Cara Screenshot iPhone XS Pada bulan September 2018, Apple secara resmi memperkenalkan smartphone generasi baru mereka lewat iPhone XS yang merupakan versi tertinggi dari suluruh iPhone yang mereka miliki.

Varian ini memiliki spesifikasi tingkat atas seperti layar OLED 5,8 inci beresolusi 1125 x 2436 piksel. Ada pula dukungan Dolby Vision, HDR10 untuk menampilkan konten HDR, rentang color gamut lebar, 3D Touch, True-tone display, dan sensor sentuh 120 Hz.

Selain iPhone XS, mereka juga mengenalkan iPhone XR yang tidak dilengkapi layar semutakhir saudaranya. iPhone XR dibekali layar LCD IPS dengan resolusi 828 x 1.792 piksel.

Seperti iPhone X, iPhone XR dan XS hadir tidak dilengkapi dengan tombol Home fisik bagian bawah layar karena ingin menampilkan layar lebih lebar dibandingkan dengan seri iPhone generasi sebelumnya.

Oleh karena itu, cara melakukan screenshot pada iPhone X, XR, dan XS bukan lagi dengan cara menekan tombol Power berbarengan dengan tombol Home.

Lalu bagaimana cara untuk mengambil screenshot di iPhone X, XR dan XS? Simak ulasannya berikut ini.

Cara Mengambil Screenshot di iPhone X, XR dan XS

Sama dengan iPhone generasi sebelumnya, proses pengambilan gambar screenshotnya membutuhkan penekanan dua tombol secara bersamaan.

Kali ini tombol-tombol itu adalah tombol Side dan tombol Volume Up. Tombol Side adalah tombol yang sama digunakan saat mematikan atau menghidupkan perangkat iPhone yang berada di samping kanan.

1. Buka aplikasi atau halaman website yang ingin Anda screenshot.

2. Tekan tombol Volume atas dan tombol Side di sebelah sisi kanan secara
bersamaan.

Cara Screenshot di iPhone XS
Cara Screenshot di iPhone XS

3. Setelah kedua tombol ditekan dan dilepaskan, maka terdengar bunyi yang familiar dan screenshot pun berhasil diambil.

Pratinjau dari screenshot yang baru saja diambil akan ditampilkan dan akan hilang setelah beberapa detik.

4. Apabila Anda ingin mengedit hasil screenshotnya, maka cukup dengan mengetuk preview screenshotnya di sisi kiri atas sebelum menyimpannya di aplikasi Foto atau tekan selama berberapa detik untuk langsung membagikannya.

5. Tekan tombol Done di sisi kanan atas.

Begitulah cara screenshot di iPhone X, XR, dan XS. Caranya memang sedikit berbeda dengan iPhone generasi sebelumya. Tetapi Anda akan terbiasa seiring berlajannya waktu. Selamat mencoba.

Share.

Leave A Reply