Cara Mengatasi Masalah Force Close Pada Aplikasi Android

Cara Mengatasi Masalah Force Close Pada Aplikasi Android
Cara mengatasi masalah force close di aplikasi Android. (IST/NET)

RANCAH POST – Seperti yang bisa Anda lihat bahwa sekarang ini semakin banyak smartphone Android yang telah dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni sehingga tentu saja akan mampu menghasilkan performa yang tangguh.

Hal tersebut tentu saja membuat smartphone Android semakin mudah digunakan untuk melakukan berbagai macam hal sehingga akan sangat membantu aktivitas keseharian, bahkan sekarang ini smartphone Android telah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi sebagian masyarakat.

Smartphone berbasis Android memang memiliki berbagai macam kelebihan dibandingkan dengan smartphone yang mengusung sistem operasi yang lain, meskipun demikian smartphone Android tetaplah sebuah perangkat elektronik yang beresiko untuk mengalami berbagai masalah.

Salah satu hal yang terkadang dikeluhkan oleh sebagian pengguna smartphone Android adalah masalah force close yang tentu akan sangat mengganggu karena membuat aplikasi sering menutup dengan sendirinya, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Masalah Force Close Pada Aplikasi Android

1. Hapus File Sampah
Untuk mengatasi masalah aplikasi yang mengalami force close atau menutup dengan sendirinya di perangkat Android, maka Anda bisa mencoba untuk menghapus file sampah atau cache yang ada di sistem.

File sampah atau cache yang dibiarkan dalam jangka waktu yang lama tentu saja akan menumpuk sehingga hal ini akan bisa memicu terjadinya berbagai masalah pada sistem, maka dari itulah Anda tidak boleh merasa malas untuk menghapus file sampah secara rutin agar tidak menumpuk.

2. Hapus Data Aplikasi
Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan guna mengatasi masalah aplikasi yang mengalami force close di Android yakni dengan menghapus data aplikasi.

Cara yang satu ini terbukti efektif untuk mengatasi berbagai macam masalah yang terjadi pada aplikasi Android, proses penghapusan data akan menghapus semua data yang sifatnya sementara pada suatu aplikasi sehingga aplikasi tersebut kondisinya kembali seperti semula layaknya baru diinstal di perangkat Android.

3. Instal Ulang Aplikasi
Hal ketiga yang juga bisa Anda lakukan jika mengalami masalah aplikasi yang force close di perangkat Android yaitu dengan menginstal ulang aplikasi.

Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa bisa saja aplikasi yang mengalami force close dikarenakan aplikasi tersebut sudah rusak.

Jika hal ini terjadi, maka Anda harus melakukan instal ulang, Anda sebaiknya menghentikan paksa terlebih dahulu aplikasi tersebut sebelum melakukan proses instal ulang melalui Play Store.

4. Lakukan Factory Reset
Apabila ketiga cara yang ada di atas belum juga berhasil untuk mengatasi aplikasi yang force close di Android, maka satu-satunya jalan yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan cara factory reset.

Seperti yang Anda tahu bahwa factory reset sangatlah efektif untuk mengatasi beragam masalah yang dialami oleh sistem, namun proses factory reset akan menghapus seluruh data yang tersimpan sehingga Anda harus melakukan backup terlebih dahulu.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Google Chrome Yang Tidak Bisa Dibuka di Android

Masalah aplikasi yang force close di Android tentu saja akan sangat mengganggu, oleh karena itulah Anda bisa mencoba beberapa cara di atas untuk mengatasinya.

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama