Rabu, April 1, 2020

Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca

Cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca – Aktivitas mengirim sms ataupun melakukan panggilan telepon menggunakan hp, selain memerlukan pulsa juga membutuhkan koneksi jaringan seluler.

Namun apa jadinya jika tiba-tiba kartu SIM card yang terpasang malah tidak terbaca dan muncul tulisan “Tidak Ada Layanan“.

Pastinya hal tersebut akan membuat Anda kesal terlebih jika sedang dalam kondisi darurat karena Anda tidak dapat mengirim pesan sms, melakukan panggilan telepon apalagi mengakses internet.

Ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab kartu SIM Anda tidak terbaca selain memang karena disebabkan oleh provider yang Anda gunakan sedang mengalami gangguan.

Penyebab kartu SIM tidak terbaca bisa juga disebabkan oleh kartu SIM panas, kuningan SIM card rusak dan masa pakai yang sudah terlalu lama.

Lantas bagaimana cara untuk kartu SIM yang tidak terbaca? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca

Ada beberapa langkah mudah yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi SIM card yang tidak terbaca.

1. Restrat HP Anda

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memulai ulang atau me-restart perangkat yang Anda gunakan.

Jika memang tidak terjadi kerusakan yang cukup fatal biasanya cara ini sangatlah efektif untuk menormalkan kembali kartu SIM yang sebelumnya tidak terbaca.

2. Bersihkan Kartu SIM

Jika cara pertama masih belum membuahkan hasil, jangan khawatir Anda masih bisa mencoba cara yang kedua yaitu dengan membersihkan kartu SIM itu sendiri.

Buka dan lepaskan kartu SIM dari perangkat Anda, lalu bersihkan debu-debu yang menempel menggunakan tisu ataupun kain bersih.

Jika sudah, pasangakan kembali kartu SIM dan hidupkan kembali ponsel Anda kemudian tunggu hingga SIM card menanggapi dan terhubung ke jaringan.

3. Gunakan SIM Card Lain

Apabila cara kedua juga tidak berhasil, sebaiknya Anda meminjam kartu SIM teman atau kerabat terdekat Anda dan coba pasangkan pada smartphone milik Anda.

Jika masih tidak terbaca itu artinya bukan kartu SIM yang bermasalah, melainkan pengaturan jaringan ponsel Anda yang mungkin mengalami sedikit kendala.

Namun jika berhasil terbaca, maka itu tandanya SIM card yang Anda miliki memang sudah benar-benar rusak.

4. Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik

Namun jika semua cara diatas tak kunjung membuahkan hasil, Anda bisa melakukan factory reset yang berfungsi untuk mengembali ponsel ke kondisi semula seperti pada saat pertama kali Anda membelinya.

Namun cara yang terakhir ini cukup beresiko, karena semua pengaturan termasuk aplikasi-aplikasi yang sudah Anda install akan terhapus semua.

BACA JUGA: 5 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis di Semua HP Android

Sehingga sangat disarankan untuk melakukan proses back up terlebih dahulu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

106,931FansSuka
1,768PengikutMengikuti
1,268PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan