Cara Mengatasi Aplikasi Telegram Yang Berhenti di Android

Cara Mengatasi Aplikasi Telegram Yang Berhenti di Android
Cara mengatasi aplikasi Telegram yang berhenti di Android. (IST/NET)

RANCAH POST – Smartphone atau ponsel pintar memang bisa dikatakan sebagai perangkat yang saat ini sangat populer, dimana perangkat ini telah dimiliki oleh hampir semua orang.

Hal tersebut sebenarnya sangatlah wajar sebab smartphone Android memiliki fungsi yang begitu beragam mulai dari sebagai hiburan hingga untuk membantu Anda dalam menjalankan bisnis ataupun menyelesaikan pekerjaan.

Meskipun memiliki fungsi yang beragam, namun smartphone berbasis Android tetaplah merupakan sebuah alat komunikasi.

Saat ini Anda telah bisa melakukan komunikasi dengan berbagai cara melalui perangkat Android, salah satunya adalah menggunakan aplikasi perpesanan instan seperti Telegram.

Meskipun tidak sepopuler WhatsApp, namun Telegram juga telah digunakan oleh banyak orang. Telegram sendiri memiliki kelebihan tidak adanya batasan ukuran dalam mengirimkan file.

Namun adakalanya aplikasi Telegram di Android tiba-tiba berhenti dengan sendirinya sehingga tentu akan mengganggu aktivitas, untuk itulah Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara berikut ini.

Cara Mengatasi Aplikasi Telegram Yang Berhenti di Android

1. Membersihkan File Sampah
Guna mengatasi masalah aplikasi Telegram yang tiba-tiba berhenti di Android, Anda bisa membersihkan cache atau file sampah karena cache yang mengalami penumpukan akan bisa membebani kinerja Android sehingga menyebabkan berbagai macam masalah.

Untuk itulah maka sebaiknya Anda harus rajin membersihkan file sampah secara rutin agar tidak menumpuk, Anda bisa membersihkan file sampah secara manual maupun menggunakan aplikasi.

2. Menghapus Data Aplikasi Telegram
Hal kedua yang juga bisa Anda lakukan untuk mengatasi aplikasi Telegram yang bermasalah di Android adalah dengan menghapus data aplikasinya.

Cara yang satu ini dinilai cukup efektif untuk mengatasi masalah aplikasi Telegram yang sering menutup dengan sendirinya, perlu diketahui bahwa proses ini akan menghapus seluruh data yang sifatnya sementara pada aplikasi Telegram, Anda bisa masuk ke menu pengaturan aplikasi untuk melakukan penghapusan data sementara.

3. Update Telegram
Jika Anda mengalami masalah aplikasi Telegram yang tidak bisa dibuka di perangkat Android, maka Anda bisa mengatasinya dengan cara melakukan update atau memperbarui aplikasi Telegram.

Hal yang satu ini sangat penting untuk Anda lakukan karena jika Anda masih menggunakan aplikasi Telegram versi yang lama, maka ada kemungkinan versi tersebut masih memiliki beberapa bug yang akan menyebabkan beragam masalah sehingga Anda harus segera melakukan update ke aplikasi Telegram versi terbaru.

4. Instal Ulang Telegram
Cara lainnya yang juga bisa dilakukan untuk mengatasi masalah aplikasi Telegram yang sering berhenti sendiri di Android adalah dengan melakukan instal ulang aplikasi Telegram, pasalnya bisa saja masalah tersebut dikarenakan aplikasi Telegram yang terinstal di perangkat Android mengalami kerusakan.

Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan instal ulang aplikasi Telegram, namun tentu saja Anda harus menghapus aplikasi tersebut terlebih dahulu, barulah kemudian Anda bisa menginstalnya kembali dari Play Store.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Aplikasi Grab Yang Tiba-tiba Berhenti di Android

Apabila aplikasi Telegram di perangkat Android sering berhenti sendiri, maka tidak ada salahnya jika Anda mencoba beberapa cara yang telah disebutkan di atas untuk mengatasinya.

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama