Review Smartband Lenovo HX03F Spectra Indonesia

Lenovo HX03F Spectra SmartBand
Lenovo HX03F Spectra SmartBand

RANCAH POST – Selain Xiaomi, perusahaan China lain juga belakangan cukup gemar meluncurkan perangkat smartband untuk kalangan menengah ke bawah dengan banderol harga lebih terjangkau. Seperti Lenovo dengan produk barunya, Lenovo HX03F Spectra Smartband misalnya, yang sudah dilengkapi sertifikasi IP68, yang artinya tahan air.

Gelang cerdas dari Lenovo ini sebenarnya kurang lebih memiliki kemampuan dan spesifikasi yang tidak terlalu menonjol, atau bisa dikatakan standar di kalangan smartband sekelasnya. Misalnya jika dibandingkan dengan Mi Band 3 terbaru, atau beberapa gelang pintar lain.

Setidaknya dengan produk tersebut, Lenovo Spectra HX03F ini masih bisa bersaing dalam desain, fungsi dan beberapa kemampuan.

Lain lagi ceritanya jika dibandingkan dengan beberapa smartband kelas kakap seperti produk Fitbit yang mampu mengukur kondisi tubuh secara keseluruhan. Fungsi pada smartband Lenovo HX03F ini terbatas hanya pada penghitung/pembaca detak jantung, penghitung langkah dan menerima notifikasi dari ponsel.

Dengan kata lain, ia tidak cocok untuk atlet yang membutuhkan data kesehatan lengkap. Namun lebih untuk seorang pekerja yang membutuhkan dorongan motivasi untuk lebih banyak bergerak dibanding kebanyakan duduk.

Langsung saja kita kasih review singkat mengenai perangkat cantik satu ini.

What’s In The Box

Pada dasarnya produk ini memiliki box yang terbilang kecil, bahkan kurang lebih tebalnya setebal bungkus rokok Jarcok atau Garpit. Berbentuk persegi.

Di dalam box sendiri terdiri dari: 1 x smartband + strap (gelang), 1 x kartu garansi global, 1 x buku panduan. Hanya itu. Cukup minimalis dan tidak terlalu ribet sebenarnya.

Lenovo HX03F What In The Box
Lenovo HX03F What In The Box

Review Lenovo HX03F Spectra

Desain dan Bahan

Mengapa saya panggil cantik? Bukan karena desainnya yang menawan dan elegan, namun dari konsep desain yang manis dan ciamik. Dibandingkan dengan Mi Band 3, perangkat ini terkesan lebih kotak dan kaku. Namun dilihat lebih dekat, tampak bahwa sisinya dibuat membulat dan tidak terlalu kasar.

Bagian lain yang mengesankan saya adalah pada sisi penyambung, yang menghubungkan bagian tali silikon dengan bodi Lenovo HX03F ini. Dimana ternyata ada sebuah slot USB , yang tampaknya bisa digunakan untuk menghubungkannya ke PC untuk berbagai keperluan atau untuk pengisian baterai.

Seperti kita ketahui, Mi Band 3 membutuhkan perangkat tambahan untuk mengisi baterai, berupa port khusus yang tersambung dengan USB juga.

Dengan kata lain perangkat ini lebih simpel dalam hal tersebut. Namun lebih ribet lagi karena gelang silikon-nya terbilang ada dua buah, bukan satu buah seperti Mi Band 3.

Lenovo HX03F Spectra Sensor
Lenovo HX03F Spectra Sensor

Bodi Lenovo HX03F juga dibuat sedikit melengkung, sehingga sangat cocok di pergelangan tangan, dan untuk di bagian bawah juga tersemat sensor pendeteksi detak jantung yang cukup elegan pemasangannya. Selain elegan, bodi perangkat ini juga disertai sertifikasi IP68, yang menandakan kemampuannya tahan terhadap cipratan air hujan, keringat dan debu. Sehingga ia akan lebih awet.

Perangkat ini juga menggunakan layar berjenis TFT yang menawarkan warna dan tampilan visual jelas. Sayangnya, ada beberapa kendala di luar ruangan, dimana bagian layar kurang terlalu jelas. Dan akan lebih maksimal untuk dilihat di kondisi teduh atau di dalam ruangan.

Fitur dan Aplikasi

Lenovo HX03F Spectra SmartBand
Lenovo HX03F Spectra SmartBand. (IST/RP)

Fitur

Untuk fiturnya sendiri, perangkat ini memang dibatasi, dibandingkan beberapa perangkat smartband kebanyakan, termasuk seri pendahulu dari Lenovo.

Hanya beberapa fungsi saja yang berlaku pada Lenovo HX03F Spectra Smartband ini. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Pelacak langkah atau penghitung jumlah langkah, yang juga terhubung dengan penghitung jumlah kalori yang terbakar selama si pengguna melakukan aktifitas.
Penghitung Detak Jantung, yang merupakan salah satu fitur inti di kebanyakan smartband.
Pelacak tidur, yang membantu kita mengetahui kualitas tidur dan kondisi fisik selama tidur.

Tampilan

Ada beberapa tampilan atau interface yang disediakan Lenovo pada handset ini. Diantaranya adalah :

  • Beranda: Menawarkan tampilan beragam, mulai dari jam, waktu, tanggal, jumlah langkah, koneksi bluetooth, status baterai hingga tanggal dan hari secara bergiliran.
  • Sports: Tekan agak lama pada tombol sentuh dan dapat mulai melacak jumlah langkah, detak jantung, jarak perjalanan, kalori yang terbakar.
  • Tampilan jumlah langkah.
    Tampilan Pelacak Detak Jantung.
  • Find My Phone: Tekan agak lama pada tombol sentuh, dan tunggu sampai progress bar penuh, nanti hp Anda akan bergetar
  • Info section. Yang terakhir ini adalah bagian menu yang menampilkan informasi mengenai perangkat.
Lenovo HX03F Spectra Menu
Menu Lenovo HX03F Spectra SmartBand. (IST/RP)

Aplikasi dan Notifikasi

Bagian menarik lain yang perlu diperhatikan dari Lenovo HX03F Spectra Smartband ini juga adalah aplikasi bawaan, yang disediakan Lenovo untuk mengontrol dan mengolah informasi dari smartband.

Aplikasi yang sudah tersedia untuk berbagai platform ini juga memberikan lebih banyak informasi mengenai data pengguna. Mulai dari jumlah langkah, kualitas tidur dan berbagai hal yang lebih mendetail dibanding yang bisa Anda temukan di smartband.

Aplikasi ini jugalah yang mengatur soal Notifikasi yang akan muncul di smartband. Jadi, melalui menu Setting, Anda akan bisa mengatur pemberitahuan dari aplikasi mana saja yang akan muncul di Lenovo HX03F Spectra, termasuk mengatur setting lainnya.

Aplikasi Lenovo Healthy
Aplikasi Lenovo Healthy. (IST/RP)

Anda juga bisa menyetel alarm, mengatur getaran dan lain sebagainya.

Kelemahan atau Kekurangan Lenovo HX03F Spectra

Setelah dari tadi kita membahas mengenai apa saja keunggulan dari smartband anyar Lenovo yang ramah kantong ini, saatnya kita bahas mengenai beberapa hal yang sedikit mengecewakan, atau lebih tepatnya adalah kekurangan dari Lenovo HX03F. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Layar Lenovo HX03F Spectra ini menggunakan jenis layar TFT, bukan OLED. Meski menawarkan berbagai warna menarik, namun saat dilihat di bawah sinar matahari, bakalan tampak bahwa layarnya ini kurang jelas. Khususnya jika dilihat dari pinggir, maka garis antara layar dan bingkai akan tampak lebih jelas, dan terlihat bahwa layarnya lebih kecil.

Selain layar, desain strap atau tali smartband juga terbilang membawa beberapa kesulitan. Khususnya dalam hal melepas, dimana membuat kita sedikit berdegup jantung, karena kurang lebih pasti takut patah, toh bukanya dipelintir begitu.

Lenovo Smartband HX03F Spectra
Lenovo Smartband HX03F Spectra. (IST/RP)

Adanya bagian logam, dan penggunaan tali smartband yang seperti jam tangan membuatnya mudah meninggalkan bekas di tangan Anda ketika dilepas. Khususnya jika Anda mengikatnya cukup keras, agar terasa nyaman atau tidak longgar saat digunakan.

Selain itu, untuk bagian aplikasi juga ada sedikit hal yang cukup mengganggu. Dimana saat aplikasi bawaan yang tertera pada QR Code pada buku panduan Lenovo HX03F Specta ini adalah Lenovo Healthy. Dan saat diunduh dan dibuka, muncul notifikasi meminta pengguna untuk mengganti aplikasi tersebut dengan aplikasi baru dari Lenovo, yakni Lenovo Life. Jadi jika Anda berencana memiliki benda ini, sebaiknya siapkan aplikasi Lenovo Life di ponsel Anda.

Lenovo Healthy
Lenovo Healthy

Kelemahan lainnya pada smartband ini adalah mode pelacak tidur, dimana sayangnya, saat saya menghubungkan perangkat dengan aplikasi, tidak ada pelacakan tidur. Padahal saya yakin tidur saya cukup nyenyak, dan saya pastikan memakainya saat tidur. Entah ini bug atau apa.

Baterai Lenovo HX03F Spectra Smartband

Untuk baterainya sendiri, menurut informasi pabrik ia dibekali dengan 100 mAh baterai berjenis Lithium Polymer. Katanya sih bisa tahan dari 4,5 hingga 5 hari.

Namun sesuai pengalaman, saya gunakan smartband ini selama 3 hari, baterai masih tersisa satu. Karena tidak tega menghabiskannya, akhirnya diisi ulang. Menurut perkiraan, kurang lebih smartband ini akan mampu bertahan optimal hingga 4 hari.

Harga Lenovo HX03F Spectra Smartband

Adapun untuk harganya sendiri, Lenovo HX03F Spectra Smart Watch yang aslinya smartband ini dibanderol dengan tawaran menarik di beberapa toko online.

Khusus salah satu yang paling murah dan bisa dipercaya adalah tawaran dari GearBest. Toko online asal Luar Negeri, yang bisa mengirim sampai ke Indonesia, dan menawarkan banderol harga cukup bersaing.

Di GearBest sendiri, harga Lenovo HX03F ini dibanderol mulai USD19,.99 atau setara Rp296.652. Dan jika Anda berfpikir bahwa harga ini hanya murah di luar negeri, karena tidak mempertimbangkan ongkirnya, maka Anda salah.

Gearbest menawarkan pengiriman hingga ke Indonesia, dengan ongkir mulai dari Rp1.188. Anda juga bisa memilih beberapa pilihan pengiriman lain dengan harga beragam.

Jika sulit mencarinya, bisa melalui link langsung berikut ini, yang akan mengarahkan Anda ke laman produk Lenovo HX03F Spectra di GearBest.

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama