RANCAH POST – Menurut keterangan Rasdullah dari Sebaja (Serikat Becak Jakarta), becak di Jakarta akan menggunakan tenaga surya, bukan dikayuh.

Nantinya, becak listrik itu akan dijadikan moda transportasi online dengan nama ‘Beol Cepirit’. Nama becak beol cepirit sendiri merupakan singkatan dari becak online dan cepat.

“Sebutannya be’ol cepirit alias becak onlien cepat dan irit,” kata Rasdullah, Kamis (15/11/2018).

Diterangkan Rasdullah, becak online beol cepirit itu berbeda dengan becak-becak sebelumnya. Jika hendak belok, roda belakanganya yang akan belok.

“Kalau becak yang ada itu kan kalau belok ban depannya yang belok. Kalau becak listrik, roda belakangnya yang belok,” ujar Rasdullah.

Masih dikatakan Rasdullah, sudah tersedia 60 unit becak yang 3 di antaranya sedang dilakukan uji coba.

Nantinya, becak online bertenaga surya itu tidak akan dioperasikan di jalanan umum, tapi di sejumlah tempat wisata yang ada di Jakarta.

Sementara itu, nama becak online cepat dan irit yang disingkat beol cepirit rupanya hanya candaan semata.

Hal ini sebagaimana diutarakan pendamping Serikat Becak Jakarta (Sebaja) yang juga Koordinator Advokasi Urban Poor Konsorsium Gugun Muhammad.

Menurut Gugun, nama itu sebenarnya tidak pernah ada, cuma candaan di kalangan mereka. “Itu candaan pas kita ngobrol, ketika diwawancara Pak Rasdullah kelepasan,” ucap Gugun, Sabtu (17/11/2018).

“Meski kelepasan, saya membaca Pak Rasdullah punya angan-angan becak bisa sebanding dengan Grab dan Go-Jek,” imbuh Gugun.

Berdasarkan penjelasan Gugun, becak listrik itu dibuat untuk membantu pengemudi becak yang sudah berusia lanjut.

BACA JUGADitemukan Lemas di dalam Becak, Kakek ini Ternyata Simpan Uang Puluhan Juta di Bawah Jok, Kisahnya Mengharukan

“Tujuannya bukan untuk mempercepat laju becaknya, tapi untuk membantu pengemudi yang sudah tua agar tidak capek. Kalau pengemudinya sudah capek, listriknya bisa dinyalakan, jadi membantu mengurangi tenaga pengemudinya,” tukas Gugun.

Share.

Leave A Reply