Cara Mengatasi Android Lelet dengan 5 Langkah Ini

Cara Mengatasi Android Lelet dengan 5 Langkah Ini
Ilustrasi. (IST/NET)

RANCAH POST – Perangkat Android tidak selamanya bekerja dalam kondisi prima, terkadang ponsel akan terasa lambat kinerjanya karena beberapa sebab.

Misalnya penuhnya memori internal, RAM yang terbatas, hingga penggunaan launcher yang kurang kompatibel dengan perangkat ponsel.

Mengatasi Android lelet sendiri cukup mudah. Banyak cara yang bisa Anda gunakan. Misalnya dengan melegakan kapasitas penyimpanan, mengganti pengaturan ke yang lebih kompatibel dengan spesifikasi smartphone.

Dengan lima langkah sederhana ini, ponsel tetap bekerja maksimal. Anda tidak perlu membawanya ke service center dulu karena Android yang lelet bisa Anda atasi dengan beberapa pertolongan sederhana.

Banyaknya cache yang menumpuk juga bisa menjadi penyebab lainnya sehingga memerlukan penanganan tersendiri.

Jika penasaran apa saja cara mengatasi Android lelet, di bawah ini ulasan lebih lanjut untuk cara mudah dalam mengatasi Android lelet.

5 Cara Mengatasi Android Lelet

1. Hapus notifikasi di background
Notifikasi yang ditampilkan di latar belakang layar akan membuat smartphone lebih mudah lag. Selain itu akan membuat RAM dan memori internal lebih boros dayanya.

Maka dari itu Anda mesti rajin menghapus notifikasi di latar belakang. Tujuannya agar smartphone tetap bekerja cepat tanpa tumpukan notifikasi yang membuat kinerjanya lebih lambat.

2. Gunakan wallpaper statis
Wallpaper statis lebih hemat baterai. Selain itu mampu menghemat memori penyimpanan dan kinerja RAM. Dengan wallpaper statis, Anda bisa lebih mempercepat kinerja ponsel.

Jika smartphone Anda memiliki kapasitas RAM dan memori internal terbatas, sebaiknya jangan gunakan live wallpaper agar performa smartphone lebih terjaga.

3. Bersihkan data dan cache
Data aplikasi beserta cache-nya jika dibiarkan menumpuk akan membuat smartphone mengalami lag. Anda bisa membersihkan data dan cache aplikasi secara rutin.

Baik menggunakan aplikasi khusus pembersih atau dengan cara manual. Jika ingin membersihkan secara manual, masuk ke menu Setting. Kemudian klik aplikasi dan pilih aplikasi yang Anda inginkan. Klik bersihkan cache dan data aplikasi.

4. Bersihkan ruang penyimpanan internal
Selalu rutin bersihkan ruang penyimpanan. Baik dari cache, aplikasi tidak terpakai, sampai data yang sudah lama tersimpan. Hapus berbagai data yang tidak digunakan agar kondisi memori penyimpanan lebih lega.

Anda juga bisa rutin memindahkan file ke memori eksternal untuk melegakan ruang penyimpanan. Jika memori internal lega, smartphone pun tidak mudah lag.

5. Hapus aplikasi tidak terpakai
Mengunduh terlalu banyak aplikasi akan membuat memori internal cepat penuh. Meskipun dipindahkan ke memori eksternal, sistem yang berjalan dari aplikasi masih tersimpan di memori internal.

Jika kapasitasnya cepat penuh, ponsel akan mudah mengalami lag. Pastikan aplikasi yang tidak terpakai dihapus beserta cache-nya. Dengan cara tersebut, ruang penyimpanan pun lebih lega.

BACA JUGA: Cara Membersihkan Android Agar Kinerja Menjadi Cepat

Demikian beberapa cara agar Android tidak lagi mengalami lelet. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba!

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama