Berita Nasional, RANCAH POST – Kabar duka kembali menyelimuti tanah air, mantan Panglima Laskar Jihad bernama Jafar Umar Thalib dikabarkan meninggal dunia, pada Minggu (25/8/2019) kemarin.

Jafar Umar Thalib meninggal dunia saat dirinya tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta.

Melansir dari TribunNews, sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, Jafar masuk rumah sakit sejak Rabu (21/8/2019). Beliau meninggal dunia pada usia 57 tahun.

Ternyata Jafar dirawat lantaran tengah menderita penyakit yang serius, yakni penyakit jantung. Namun, kesehatannya pun terus menurun hingga akhirnya beliau meninggal dunia pada hari kemarin.

Kabar meninggalnya Jafar pun telah dibenarkan oleh kuasa hukumnya yang bernama Achmad Michdan.

Innalillahi wainnailaihirojiun, telah berpulang ke rahmatullah Ustaz Jafar Umar Thalib di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, semoga husnulkhatimah,” ungkap Achmad Michdan, pada Minggu (25/8/2019).

Sebelumnya, diberitakan bahwa Hakim Pengadilan Negeri Makassar telah memberikan vonis terhadap Jafar Umar Thalib selama lima bulan penjara pada Selasa (16/7/2019) lalu.

Jafar divonis bersalah lantaran melanggar pasal 170 KUHP atas dugaan kasus pengrusakan barang orang lain di Koya Barat, Jayapura, Papua, pada 27 Februari 2019.

Jafar divonis bersalah bersama enam pengikut lainnya.

Dalam putusan, hakim pun mempertimbangkan karena terdakwa melakukan pengrusakan barang orang lain yang seharusnya tidak ia dilakukan.

Sementara yang hal yang dapat meringankan, terdakwa akhirnya mengakui semua perbuatan yang dilakukan dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.

Diketahui juga terdakwa bersedia mengganti kerugian atas pengrusakan tersebut. Adapun pertimbangan putusan yang dijatuhkan hakim lebih ringan kepada Jafar dibanding pada keenam santrinya, hal ini karena Jafar perananya tidak ikut terlibat dalam pengrusakan.

Namun karena Jafar merupakan pimpinan dari keenam terdakwa itu, maka dia ikut bertanggung jawab.

BACA JUGA: Innalillahi, Mbah Moen Meninggal Dunia di Mekah

Jafar merupakan seorang pendiri Laskar Jihad, yakni sebuah organisasi Islam militan yang ada di Indonesia.

Jafar Umar Thalib lahir pada 29 Desember 1961, diketahui bahwa ia menempuh pendidikan semasa kecilnya di Perguruan Al Irsyad.

Hingga kemudian pada 1983 beliau menjadi seorang pelajar di LIPIA, Jakarta yang merupakan cabang dari Universitas Imam Ibnu Sa’ud di Riyadh, Arab Saudi

Share.

Leave A Reply