Viral Driver Ojol Tolak Orderan GoFood karena Pelanggan Tuli, Begini Respon dari Pihak Gojek

Viral Driver Ojol Tolak Orderan GoFood karena Pelanggan Tuli Begini Respon dari Pihak Gojek
Viral Driver Ojol Tolak Orderan GoFood karena Pelanggan Tuli Begini Respon dari Pihak Gojek

RANCAH POST – Hadirnya transportasi berbasis online seperti ojek online (ojol) di zaman sekarang ini memang sangat membantu masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya.

Tidak hanya bisa antar jemput penumpang saja, tapi transportasi satu ini juga bisa antar barang hingga pesan makanan bagi yang males keluar rumah.

Namun dalam hal ini sering kali ada kejadian yang tak mengenakan. Entah itu dari pihak driver maupun penumpangnya.

Dan kali ini sebuah kejadian tak mengenakan dialami oleh seorang customer wanita yang memesan makanan dengan bantuan jasa ojek online.

Pengguna jasa ojek online ini merupakan seorang difable yang menceritakan kisahnya saat ditolak oleh seorang driver lantaran dirinya tuli.

Cerita itu sendiri terjadi di Pekanbaru dan dibagikan oleh akun Instagram @dramaojol.id pada Sabtu (5/1).

Awalnya pelanggan yang bernama Santi Setyaningsih itu berniat untuk memesan makanan dengan jasa GoFood.

Saat memesan makan ia pun sudah mengatakan di deskripsi kalau dirinya seorang tunarungu dan tidak bisa menerima telepon.

“Aku berencana pesan makanan dan seperti biasa aku menulis keterangan detail kalo aku TIDAK BISA MENDENGAR atau TIDAK BISA MENERIMA TELEPON atau TULI/TUNARUNGU,” jelas Santi.

Meski sudah di jelaskan bahwa ia tidak bisa mendengar, tapi driver yang mengambil orderan Santi itu justru meneleponnya berkali-kali.

“Dan driver tersebut CALL terus menerus tanpa jeda padahal aku sudah menjelaskan secara detail,” jelasnya.

Lantaran tidak bisa menjawab telepon, Santi pun berusaha untuk menghubungi sang driver dengan mengirimi pesan singkat.

“Astaga pak, aku gak bisa menerima telepon. Aku tuli, gak baca keterangan dengan jelas di keterangan order (antar),” chat Santi pada driver ojol tersebut.

View this post on Instagram

Atas saran teman teman aku di DM, banyak yang saranin untuk posting di feed instagram. . Gini ya aku mau cerita sedikit ya mengenai perlakuan diskriminasi yang dilakukan oleh driver Gojek Indonesia di Pekanbaru. Aku berencana pesan makanan dan seperti biasa aku menulis keterangan detail kalo aku TIDAK BISA MENDENGAR atau TIDAK BISA MENERIMA TELEPON atau TULI/TUNARUNGU. dan driver tersebut CALL terus menerus tanpa jeda padahal aku sudah menjelaskan secara detail. Aku pun bersabar untuk menjelaskan lagi melalui chat online via aplikasi Gojek. Tapi yang didapatkan malah perlakuan diskriminatif dengan chat 'KAMU TULI SAYA GAK BISA ANTAR CARI YANG LAIN AJA'. seketika aku diam dan membalas pesan singkat tanpa berkata apa apa kemudian setelah itu langsung dibatalkan pesanannya oleh Driver Gojek tersebut. . Ini tahun 2019 lho yak, masih aja ada perlakukan diskriminatif terhadap driver ke konsumen Tuli. Tolong ditindak ya driver nakal ini. GESER untuk picture DRIVERnya CC @gojekindonesia @gojekupdate_pekanbaru @gojek.pekanbaru @dramaojol.id

A post shared by Santi Setyaningsih (@santi_setyaningsih) on

Setelah menjelaskan hal tersebut Santi pun justru merasa diperlakukan diskriminatif terhadap driver itu.

“Kalau kamu tuli saya ngk bisa antar cari ja yg lain,” jawab driver tersebut.

Kemudian pesanan itu dibatalkan oleh driver. Santi sangat menyayangkan tindakan diskriminatif yang dilakukan olej driver ojek online itu.

“Ini tahun 2019 lho yak, masih aja ada perlakukan diskriminatif terhadap driver ke konsumen Tuli. Tolong ditindak ya driver nakal ini,” pinta Santi.

Dalam unggahannya, Santi juga mengunggah wajah driver itu. Driver tersebut bernama Reno Hari dengan nomor kendaraan BM 2762 AAA.

Pihak Gojek pun sudah mengetahui hal itu dan akan menindak Driver yang bersangkutan. Hal itu terlihat dari Instastory Santi.

“Hai Fajrus, kami menyesal dan mohon maaf sebesar-besarnya atas kejadian yang Anda alami. Hal tsb tidak bisa kami tolerir. Mohon kirimkan no order via DM agar segera kami tindaklanjuti,” tulis akun resmi Gojek.

Dan kini pihak Gojek beserta sang driver telah mendatangi rumah Santi untuk meminta maaf atas tindakan sang driver yang tidak menyenangkan itu.

Suami Santi pun meminta agar pihak Gojek tidak memecat sang driver karena dia memiliki keluarga yang mesti dinafkahi.

View this post on Instagram

Drama Ojek Online . Pada hari Sabtu 6 Januari 2019 setelah kejadian driver ojol yang sempat menolak orderan setelah tahu saya Tuli/Tunarungu, Manajemen Gojek di bantu Satgas Gojek mendatangi rumah saya. Dan cepat tanggap telah merespon saya. . Begini klarifikasi dari driver, karena driver tidak tahu saya, takut kena orderan fiktif (order rujak murah kak), takut dijahil sama teman dan tanpa pikir panjang dengan apa yang terjadi sang driver mengucapkan dengan kata kata tidak pantas. Akhirnya sang driver pun mengakui kalo dia salah. Telah berucap kata kata tidak pantas. . Dengan besar hati kami pun memaafkan serta permintaan suami ke manajemen Gojek untuk tidak memecat sang driver karena tahu si driver masih mempunyai keluarga yang harus di tanggung. . Dan kami semua juga kaget kalo beliau (driver) ini merupakan tetangga samping rumah suamik (Mamak Mertua) hahaha . Dan kami juga ingin berterima kasih kepada semua warganet yang telah membantu, dengan ini kita bisa menyadarkan bahwa kita harus saling menghargai, menghormati, tidak pandang sebelah mata terhadap teman teman disabilitas. Kalo kita diam saja? Bagaimana bisa kita mewujudkan lingkungan yang inklusif? #selfreminder #gojek #womanpreneur #womanwithdisability

A post shared by Santi Setyaningsih (@santi_setyaningsih) on

Unggahan Santi itu pun kemudian menjadi viral dan mendapat beragam komentar dari netizen yang menyayangkan tindakan dari sang driver.

adipsy_, “Sabar ya mbak mungkin drivernya lagi capek atau punya masalah di rumahnya”

saniatasyainaya, “astagfirullah, sabar yaa kak. semoga ke depan nya kita ga di temukan sm gojek spt itu😥”

comandan.p, “Semoga para ojol dpt Pendidikan yang baik agar bisa menjaga tutur katanya”

indrawhn, “Alhamdulillah seneng sekali sudah berdamai. Semoga Rejeki mba lancar ya”

BACA JUGA: Kisah Driver Ojek Online Kembalikan Uang Bayaran 2 Ribu ke Anak SD Buat Jajan ini Viral, Jawaban si Bocah Bikin Bang Ojol Kesel

indhira_resky, “Masya Allah… sungguh mulia sekali dengan perjuanganmu. Allah sudah menakdirkan pertemuan dg orang itu yang sempat ngatain kasar. Semoga tak akan terulang lagi. @santi_setyaningsih”

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama