Viral Video, RANCAH POST – Kabut asap masih menyelimuti wilayah Kalimantan Timur. Asap tersebut muncul disebabkan oleh kebakaran hutan yang melanda sebagian wilayah disana.

Menurut Shahar Al Haqq Kepala Seksi Pengendali Kerusakan dan Pengamanan Hutan Dinas Kehutanan Kaltim mengatakan, hingga kini titik api hampir tersebar secara merata di seluruh Kabupaten dan Kota.

Diketahui titik api yang paling banyak berada di Kabupaten Berau. Untuk total sementara luas lahan yang terbakar diperkirakan lebih dari 300.000 hektar.

Hal itu membuat kabut asap muncul sangat pekat diberbagai wilayah di Kalimantan, salah satunya ialah Kota Banjarbaru, Kalimanan Selatan.

Kabut asap yang sangat tebal membuat kondisi semakin miris dan membuat jarak pandang sangat terbatas. Kondisi tersebut tentu saja sangat berbahaya pagi para pengguna jalan.

Terutama bagi pemotor dan pengemudi kendaraan lainnya yang melintas di wilayah Banjarbaru. Kondisi yang sangat mengkhawatirkan itu terlihat dalam video yang diunggah oleh salah seorang pengendara motor.

Dalam unggahan tersebut si pengendara motor juga ikut mengungkapkan keluhan terkait keselamatan. Video yang memperlihatkan bagaimana kondisi di jalan wilayah Banjarbaru itu diunggah oleh akun Twitter @yandachitta.

Dalam unggahannya ia turut memberikan himbauan kepada netizen yang sedang berada di Banjarbaru untuk tetap berhati-hati dalam berkendara.

Ia menghawatirkan jika terjadi kecelakaan lalu lintas terutama ketika melihat mobil pengangkut tabung gas elpiji yang melaju didepannya.

“Teman-teman daerah Banjarbaru dan sekitarnya, hati-hati ya. Ini tadi pagi di daerah Ulin lewat Trikora. Padang asap! Mobil Pertamina yang LPG aja segede itu di depan enggak kelihatan! Deg-degan takut tiba-tiba ada truk atau mobil 🙁 Pak @jokowi tolong 🙁 #IndonesiaDaruratAsap #SaveKalimantan,” tulis @yandachitta dalam keterangan unggahannya.

https://twitter.com/yandachitta/status/1172838715015565312

Dalam unggahannya juga nampak kondisi di sana sangatlah gelap tertutup kabut asap yang tebal berwarna abu-abu.

Hingga kini video mengenai kondisi kabut asap Banjarbaru diunggah di akun Twitter tersebut telah di retweets hingga puluhan ribu kali dan dipenuhi berbagai komentar dari warganet yang ikut prihatin dan khawatir dengan kondisi asap yang menyelimuti sejumlah daerah di Banjarbaru.

BACA JUGA: Kabut Asap di Riau Kian Parah, Belasan Sekolah Diliburkan

@raalaxy, “Kok yang aku perhatiin media dan pemerintah seolah-olah tutup mulut, mata, dan telinga, ya? Apakah memang sengaja? Ataukah merekalah pelakunya?

Who knows? Gak mau su’udzon. Semoga Allah SWT senantiasa bersama orang yang sabar. Aamiin ya Rabbal Aalamiin🙏 #IndonesiaDaruratAsap

@SaptoAndrian, “Ya Allah Tuhan ku Yang Maha Pengasih Penyayang,, turunkanlah segera hujan di semua daerah Indonesia khusus di daerah terdampak kebakaran hutan Ya Rabb”

@abay_hsn, “Parah sekali jarak pandang hanya 3 meter , smoga pemerintah segera ambil sikap , jgn pas kampanye aj bilmg gk ad kebakaran giliran gini , gk mau di salahin”

Share.

Leave A Reply