Inspiratif, Adjat Wiratma Anak Petani Asal Ciamis Raih Gelar Doktor Usai Teliti Profesi ini

Inspiratif Adjat Wiratma Anak Petani Asal Ciamis Raih Gelar Doktor Usai Teliti Profesi ini
Inspiratif Adjat Wiratma Anak Petani Asal Ciamis Raih Gelar Doktor Usai Teliti Profesi ini

BERITA CIAMIS, RANCAH POST – Usaha gigih pria bernama Adjat Wiratma untuk meraih pendidikan patut menjadi contoh.

Tidak itu, perjuangan dari nol hingga sekarang akhirnya meraih gelar doktor dari UNJ (Universitas Negeri Jakarta) bisa menjadi inspirasi bagi semuanya.

Namun, hal tersebut tak terlepas pula dari semangat orangtuanya meski keduanya hanya berprofesi sebagai petani.

Bagi Adjat Wiratma, melanjutkan pendidikan ke bangu kuliah selepas lulus SMA merupakan hal yang mustahil. Pasalnya, kondisi ekonomi orangtuanya tidak memungkinkan.

Itulah yang dialami kakak-kakak Adjat, tak satu pun dari mereka yang kuliah, bahkan mereka sama sekali tak mengenyam pendidikan hingga SMA.

“Sepertinya orangtua saya tahu kalau saya pernah menangis di hadapan kakak saking ingin kuliah. Mereka kemudian mengizinkan saya daftar ke Bandung yang pada saat itu sudah masa akhir pendaftaran,” tutur Adjat.

“Uangnya entah dari mana, saya sih senang saja. Di keluarga tak ada yang sekolahnya sampai SMA, hanya saya saja, dan saya ingin kuliah,” imbuh Adjat, dilansir Sindonews.

Semasa menempuh pendidikan di bangku SMA, pria kelahiran 1982 asal Ciamis Jawa Barat ini memang aktif dan berprestasi.

Maka tak heran bila Adjat Wiratma kemudian mendapat undangan PMDK dari salah satu perguruan tinggi di Jawa Tengah.

Hanya saja, kala itu kedua orangtuanya tak mengizinkan sehingga PMDK itu tak diambilnya.

Bisa duduk di bangku perguruan tinggi tak disia-siakan Adjat Wiratma, ia belajar dengan gigih sehingga mendapat beasisiwa dan lulus dengan IPK tertinggi.

“Tidak usah memikirkan biaya, kuliah yang rajin,” kenang Adjat atas pesan kedua orangtuanya.

Lulus S1, Adjat Wiratma langsung mencari kerja. Meski tak sesuai dengan bidangnya, Adjat melakoni pekerjaan itu agar ia tak menjadi beban orangtuanya.

Hingga sekarang, pekerjaannya sebagai jurnalis tv tetap ia nikmati. Di tengah kesibukannya, Adjat melanjutkan S2. Atas saran dosennya, Adjat kemudian lanjut S3.

Di UNJ, Adjat mengambil studi manajemen pendidikan dan melakukan penelitian tentang perilaku guru hingga akhirnya meraih gelar doktor.

BACA JUGADemi Ini, Gadis Bercadar di Ciamis Rela Jadi Pedagang Cilok

“Pencapaian ini saya dedikasikan untuk kedua orangtua yang sudah memberikan saya kesempatan kuliah dulu hingga saya bisa mandiri dan melanjutkan pendidikan hingga S3,” tukas Adjat.

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama