Senin, 25 Mei 2020
Beranda Berita Berita Nasional Habiskan Dana Rp550 Juta, Instalasi Bambu Getah Getih Dirobohkan karena Rapuh

Habiskan Dana Rp550 Juta, Instalasi Bambu Getah Getih Dirobohkan karena Rapuh

RANCAH POST – Dibangun pada Agustus 2018 lalu oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, instalasi bambu Getah Getih Bundaran HI dibongkar Rabu (17/7/2019) malam.

Pembongkaran itu dibenarkan Kepala Dinas Kehutanan, Pertamanan, dan Pemakaman DKI Jakarta Suzi Marsitawati.

Menurutnya, instalasi bambu itu dibongkar karena sudah rapuh. “Dibongkar karena bambunya sudah rapuh karena cuaca, jalinan bambunya sudah ada yang jatuh, takutnya malah roboh,” kata Suzi.

Suzi menuturkan, bambu tersebut tak bisa digunakan kembali. Untuk mengisi lahan bekas instalasi bambu tersebut, pihaknya akan menanam sejumlah tanaman hias.

“Sudah tak bisa digunakan lagi, sekarang ditanam border semak, ground cover sembari menunggu instalasi lainnya,” tutur Suzi.

Sebagaimana diketahui, instalasi bambu Getah Getih di Bundaran HI itu dibangun Anies Baswedan dalam rangka menyambut Asian Games 2018.

Instalasi bambu tersebut, merupakan hasil karya seorang seniman bernama Joko Avianto. Untuk membangunnya, dikeluarkan uang sebesar Rp550 juta yang berasal dari 10 BUMD DKI Jakarta dengan sistem konsorsium.

“Bambunya bisa saja bengkok, tapi niatnya lurus,” ucap Anies kala itu.

Diungkap Anies, ide instalasi bambu Getah Getih itu bermula ketika dirinya menghadiri Frankfurt Book Fair pada Oktober 2015 silam.

“Karya bambu Mas Joko menjadi salah satu yang ditunjukkan di sana, kemudian saya meminta Mas Joko untuk membuatnya di Jakarta,” beber Anies.

Diutarakannya, bambu kerap diremehkan. Maka dari itu, Anies ingin memperlihatkan bahwa bambu pun bernilai tinggi.

Dengan adanya instalasi tersebut, Anies berharap agar masyarakat mengetahui kelebihan yang terdapat pada bambu.

Di media sosial semisal Twitter, pembongkaran bambu itu mendapat beragam tanggapan dari netizen.

“Ornamen Bambu Getah Getih dibongkar. Uang pajak warga DKI 550 jt lesap. Blu lagi kerugian imateril akibat pemandangan yg merusak mata. Blm lg ongkos bongkar patung. Kalo ditotal 1 Trilyun kerugiannya. 550 jt biaya buat. 50 jt biaya bongkar. 940 Milyar kerugian imateril,” tulis akun @BrigaldoS.

“Petugas Dinas Kehutanan DKI akhirnya membongkar instalasi ‘Bambu Getah Getih’ di Bundaran HI. Karya seni iyang dipasang saat Asian Games tidak lagi terlihat. < akhirnya DIBONGKAR! Benda yang paling mengganggu di Jakarta,” tulis @fadjroeL.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,682FansSuka
1,809PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan