Berita Selebriti, RANCAH POST – Komedian Dede Sunandar dan sang istri, Karen Hertatum sedang mengalami ujian berat dalam rumah tangga mereka.

Pasalnya, putra kedua, Ladzan Syafiq Sunandar dikabarkan tengah mengidap penyakit langka, yakni Williams Syndrome (WS) atau sindrom Williams pada pekan ini.

Sindrom William merupakan salah satu penyakit langka, penyakit ini ditandai dengan berbagai permasalah medis, seperti menyerang jantung dan pembuluh darah, ginjal dan organ tubuh lain si penderita.

Selain itu, ada keunikan pada wajah pengidap sindrom Williams, seperti hidung, mulut, dan fitur wajah.

Namun, apabila anak dengan yang mengidap penyakit sindrom Williams tetap ditangani dengan perawatan yang tepat, mereka mempunyai kemungkinan untuk tetap bisa sehat dan berprestasi di sekolah layaknya anak lain.

Dede mengungkapkan jika sang putra menderita sindrom ini sejak usianya masih tiga bulan. Setelah mendapat perawatan kondisi buah hatinya pun mulai membaik.

Namun jalan penanganan selanjutnya yakni operasi harus segera dilakukan.

“Kalau gejalanya kurang tahu juga,” kata Dede.

“Cuma pas kita periksa pertama satu bulan, dua bulan enggak ada apa-apa. Pas tiga bulannya tiba-tiba ada yang bocor jantungnya.”

“Enggak tahunya dari jantung ke paru-paru itu ada penyempitan, jadi harus operasi,” imbuh Dede.

“Makanya harus diambil tindakan secepatnya.” sambungnya.

Lebih lanjut, Dede menjelaskan jika pertumbuhan putra keduanya saat ini memang terbilang lambat dari anak pada umumnya.

Hal tersebut dapat dilihat dari pertumbuhan gigi yang tidak sempurna seperti anak normal seumurannya. Namun Shafiq sendiri sudah bisa berdiri meski masih harus dipegang.

“Karena kan memang gejala Wiliams syndrome setahu Dede sama istri, dikasih tahu dokter memang begitu gejalanya, kayak perkembangan tubuhnya lama,” ucap Dede.

“Tapi alhamdulillah sekarang sudah bisa berdiri walaupun kita masih dipegangi, kita tatih kayak biasanya.”

Syafiq pun akan menjalani operasi jantung dalam waktu dekat ini. Dede masih menunggu kabar dari pihak rumah sakit. Ia juga memperkirakan, operasi akan dilakukan pada akhir Agustus atau awal September mendatang.

BACA JUGA: Tak Tahan Dibully Netizen, Ria Ricis Ungkap Sempat Nekat Mau Bunuh Diri

“Baru mau operasi jantung. Kalau Sindrom William biasanya terapi. Cuma minta doanya aja sama semuanya, mudah-mudahan semuanya lancar, terus anak Dede enggak kenapa-kenapa,” ujar Dede Sunandar.

“Insya Allah akhir Agustus atau awal September, karena kita tunggu dari pihak rumah sakit dan dari manajemen yang bantu Dede juga,” sambungnya.

Share.

Leave A Reply