Hasil Hitung Kawalpemilu, Prabowo Unggul Tipis dari Jokowi

0
Hasil Hitung Kawalpemilu Prabowo Ungguli Jokowi
Prabowo Sandi. (IST/INSTAGRAM)

RANCAH POST – Situs kawalpemilu.org yang merupakan pengawas pemilu independen turut melaksanakan penghitungan C1 yang dikumpulkan relawannya dari TPS yang ada di Indonesia.

Hingga Sabtu (20/4/2019) pagi, situs kawalpemilu telah mengumpulkan surat suara sah sebanyak 10.398.632 dan suara tidak sah sebanyak 175.213 dari C1.

Dalam situs kawal pemilu tersebut, Prabowo Subianto unggul tipis dari Joko Widodo dengan selisih suara sebanyak 9.763. Prabowo meraih suara sebanyak 5.204.358 dan Jokowi meraih suara sebanyak 5.194.595 suara.

Pada situs kawalpemilu, Prabowo unggul di beberapa daerah seperti Aceh, Sumbar, Banten dan Riau. Meski demikian, Prabowo Sandi kalah di Kepri dan Bangka Belitung.

Adapun Jokowi Maruf unggul di Jawa Timur dan Jawa Tengah, pasangan ini juga unggul di Jogjakarta dan DKI Jakarta.

Prabowo juga unggul di NTB, Sulsel, Kalbar, Kalsel dan Kaltim, sedangkan Jokowi unggul di Nusa Tenggara Timur dan Bali.

Sebagaimana dihimpun, tahun 2014 situs kawalpemilu juga melakukan perhitungan berdasarkan C1. Saat itu, hasil hitung situs ini hanya selisih 0,14 persen denga hasil real count Komisi pemilihan Umum.

Kawal Pemilu sendiri merupakan proyek crowdsourcing netizen pro data Indonesia yang dibentuk untuk menjaga suara melalui penggunaan teknologi untuk melakukan real count secara akurat dan cepat.

Kawalpemilu.org yang merupakan mitra dari Network for Democracy and Electoral Integrity itu resmi terakreditasi Bawaslu dan tidak terafiliasi dengan paslon manapun.

Sementara itu berdasarkan hasil quick coun sejumlah lembaga survei, pasangan Joko Widodo Maruf Amin unggul dari pasangan Prabowo Subianto Sandiaga Uno.

Misalnya quick count Indo Baro Meter, Jokowi meraih suara 54,32 persen, Prabowo meraih suara 45,68 persen dengan surat suara yang masuk mencapai 99,67 persen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here