Senin, 28 September 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik 5 Tips Menghemat Uang Belanja di Usia Muda

5 Tips Menghemat Uang Belanja di Usia Muda

Tips menghemat uang di usia muda bisa dicoba bagi kamu yang ingin punya tabungan untuk masa depan. Namun memang di zaman sekarang ini yang namanya hidup hemat terbilang sulit.

Hal tersebut karena adanya pergeseran gaya hidup yang mengarah menjadi lebih konsmutif. Selain tips menghemat uang ini dilakukan, kamu juga harus memiliki tekad kuat untuk mewujudkan pola hidup rajin menabung.

Apabalik kamu belum memiliki motivasi yang akan membuat tekad berhemat uang kuat dan bingung mulai dari mana, di artikel kali ini kami telah menyiapkan beberap tips untuk menghemat uang.

Tips Menghemat Uang

Berikut ini beberapa tips untuk mengehmat uang belanja agar kamu punya tabungan untuk masa depan.

Berlatih untuk menunda membeli sesuatu

Menghemat uang dengan tips yang satu ini bisa kamu coba untuk mengawali langkah menggunakan uang secukupnya saja. Pertama, kamu bisa berlatih untuk lebih menahan diri untuk membeli sesuatu.

Namun jika kamu adalah orang yang suka boros dan sulit untuk menahan diri, cobalah untuk selalu berpikir secara ekstra sebelum membeli.

Mungkin kamu akan merasa tidak terlalu menginginkan dan membutuhkannya sehingga bisa memungkinkan hemat uang.

Kedua, menunggu beberapa waktu bisa membuat kamu mendapat harga yang terjangkau. Karena jika barang yang kamu inginkan modelnya sudah lama keluar harganya akan lebih turun dibandingkan harga sebelumnya.

Terlebih lagi jika kamu menginginkan membeli barang elektronik. Tunggulah beberapa waktu hingga harganya turun dan kamu bisa lebih menghemat pengeluaran.

Ketiga, gunakanlah barang yang Anda punya dan tunda untuk membeli barang yang mungkin tak sungguh-sungguh kamu butuhkan.

Gunakan hiburan gratis

Sebagai orang yang baru beranjak dewasa biasanya kamu akan sangat mudah tergoda untuk melakukan suatu aktivitas yang mahal secara berulang-ulang.

Misalnya, pergi menonton film, pergi makan malam di restoran mahal, pergi ke konser biasanya merupakan kegiatan yang seringkali dilakukan oleh muda-mudi.

Jikan ingin lebih menghemat pengeluaran, cobalah untuk mengurangi berpergian ke tempat-tempat tersebut.

Bila perlu, carilah sebuah hiburan gratis yang tak perlu mengeluarkan uang. Misalnya dengan menikmati live music di mall dan lain sebagainya.

Bawa bekal makan siang ke tempat kerja

Tips yang satu ini bisa jadi tips ampuh untuk menghemat uang bulanan. Setidaknya bisa mengurangi pengeluaran untuk makan siang, uang jatah makan siang itu bisa kamu simpan untuk keperluan yang lain.

Gunakan transportasi umum

Jika kamu tinggal di kawasan perkotaan, cobalah untuk berjalan kaki atau menaikki transportasi umum ke tempat tujuan, dibandingkan dengan mengemudi kendaraan sendiri.

Transportasi merupakan biaya yang besar jika kamu mengeceknya. Dengan menggunakan kendaraan bermobil lebih jarang, maka kamu bisa menghemat biaya pengeluaran untuk bayar uang tol, perawatan dan membeli bensin.

Tentu saja menggunakan moda transportasi umum di zaman sekarang sudah banyak menyediakan fasilitas yang nyaman.

Catat rencana belanja dan simpan nota pembelian

Mencatat rencana barang yang akan dibeli bisa menjadi tips menghemat uang belanja bulanan yang patut dicoba. Mencatat barang belanjaan yang akan dibeli dan tempelkan catatan di kuklas.

Catat apa yang sudah habis agar kamu tidak membeli suatu hal yang tidak penting. Bisa juga dengan mencoba membeli barang yang promosi.

Dengan begitu kamu bisa belanja supaya bulan depan tidak perlu membeli produk yang sama. Selain itu, menyimpan bon belanjaan agar bisa membandingkan harga bulan ini dan bulan yang lalu.

Nah, itu tadi teman-teman tips menghemat uang di usia muda. Tunggu apalagi, cobalah menghemat uang dengan beberapa tips di atas. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,948FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan