik, yakni karena dirinya belum pernah naik pesawat terbang dan akhirnya impiannya terwujud, ia bisa naik pesawat rakitan sendiri.

Meski tidak lulus SD, keberhasilannya merakit pesawat ternyata ia belajar sendiri secara autodidak dan memanfaatkan YouTube mulai dari cara merakit, cara untuk take off dengan cara landing.

Menurut Haerul, untuk membuat pesawat terbang tersebut ia menghabiskan biaya sekitar Rp 8 juta untuk badan pesawat dan Rp 15 juta untuk membeli mesin sepeda motor.

Bahkan rakitannya yang begitu fantastis ini mendapat apresiasi dari Bupati Kabupaten Pinrang, Irwan Hamid. Irwan merasa sangat bangga, karena apa yang dilakukan oleh Haerul bukanlah hal mudah dan pastinya membutuhkan kemampuan khusus.

BACA JUGA: Selamatkan Puluhan Nyawa, Video Pilot Myanmar Airlines Daratkan Pesawat Tanpa Roda Depan Viral

Berikut rekaman video detik-detik, Haerul, pria di Kabupaten Pinrang yang berhasil merakit pesawat terbang yang viral di media sosial.

View this post on Instagram

Haerul (33), sang pembuat pesawat asal Kelurahan Pallameang, Kecamatan Matiro Sompe, Kabupaten Pinrang, ternyata tak tamat Sekolah Dasar (SD). Informasi terbaru itu diperoleh setelah TribunPinrang.com kembali melakukan wawancara dengan Haerul. . Sebelumnya, pria kelahiran 1986 ini mengaku tamatan SD. Belakangan ia pun membeberkan riwayat pendidikannya yang sebenarnya. . "Sebenarnya saya tidak tamat SD. Hanya sampai kelas 5, lalu berhenti," kata Haerul, Rabu (15/1/2020). . Meski demikian, hal itu tak menyurutkan semangatnya untuk terus menyukseskan pembuatan pesawatnya. Baginya, pengetahuan bisa didapatkan melalui beragam media. "Termasuk pengetahuan soal pembuatan pesawat ini. Saya hanya belajar otodidak lewat youtube," ucap Haerul. . Setelah melalui proses kurang lebih tiga bulan, pesawat buatannya itu pun berhasil diterbangkan dengan ketinggian sekitar 300 mdpl. . "Diuji coba tadi hampir kami tak menemukan kendala. Saya pribadi sangat bahagia atas capaian ini. Terimakasih atas segala dukungannya," ucap Haerul. . Artikel : Tribunpinrang.com

A post shared by OFFICIAL MAKASSAR INFO (@makassar_iinfo) on

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,631FansSuka
1,822PengikutMengikuti
1,266PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan