Senin, April 6, 2020

Game Android yang Pernah Bikin “Candu” Gamer Indonesia

Game, RANCAH POST – Bukan cuma banyak aplikasi yang disediakan secara gratis, para pengguna Android juga kini bisa menikmati banyaknya pilihan game, dengan genre berbeda dan game-play yang bervariasi.

Banyak diantara game Android yang bahkan bisa membuat Anda kecanduan. Baik dari sisi grafis yang ciamik, petualangan menegangkan, battle yang seru atau bahkan misteri yang perlu dipecahkan.

Beberapa diantaranya bahkan sudah masuk jajaran game E-Sport di Indonesia. Bukan cuma sekedar media untuk menghabiskan waktu luang, namun game E-Sport tersebut sudah menjadi sarana kompetisi untuk meraih nama besar di Indonesia dan juga sebagai gamer bergengsi dan profesi.

Nah, berikut ini beberapa game smartphone Android yang sempat bikin kecanduan para gamer di tanah air.

Game Android yang Bikin Kecanduan

Mobile Legend

Mobile Legend
Mobile Legend. (IST/NET)

Game ini sempat populer dan sangat diminati, atau lebih tepatnya masih diminati hingga kini, oleh para gamer kakap di Indonesia.

Bahkan game ini mampu membuat para pecinta game menghasilkan banyak pundi-pundi rupiah, baik melalui aksi mereka di YouTube maupun aksi dalam kompetisi.

Game berbasis 5v5 ini memang sudah sukses menduduki posisi bergengsi di tanah air dan menjadi salah satu cabang ESport yang cukup digemari di Indonesia. Kompetisi bernama Mobile Legend Professional League (MPL) sudah melahirkan banyak tim kuat dan beken di dalam negeri seperti EVOS ESport, Alter Ego, AURA, ONIC dan Bigetron.

Disamping mengalami pertarungan asyik dan menegangkan serta meraih kemenangan dan bertumbuh kuat, kesenangan lainnya dari game ini adalah kepuasan dalam mengoleksi hero dan skin di game Android Mobile Legend.

Selain asyik mengoleksi, ada juga kesempatan dimana Anda bisa jadi populer seperti “Jess No Limit” misalnya. Tapi untuk mencapai popularitas tersebut, tentu harus ada back-up dana yang memadai ya sob.

Clash of Clans

Clash of Clans
Clash of Clans. (IST/NET)

Meski sedikit demi sedikit mulai dilupakan dan tidak seramai dahulu, namun game bergenre strategi ini sempat menguasai pasar mobile game tanah air. Bahkan game Android ini juga pernah menjadi salah satu game yang cukup membuat “kecanduan” para gamer Indonesia.

Berbeda dengan Mobile Legend dan beberapa game baru yang membutuhkan kecepatan tangan dan kecepatan berfikir, game ini justru lebih menuntut kesabaran dan kematangan strategi. Ini karena Clash of Clans membutuhkan waktu untuk membangun atau melakukan upgrade peralatan, senjata dan bahkan dalam melatih pasukan.

Bahaya dari game ini terletak pada kesabaran Anda, karena jika kurang, maka tidak mustahil bila dompet Anda akan terkuras habis untuk membeli berbagai konten in-app purchase, mulai dari diamond, atau bundle package dan item lainnya.

PUBG Mobile

PUBG Mobile
PUBG Mobile. (IST/NET)

Game dengan judul panjang PlayerUnknown’s Battlegrounds ini juga sama terkenalnya dengan Mobile Legend, bahkan mungkin lebih.

Karena pada dasarnya, game kakap ini tidak meluncur untuk platform Android saja. Pada awalnya, PUBG dirilis pertama kali di platform Steam.

Meskipun demikian, nggak hanya populer sebagai game Android, PUBG juga berhasil mengklaim posisinya sebagai salah satu game yang paling diminati di platform Steam. Jumlah pemainnya bahkan mampu menyaingi jumlah pemain DOTA 2 dalam waktu bersamaan.

PUBG sendiri merupakan game berbasis battle royale yang bisa melibatkan lebih dari 100 pemain sekaligus untuk bermain daring. Pemain sendiri bebas untuk memilih mode bermain. Mereka bisa bermain solo, bermain dengan tim yang terdiri dari 2 atau 4 orang, atau bisa juga mengajak atau mengundang teman ke dalam tim.

Game Android PUBG ini sudah cukup sering mendapat berbagai penghargaan di dunia gaming. Meski begitu, game ini juga sempat dicekal beberapa kali di berbagai wilayah, contohnya di negara bagian Gujarat di India pada Maret 2019 silam karena mengakibatkan kecanduan.

Atau bahkan di Indonesia, dimana MUI sempat melakukan kajian fatwa haram untuk game PUBG ini menyusul kasus penembakan di salah satu masjid.

Garena FreeFire

Garena FreeFire
Garena FreeFire. (IST/NET)

FreeFire pada dasarnya merupakan salah satu game keluaran Garena yang juga sempat merilis berbagai game yang juga populer di masanya. Seperti Ragnarok misalnya dan beberapa game lain di tanah air.

Garena FreeFire sendiri mengusung kategori Action-Adventure berbasis Battle Royale. Seperti halnya PUBG, game ini membolehkan banyak pengguna untuk online sekaligus, dan bertarung bersama. Para gamer juga bisa memilih mode solo, atau membuat squad bersama teman-teman mereka.

Sedikit berbeda dengan PUBG yang cukup mementingkan sisi grafis dan menuntut spesifikasi smartphone yang lumayan mumpuni, Garena FreeFire ini lebih termasuk game Android yang merakyat.

Untuk mencapai lebih banyak kalangan pemain, Garena FreeFire dibuat sedemikian rupa, hingga bisa dimainkan bahkan dengan smartphone berspesifikasi cukup rendah. Bahkan game ini sempat disebut memiliki kontrol yang mudah dipahami dan membuat pemain mudah beradaptasi.

Perlu diketahui, meski dirilis oleh Garena, FreeFire ini adalah salah satu game kembangan dari studio 111dots.

Di Indonesia sendiri, game ini memang cukup diminati, khususnya bagi kalangan remaja dan anak-anak. Salah satu alasannya adalah spesifikasi yang dibutuhkan tidak terlalu tinggi.

Harga diamond dan konten lain dalam game juga terbilang lebih terjangkau. Belum lagi tersedia banyak voucher game yang bisa membantu Anda mendapat item dan skin eksklusif dengan lebih hemat. Anda juga bisa menemukan berbagai voucher game menarik di situs jual beli online Shopee Indonesia.

Disamping itu, bagi mereka yang tidak sanggup masuk ke ekosistem PUBG yang dikenal cukup keras, Garena FreeFire ini bisa menjadi alternatif lain.

Flappy Bird

Flappy Bird
Flappy Bird. (IST/NET)

Yang terakhir adalah game fenomenal, Flappy Bird. Game ini tergolong kedalam jenis permainan Arcade dan sempat populer pada 2013 silam bersamaan dengan kebangkitannya platform game Android.

Game dengan nuansa grafis 8-bit ini memiliki tokoh utama berupa seekor burung berwarna kuning, yang ditugaskan untuk melewati pipa-pipa berwarna hijau untuk tetap hidup dan mendapatkan lebih banyak poin.

Sayang, pada awal kemunculannya, game ini tidak disertai dengan finish yang jelas sehingga membuat banyak pemain merasa frustasi dan bahkan marah-marah.

Di masa jayanya, game jebolan seorang developer asal Hanoi, Vietnam ini juga sempat viral. Khususnya karena banyak gamer yang merusak hp Android mereka karena marah ataupun frustasi saat memainkan permainan tersebut.

Memang, game ini tidak menawarkan permainan tim yang asyik, atau grafis ciamik, namun sekali Anda memainkannya, jangan harap bisa mudah berhenti.

Demikian itulah beberapa game Android yang sempat tenar di Indonesia, dan membuat ketagihan para gamer tanah air. Beberapa bahkan masih populer hingga saat ini dan meski beberapa sudah dilupakan, namun judul game tersebut masih tercantum dalam sejarah.

Jadi, apakah Anda merupakan pecandu dari salah satu game di atas?

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

106,897FansSuka
1,768PengikutMengikuti
1,269PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan