23.8 C
Ciamis
Beranda Teknologi Review Review EaseUS Data Recovery Wizard, Aplikasi untuk Kembalikan Data yang Terhapus di...

Review EaseUS Data Recovery Wizard, Aplikasi untuk Kembalikan Data yang Terhapus di SD Card

Rancah Post kali ini akan me-review salah satu program yang cukup berguna dan bermanfaat sekali, yang memiliki fungsi untuk mengembalikan data yang sudah dihapus dari memori penyimpanan, baik harddisk, SSD maupun SD Card. Yakni EaseUS Recovery Wizard.

Yap, pada dasarnya mengembalikan sebuah file, atau data dari harddisk, SSD, SD card atau media penyimpanan yang sudah terhapus, baik secara disengaja maupun tidak, tidaklah mustahil.

Meski ada beberapa kasus, dimana sebuah file yang terhapus tidak dapat dikembalikan seutuhnya, mengalami cacat atau hal lainnya. Ya, ini normal, karena sebaik-baiknya sebuah program recovery file, tidak ada yang bisa menjamin semua file yang dihapus bisa dikembalikan.

Namun, diantara banyaknya aplikasi recovery serupa, produk jebolan EaseUS yang sudah ada sejak 2003 silam ini bisa dikatakan sebagai salah satu yang terbaik. Dimana ia hadir dengan berbagai fitur lengkap, penggunaan yang mudah, dan pastinya memiliki kemampuan lebih dalam mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus atau pada media yang tidak sengaja terformat.

Khususnya dalam mengembalikan data dari sd card yang terformat, atau media lain seperti flashdisk dan sebagainya.

Nah, lalu apa saja kelebihan dari EaseUS Data Recovery Wizard ini? Berikut beberapa diantaranya.

Fitur Antarmuka yang Mudah Dimengerti

Fitur Antarmuka yang Mudah Dimengerti
Fitur Antarmuka yang Mudah Dimengerti. (IST)

Seperti namanya, Data Recovery Wizard, aplikasi atau program ini benar-benar memberikan panduan. Jadi bukan cuma setumpuk tombol yang disusunkan di layar komputer anda saja, namun program ini benar-benar membantu dan memandu Anda dalam menemukan atau mengembalikan file yang tanpa sengaja terhapus, dihapus atau raib di ruang penyimpanan Anda.

Memberikan Pilihan Lokasi Recovery

Memberikan Pilihan Lokasi Recovery
Memberikan Pilihan Lokasi Recovery. (IST)

Benar, pada aplikasi ini, Anda akan diberikan pilihan lokasi dimana Anda ingin mengembalikan file yang hilang atau terhapus.

Dengan adanya menu ini, Anda tidak perlu melakukan restore atau recovery di keseluruhan HDD. Cukup pilih di partisi mana file Anda terhapus, dan sistem akan melakukan recovery terbatas pada partisi tersebut saja.

Hal ini juga membantu mempersingkat waktu. Seperti Anda ketahui, cara mengembalikan file yang terhapus di hardisk itu membutuhkan waktu cukup lama. Dengan adanya pilihan ini, jelas juga bisa menghemat waktu dalam mengembalikan file yang terhapus.

Filter dan Advanced Filter

Filter dan Advanced Filter
Filter dan Advanced Filter. (IST)

EaseUS Data Recovery Wizard juga menawarkan pilihan filter. Hal ini sangat berguna, ketika Anda mencari satu dari sekian banyak data yang akan di-recovery.

Pasalnya, ketika Anda mencoba melakukan recovery pada satu file di partisi D misalnya, maka semua file yang pernah hilang, dihapus atau terhapus di partisi ini akan ditampilkan. Dan fitur Filter ini juga sangat membantu Anda dalam menemukan file yang Anda cari.

Fitur Filter sendiri memberikan pilihan untuk menampilkan file berdasarkan jenisnya. Gambar, media, dokumen dan sebagainya.

Jika ingin lebih detail, ada fitur Advanced Filter, dimana Anda juga bisa memilih, mulai dari memisahkan file yang memang sudah ada dan file yang sudah terhapus. Memisahkan file berdasarkan ekstensi, dalam hal ini berdasarkan aplikasi yang digunakan untuk membukanya. Ukuran serta lain sebagainya.

Fitur Preview

Yang satu ini juga cukup berguna. Karena ketika Anda mencoba melakukan recovery atau mengembalikan file yang terhapus di hdd atau flashdisk, ada kalanya nama file akan berubah, dan kita tidak tahu, file mana yang akan kita kembalikan.

Dengan adanya futur Preview ini, Anda tidak perlu lagi mengembalikan semua file sekaligus, dan memilih kemudian. Hal ini jelas membuang banyak waktu. Cukup lakukan preview, dan Anda tinggal mengembalikan file yang Anda perlukan saja.

Dengan demikian waktu yang Anda habiskan juga tidak terlalu lama dalam mengembalikan file yang terhapus tersebut.

Tersedia Versi Gratis dan Berbayar

Tersedia Versi Gratis dan Berbayar
Tersedia Versi Gratis dan Berbayar. (IST)

EaseUS Data Recovery Wizard ini juga menawarkan dua pilihan versi. Pertama adalah versi gratis, dimana Anda juga tetap dapat menikmati semua fitur dan kelebihan diatas. Namun Anda akan dibatasi pada jumlah file yang bisa Anda recovery.

Jadi, jika semisal Anda kehilangan data dari SD Card yang tidak sengaja ter-format, kemudian ingin mengembalikan semua data dengan jumlah data cukup banyak, Anda mungkin perlu beralih ke versi Pro, dengan kisaran harga tertentu.

Namun kehadiran dari versi gratis ini jelas sangat membantu, karena meski versi yang digunakan adalah versi gratis, Anda tetap akan bisa melakukan recovery, kemudian meninjau, file mana saja yang bisa dikembalikan dan mana yang tidak.

Perbedaan dari versi pro dan versi gratis ini hanya pada bagian finishing. Jadi Anda bisa lebih dahulu memastikan apakah data Anda bisa dikembalikan atau tidak, baru memutuskan untuk upgrade ke versi Pro. Sangat membantu bukan?

Stay Connected

105,623FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,258PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Jalankan OS Android 11, Galaxy F62 Keciduk Nangkring di Geekbench

RANCAH POST - Usai melahirkan Galaxy F41 di India pada bulan Oktober 2020 lalu. Samsung dilaporkan bakal segera merilis perangkat seri Galaxy F anyarnya...

Warga Gresik Terpaksa Hanyutkan Keranda Jenazah di Sungai Demi Menuju TPU

Berita Nasional, RANCAH POST - Sejumlah warga terekam kamera hanyutkan keranda jenazah untuk menyeberangi sungai menuju TPU (Tempat Pemakaman Umum). Berdasarkan informasi yang dihimpun, kejadian...

Viral Kelakuan Suami Simpan Uang Gepokan di Toilet, Akhirnya Keciduk Istri

Sosial Media, RANCAH POST - Baru-baru ini viral sebuah video TikTok yang memperlihatkan istri pergoki lokasi suami simpan uang di tempat tak lazim, yakni...

Infinix Zero 8i Debut dengan Helio G90T dan Kamera Selfie Ganda

RANCAH POST - Infinix Zero 8i mungkin akan menjadi smartphone terakhir yang dirilis Infinix di tahun 2020. Sesuai namanya, ponsel ini merupakan saudara dari...

Berita Terkait

4 Keunggulan Utama Software Akuntansi LIMAX!

RANCAH POST - Pada zaman now seperti ini, kemajuan teknologi sangatlah membantu pekerjaan. Akuntansi menjelma sebagai salah satu bidang yang cukup penting di dalam...

Begini Cara Menghapus Pesan di WhatsApp Secara Permanen dengan Fitur Baru

RANCAH POST - Cara menghapus pesan di WhatsApp. Salah satu aplikasi sosial media dan messaging terpopuler saat ini, WhatsApp bisa dikatakan memang inovatif. Di bawah tangan...

Cara Mengatasi HP Android Lemot Menggunakan Aplikasi Anti Lemot Terbaik

RANCAH POST - Cara mengatasi hp Android Lemot. Tak perduli secepat apa dan segesit apa performa hp Android, selalu ada masa dimana performa dan...

Ini Daftar Perangkat yang Dapat Update Windows 10 Fall Creator

RANCAH POST - Microsoft baru saja merilis Windows 10 Mobile Fall Creator Update, yang sayangnya kali ini tidak hadir untuk semua jenis ponsel Windows...

Simak Tips Cara Mengatasi Android Mati Total Ini Sebelum Pergi ke Service Center

RANCAH POST - Cara mengatasi Android mati total. Salah satu hal paling menyebalkan dalam menghadapi berbagai drama dan masalah smartphone Android adalah ketika smartphone mati atau...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here