Senin, 13 Juli 2020
Beranda Lifestyle Relationship Tips Cerdas Menghadapi Body Shaming

Tips Cerdas Menghadapi Body Shaming

Bagi Anda yang sering terkena body shaming harus punya tips untuk menghadapi hal tersebut agar tak berujung pada hal yang tidak diinginkan.

Setiap manusia tentu menginginkan memiliki tubuh ideal dan sempurna, tak terkecuali seorang wanita.

Tapi apa daya ketika hal tersebut tak dimiliki oleh kamu, karena memang manusia itu tidak ada yang sempurna dan cantik itu relatif bagaimana sudut pandang orang menilainya.

Akan tetapi, ketika memiliki tubuh yang lebuh kurus atau gemuk daripada orang lain, tentu akan mengundang berbagai komentar dari mereka.

Sering kali komentar yang mereka lontarkan itu membuat kita merasa tidak nyaman bahkan sakit hati.

Yang dikatakan body shaming adalah perilaku mengkritik atau sering mengomentari bentu tubuh orang lain dengan cara negatif.

Body shaming sendiri memiliki dampak degatif bagi si korban. Seperti, membuat tidak percaya diri sampai ada juga yang nekat untuk mengakhiri hidup.

Jika Anda yang sering terkena body shaming, tak perlu khawatir lagi karena sekarang ada tips untuk menyikapi body shaming.

Tips Menghadapi Body Shaming

Berikut ini beberapa tips cerdas agar tetap tenang menyikapi body shaming dalam kehidupan sehari-hari.

Berusaha untuk menghiraukan kritikan negatif orang lain

Jika ada seseorang yang terus menhujanimu dengan kata-kata cibiran, usahakan untuk tetap bersikap tenang dan menghiraukan semua kritikan negatif itu.

Jika ingin membalasnya, cukup dengan kata-kata positif dan mampu bersikap masa bodoh akan ungkapan negatif tentangmu.

Anggap saja mereka itu sedang iri terhadap kelebihan yang kamu punya, ingat juga jangan jadikan hal itu sebagai beban.

Biarkan kata-kata cibiran itu berlalu bersama dengan sikap acuh yang kamu tunjukan padanya.

Tutupi kekurangan dengan menonjolkan sisi lain selagi Anda bisa

Mereka terus mencibir Anda dengan segala kekurangan yang Anda punya, ketahuilah jika Tuhan menciptakan manusia dengan segala kekurangan dan kelebihan yang ia punya.

Hadapi body shaming dengan berusaha menutupi kekurangan yang Anda punya dengan menonjolkan kelebihan lain pada diri Anda.

Jika Anda sering kena cibiran karena punya kaki pendek, maka berusahalah untuk menutupinya dengan mengenakan busana yang panjang atau cocok dengan postur tubuh.

Hal tersebut dapat menjadi tips untuk menghadapi body shaming yang sering kali Anda alami.

Respons positif diri sendiri dengan berterima kasih pada tubuh Anda

Manusia dilahirkan ke dua memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Anda tidak perlu terlalu banyak mendengarkan omongan orang lain agar tidak mudah terpengaruh.

Jangan biarkan kritikan negatif mempengaruhi diri Anda. Coba lihat diri Anda dari sisi yang lain, bukan dari tampilan fisik, melainkan anuegrah dan kelebihan lain yang Anda punya.

Misalnya saja dari pencapaian Anda dan orang-orang terdekat yang ada di sekitar. Sampaikan apa yang Anda rasakan, jika pelakunya orang terdekat

Body shaming tak hanya dilakukan oleh orang luar, namun juga dilakukan oleh orang-orang terdekat.

Perlu Anda ketahui, jika body shaming adalah perlikau yang tidak seharusnya boleh dibenarkan.

Tentu Anda akan merasa tersinggung jika dia mengkritikmu dengan kata-kata negatif. Ketika orang terdekat Anda melakukannya, coba katakan apa yang Anda rasakan.

Mungkin saja dia tak memiliki maksud untu menyakiti hati Anda dan memang peduli, namun caranya yang kurang tepat.

Lawan dengan positif

Menerima kekurangan diri sendiri merupakan tips ampuh untuk menghadapi body shaming. Anda harus yakin dengan diri sendiri bahwa memang tidak ada yang salah dengan fisik dan bentuk tubuh Anda.

Teruslah menjadi orang yang lebih baik dengan menebar energi positif bagi orang di sekitar Anda.

Jika kamu menemukan orang yang memiliki nasib yang sama, coba semangati dia agar tidak terpuruk karena body shaming.

Bersikap elegan itu sudah cukup, dibandingkan dengan kekerasan atau membalas pelaku body shaming dengan hal yang sama. Ingat, keburukan itu tak harus dibalas lagi dengan keburukan.

Cari lingkungan positif

Jika orang-orang terdekat Anda masih terus melakukan body shaming, padahal Anda sudah melakukan segala cara dan bicara jujur bahwa sikapnya itu menyakitimu, bisa jadi selama ini Anda telah salah memilih lingkungan pertemanan.

Mungkin pelaku body shaming akan balik mengatakan Anda itu baper dan memberikan alasan jika hanya itu hanya bergurau, itu berarti dia memang tidak bisa menghargai Anda.

Jika seperti itu, ini waktunya Anda mencari lingkungan yang lebih positif dengan orang-orang yang lebih bisa menghormati kekurangan orang lain tanpa harus mengkritiknya dengan negatif.

Lingkungan yang baik juga akan membawamu ke arah yang lebih baik pula, karena mereka tak akan melihat Anda dari penampilan fisik.

Nah, itu tadi teman-teman beberapa tips menyikapi dan menghadapi body shaming agar Anda tetap semangat dan melakukan yang terbaik untuk diri sendiri serta keluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,361FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan