Rabu, 27 Mei 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Mengatasi Fingerprint Error dan Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Fingerprint Error dan Tidak Berfungsi

Cara mengatasi fingerprint error – Semakin berkembang pesatnya kemajuan teknologi, membuat fitur keamanan pada hp Android pun kini semakin canggih.

Jika di era tahun 2007-an fitur keamanan smartphone Android hanya menggunakan pola dan password, saat ini sudah banyak sekali produsen smartphone yang menanamkan sensor fingerprint ke ponsel rakitan mereka.

Bahkan belum lama ini juga telah hadir terobosan baru yang mana penggunanya dapat membuka kunci smartphone hanya dengan mengarahkan wajah ke layar atau yang biasa disebut face unclock.

Meskipun demikian hadirnya sensor fingerprint tidak terlepas dari masalah, sering kali fingerprint tidak berfungsi atau lelet dalam membaca sidik jari penggunanya.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan sensor pemindai sidik jari error dan tidak berfungsi, salah satu diantaranya adalah karena jari yang didaftarkan sedang dalam keadaan kotor atau berminyak.

Lalu, bagaimana cara mengatasi fingerprint error agar kembali normal? Berikut pembahasan lengkapnya.

Cara Mengatasi Fingerprint Error dan Tidak Befungsi

1. Bersihkan Sensor

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah membersihkan scanner menggunakan tisu atau kain halus yang diolesi dengan minyak kayu putih.

Caranya, basahi tisu atau kain dengan beberapa tetes minyak kayu putih lalu usapkan secara perlahan dan hati-hati ke fingerprint scanner.

Lakukan sampai benar-benar bersih dan tidak ada debu atau kotoran yang tersisa.

2. Restart Ponsel

Sebelum melanjutkan ke tahap yang lebih rumit, ada baiknya jika Anda merestart ponsel Anda terlebih dahulu.

3. Daftarkan Jari yang Sama Lebih dari Satu Kali

Pada umumnya baik itu ponsel yang berbasis Android ataupun iOS memberikan keleluasaan penggunanya untuk mendaftarkan sidik jari yang sama lebih dari satu kali.

Dengan melakukan hal ini, dapat meningkatkan akurasi dan ketepatan sistem dalam memindai sidik jari penggunanya.

4. Tambahkan Sidik Jari Setelah Mandi atau Cuci Tangan

Mungkin terdengar sepele, tapi dalam beberapa kondisi pastinya Anda akan membuka kunci smartphone menggunakan fingerprint dengan kondisi tangan basah.

Mungkin dalam beberapa kali percobaan sidik jari Anda akan susah terekam. Anda dapat membersihkannya terlebih dulu dan kembali mencoba mendaftarkan sidik jari.

BACA JUGA: Lupa Pola HP Android Kesayangan Anda? Begini Cara Mengatasinya!

Nah, itulah 4 cara mudah mengatasi fingerprint error dan tidak berfungsi. Jika Anda punya tips dan trik lainnya yang pernah Anda coba, jangan sungkan untuk share ke kita melalui kolom komentar di bawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,665FansSuka
1,814PengikutMengikuti
1,265PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan