Kamis, 28 Mei 2020
Beranda Teknologi Review Review Samsung Galaxy A20s, Triple Camera dan Fast Charging Harga Rp2 Jutaan

Review Samsung Galaxy A20s, Triple Camera dan Fast Charging Harga Rp2 Jutaan

Review, RANCAH POST – Samsung Galaxy A20s, hadir sebagai salah satu ponsel yang menarik dari Samsung. Dibanderol dengan harga cukup terjangkau, Anda akan bisa melihat beberapa hal unik di ponsel ini.

Bukan masalah teknologi yang ditawarkan, atau fitur yang diusungnya. Melainkan berbagai perubahan dari seri sebelumnya, Galaxy A20 yang juga dibanderol terjangkau.

Dengan harga Galaxy A20s yang sedikit di atasnya, smartphone keluaran anyar Samsung ini juga menawarkan sejumlah kelebihan dibanding seri pendahulu. Tapi dengan beberapa penurunan di sejumlah sisi.

Entah Samsung Galaxy A20 atau Galaxy A20s, jika dibandingkan rasanya akan seperti membandingkan dua ponsel berbeda.

Dimana satu menawarkan layar Super AMOLED, dan satu lagi hadir dengan layar IPS. Yang satu menggunakan kamera ganda, dan satu lagi hadir dengan triple-camera.

Keduanya memang memiliki banyak perbedaan, karena itu kita tidak hanya akan membahas upgrade apa saja yang ditawarkan Galaxy A20s ini. Melainkan spesifikasi lengkap dari ponsel ciamik satu ini.

Spesifikasi Galaxy A20s

KONEKSI MOBILE
Teknologi2G / 3G HSPA / 4G LTE
2G bandsGSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G bandsHSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
4G bandsLTE band 1(2100), 2(1900), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 20(800), 28(700), 34(2000), 38(2600), 39(1900), 40(2300), 41(2500)
SpeedHSPA, LTE-A
BODY
Dimensi163.3 x 77.5 x 8 mm
Dimensi183 gram
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by
LAYAR
TipeIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran6.5 inches, 103.7 cm2 (~81.9% screen-to-body ratio)
Resolusi720 x 1560 pixels, rasio 19.5:9
Kerapatan264 ppi
PLATFORM
OSAndroid 9.0 (Pie)
ChipsetQualcomm Snapdragon 450 (14nm)
CPUOcta-core 1,8 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 506
MEMORI
RAM3GB
Internal32GB
EksternalmicroSD up-to 1TB
KAMERA
Kamera Utama13 MP, f/1.8, 27mm (wide), PDAF
8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide)
5 MP, f/2.2, depth sensor
FiturLED flash, panorama, HDR
Video[email protected]
Kamera Selfie8MP, f/2.0
KONEKTIVITAS
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
USBType-C 1.0 reversible connector
BATERAI
Kapasitas4000 mAh Non-Removeable (15W Fast Charging)
Warna Black, Blue, Red, Green

Kelengkapan Paket Pembelian

Oke di bagian ini, Galaxy A seri dua digit sepertinya memang melakukan perubahan drastis dalam paket pembelian. Atau satu set pembelian, alias what’s-in-the-box-nya.

Samsung Galaxy A20s In The Box
Samsung Galaxy A20s In The Box

Jika biasanya Samsung akan menawarkan paket lengkap, yakni satu unit ponsel, sebuah charger (terdiri dari adaptor dan kabel USB), dan sebuah headset.

Mulai dari seri Galaxy A20, A10 dan seri A20s ini juga sama. Dimana dalam dus pembelian, Samsung hanya menawarkan satu unit ponsel. Sebuah kabel USB tipe-C terbaru, adaptor charger.

Tentu selain set tersebut, buku panduan penggunaan dan kunci SIM adalah hal wajib. Ya, ada satu hal yang hilang di set ini. Yakni headset original yang terkenal selalu hadir bersama ponsel Samsung.

Menariknya, seri Galaxy A20s juga tidak se-premium seri Galaxy A sebelumnya. Malah kalah oleh model Galaxy M, dimana Anda akan mendapatkan satu unit softcase bawaan dari Samsung dalam box pembelian.

Namun pada seri ini, Anda tidak mendapatkannya. Sorry bro, but its worth for the price ok?

Kelengkapan dus :

1 x Samsung Galaxy A20s
1 x Charger Adaptor
1 x kabel USB Type-C 
1 x SIM Card Needle
1 x User Manual

Unboxing Galaxy A20s

Bodi Plastik Mengkilap, Layaknya Kaca Namun Ciamik

Yang kedua yang akan kita bahas adalah bodi ponsel. Di generasi sebelumnya, seri ponsel Samsung dikenal dengan bodi premium mereka. Galaxy J series dengan bodi metal, dan Galaxy A series dengan bodi kaca.

Samsung Galaxy A20s Bodi Belakang 1
Samsung Galaxy A20s Bodi Belakang 1

Seri anyar Samsung Galxay A dua digit mulai berbeda. Dimulai dari Galaxy A10 dan A20, dan disusul Galaxy A20s, yang mana bodinya dibuat dari bahan plastik.

Cukup sepadan sih untuk harganya, dan walau plastik, namun tampak cukup premium, dengan finishing mengkilap seperti kaca.

Sayang ini juga menjadi kelemahan, karena kadang kita merasa takut akan adanya goresan, jika sembarangan menyimpannya. Alangkah asyik jika ada softcase bawaan, untuk perlindungan sejak dini.

Desainnya sendiri cukup menarik. Dengan bodi memanjang, dan frame logam yang cukup tipis, membuatnya lebih nyaman digunakan.

Ada dua lubang speaker, satu di atas kamera selfie, dan satu di bagian bawah ponsel, tepat di sebelah kiri port USB tipe-C. Dan sebelah kanannya diisi dengan jack audio 3,5mm.

Dan tampaknya cukup kokoh. Dengan tray SIM di sisi kiri, di atas tombol volume up dan down. Sementara sisi kanan diisi satu tombol tunggal, yakni tombol power. Jangan terlalu berharap adanya tombol Bixby di ponsel seharga Rp2,5 jutaan ini ya.

Jika harus dibahas, sebenarnya bagian speaker utama juga cukup mengganggu. Posisinya yang ada di bagian bawah ponsel terkadang membuat kurang nyaman saat bermain game.

Khususnya ketika tangan kita yang memegang ponsel dengan posisi lanskap, dan bagian jari atau tangan menghalangi lubang speaker, maka suara akan kurang terdengar. Namun sebenarnya, banyak juga smartphone dengan posisi speaker serupa. Jadi mungkin yang perlu diperbaiki adalah kebiasaan kita memegang ponsel.

Layar LCD 6.5 Inci dengan Rasio Tinggi

Layar yang dipakai pada ponsel Samsung Galaxy A20s ini sayangnya tidak se-premium seri Galaxy A20. Hal ini jugalah yang jadi penyesalan pada ponsel yang dibanderol sedikit lebih mahal ini.

Samsung Galaxy A20 sendiri masih menggunakan layar AMOLED, sementara Galaxy A20s hadir dengan teknologi layar IPS LCD.

Kelebihan dari layar ini mungkin adalah rasio layar ke bodi yang lebih tinggi, mencapai 81.9%. Dengan ukuran 6,5 inci dan aspek rasio 19.5:9.

Adapun untuk resolusi layar, masih belum ada peningkatan, dimana ia masih menggunakan layar dengan resolusi HD+ 720 x 1560 piksel. Dan kerapatan layar mencapai 264 ppi.

Untuk harga ponsel sekelasnya, sebenarnya teknologi pada layar Galaxy A20s ini bisa dikatakan terlalu ngirit.

Tidak ada teknologi tambahan yang menarik, seperti HDR atau teknologi unik lainnya. Juga tidak ada pelindung, seperti Corning Gorilla Glass atau pelindung lainnya.

Performa yang Cukup dengan Memori Memuaskan

Untuk performa, khususnya kebutuhan gaming, Rancah Post hanya bisa mengatakan cukup. Namun bukan berarti buruk, karena kemampuan dari ponsel ini saat digunakan untuk menjalankan game seperti Mobile Legend Bang Bang dan FreeFire cukup memuaskan.

Dan kata cukup juga bukan berarti bagus, setidaknya bisa dipakai game, cuma bukan untuk gaming.

Berbekal Snapdragon 450 dari Qualcomm, yang menawarkan desain 14nm dengan CPU octa-core 1,8 GHz Cortex-A53, membuatnya lebih ramah daya, meski tidak terlalu sehemat Redmi 7 dari Xiaomi.

CPU ini juga didukung dengan GPU Adreno 506 untuk memacu kemampuan grafis, yang terbukti cukup ampuh.

Game seperti Mobile Legend dan Free Fire juga berjalan cukup lancar di ponsel ini. Padahal versi yang diuji oleh Rancah Post adalah varian dengan 3GB RAM dan 32GB ROM. Meskipun dibilang mampu, namun bukan berarti mantap ya.

Namun bermain game di ponsel ini terasa cukup halus dan nyaman, tanpa ada lag berlebih. Mungkin kehadiran mode game yang juga disematkan Samsung di ponsel ini membantu alokasi sumber daya ponsel ketika bermain game.

Jika Anda merasa kurang puas, ada pula pilihan kakap, dengan 4GB memori RAM dan 64GB memori internal. Yang dibanderol sedikit lebih mahal harganya.

Triple-Camera yang Fokus Pada Pengambilan Gambar Ultra-Wide

Yap, salah satu kelebihan utama dalam perbandingan Samsung Galaxy A20 dan Galaxy A20s adalah kehadiran tiga kamera utama di seri Galaxy A20s ini.

Kamera tersebut terdiri dari kamera utama 13MP wide-angle, dengan aperture f/1.8 (27 mm), yang sudah dilengkapi fitur PDAF.

Kamera sekunder 8MP f/2.2 (13 mm) yang hadir dengan lensa ultra-wide, membuat kemampuan ponsel dalam menangkap jangkauan area lebih luas dari kondisi normal.

Serta kamera tersier dengan sensor 5MP f/2.2 berperan sebagai depth sensor untuk memberikan efek bokeh lebih mumpuni.

Kombinasi ini membuat kamera Galaxy A20s bisa dikatakan sebagai racikan kamera wide-angle. Cocok untuk mengambil gambar panorama pemandangan, gambar berkelompok dan lain sebagainya.

Kemampuan bokeh-nya juga cukup menarik, meski tidak semaksimal ponsel berkamera tiga lain, karena ia tidak dilengkapi sensor telephoto.

Namun kemampuannya cukup cocok bagi Anda yang suka memotret pemandangan, dan kebutuhan lain yang melibatkan kamera wide-angle.

Sensor kamera utama ini juga menawarkan LED Flash, fitur panorama dan fitur HDR. Anda juga bisa menikmati mode manual atau mode pro yang sudah tersedia pada interface di aplikasi kamera Galaxy A20s.

Pengguna juga bisa merasakan mode Focus Live dan beberapa fitur, seperti stiker, dan fitur lainnya. Sayangnya tidak ada fitur Portrait Mode, itu cukup masuk akal, karena ia menggunakan dua sensor Wide Angle.

Hasil Foto Galaxy A20s dengan Mode Live View

Hasil Foto Galaxy A20s dengan Mode Foto Normal

 

Mode Kamera biasa

Mode Kamera Ultra-Wide

Kamera Selfie dengan Efek Smart Beauty

Entah harus mengatakan bagus atau buruk. Bagi Anda yang suka dengan efek Beauty, atau kamera cantik, maka rasanya ponsel ini cukup memuaskan, dan mungkin ini adalah salah satu yang Anda cari.

Namun untuk saya pribadi, yang kurang suka dengan fitur ini, itu sedikit mengganggu. Bisa dikatakan efek beauty ini agak tampak terlalu jelas, meski bisa diatur, untuk tingkat beauty sendiri, sesuai keinginan mulai dari level 0 hingga 10.

Pada mode selfie ini hanya tersedia tiga pilihan mode. Yakni mode Foto, Focus Live dan Video. Serta ada dua pilihan foto, yakni single dan group.

Hasil Kamera Selfie dengan mode Wide

Hasil kamera selfie dengan mode normal

Kamera selfie pada Samsung Galaxy A20s ini menggunakan sensor 8MP dengan bukaan f/2.0, dan sudah mendukung teknologi pemindai wajah untuk membuka kunci ponsel.

Baterai Kakap dengan Fast Charging

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A20s ini adalah kemampuan fast charging, yang mengandalkan daya pengisian hingga 15 watt yang mampu mengisi daya dari 20 persen hingga 60 persen baterai kurang dari 1 jam saja.

Dan kapasitas baterai nya sendiri terbilang cukup besar. Dimana ia menawarkan kapasitas hingga 4000 mAh. Namun entah mengapa, sepanjang RancahPost mencoba performa ponsel ini kapasitas tersebut rasanya kurang berasa.

Baterai ponsel cenderung terasa mudah habis. Entah memang diperlukan settingan lebih lanjut, agar keawetan nya bisa lebih terasa atau bagaimana.

Menggunakan Android 9.0 Pie dengan Sedikit Aplikasi Bawaan

Oke, bisa dibilang Android 9.0 Pie dari Samsung kali ini lebih ramah kepada konsumen. Samsung tidak menambahkan banyak aplikasi bawaan aneh. Meski tidak bisa dikatakan sedikit juga.

Ada beberapa aplikasi bawaan, seperti aplikasi support dari Samsung, dan beberapa aplikasi pendukung. Namun kebanyakan bisa dihapus, alias di uninstall, hanya beberapa aplikasi yang dirasa penting. Kecuali untuk Netflix, yang sayangnya tidak bisa dibuang.

Hal ini jugalah yang memberikan citra lebih baik kepada pengguna. Samsung Galaxy A20s tampak lebih asyik dan tidak memuakkan. Dengan memori besar yang bisa dipakai lebih maksimal.

Samsung juga menambah beberapa program pendukung, seperti Samsung Pay dan dukungan pembuka kunci layar, via pengenal wajah.

Secara umum, Galaxy A20s ini juga lebih ramah dalam hal software, dan tidak sebandel dulu.

Fitur Keamanan Lebih Manis dan Teknologi Tambahan

Samsung Galaxy A20s hadir dengan fitur keamanan ganda. Terdiri dari sensor pemindai sidik jari di bagian punggung ponsel. Serta sebuah teknologi pengenal wajah yang berfungsi membuka kunci layar ponsel.

Disamping itu, Samsung juga menawarkan teknologi NFC dengan dukungan pembayaran instan via smartphone. Serta teknologi Dolby Atmos untuk menambah kemampuan audio di ponsel ini.

Meski sayang untuk NFC, entah mengapa tampaknya belum didukung di Indonesia. Karena di situs resmi Samsung, dikatakan bahwa fitur NFC di ponsel ini tidak ada.

Harga Samsung Galaxy A20s

Untuk harga Samsung Galaxy A20s saat ini bisa dikatakan tidak jauh berbeda dari Galaxy A20 ketika pertama kali rilis.

Ponsel ini menawarkan dua pilihan harga, dan sudah tersedia di sejumlah toko online kenamaan dan ritel resmi Samsung.

Untuk harga Samsung Galaxy A20s dengan 3GB RAM dan 32GB ROM, dibanderol mulai Rp2.499.000 di sejumlah toko online. Sementara varian dengan 4GB RAM dan 64GB ROM dibanderol Rp2.799.000 di tanah air.

Ponsel ini hadir dengan pilihan warna Black, Blue, Red dan Green.

Kesimpulan

Review Rancah Post, Samsung Galaxy A20s ini cocok bagi kalangan milenial khususnya yang mencari ponsel dengan tampilan ringkas, bodi ramping, namun kaya akan fitur.

Khususnya fitur kamera jernih yang mampu mengabadikan momen dengan jendela bidik lebih luas. Serta baterai tahan lama, dengan pengisian yang cukup cepat.

Ponsel ini juga cocok untuk mendengarkan musik, atau menikmati hiburan seperti YouTube, menonton film dan lain sebagainya.

Untuk game sendiri, ponsel ini bisa dikatakan cukup, meski tidak terlalu direkomendasikan. Setidaknya untuk kebutuhan game ringan yang tidak menuntut terlalu banyak sumber daya.

Dan harganya juga cukup terjangkau meski Anda juga membutuhkan perhatian khusus, jika tidak ingin ponsel ini mudah lecet atau tergores.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,654FansSuka
1,815PengikutMengikuti
1,265PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan
x