RANCAH POST – Belum lama ini media sosial digegerkan dengan beredarnya sebuah video yang memperlihatkan sejumlah anak-anak berseragam Pramuka.

Video anak-anak berseragam Pramuka itu menjadi heboh lantaran mereka diajak untuk menyerukan yel-yel ‘2019GantiPresiden’.

Pada permulaan video anak-anak Pramuka serukan ‘2019 ganti presiden’, nampak terdengar seorang pria bertakbir yang kemudian diikuti oleh para siswa-siswa tersebut.

Kemudian dalam video dengan durasi sekitar 20 detik itu terdengar kata ‘2019’, para siswa pun kemudian menimpalinya dengan ‘ganti presiden’ sambil mengangkat tangannya.

Tidak hanya satu kali, anak-anak berseragam Pramuka itu kembali meneriakan ‘ganti presiden’ setelah pria dalam video itu menyerukan kata ‘2019’.

Di media sosial semisal Twitter, video ‘2019 Ganti Presiden’ yang diteriakkan anak-anak berseragam Pramuka mendapat tanggapan dari Gus Ipul yang tak lain Kakwarda Pramuka Jawa Timur.

Saya protes keras thp video yg sengaja mempolitisasi Pramuka & membawa anak2 ke politik praktis.

Kpd siapapun yang sengaja membuatnya harus mempertanggungjawabkan dan segera meminta maaf. Kepada Ka @kwarnas mohon segera memproses scr hukum.

Saifullah Yusuf
KaKwarda Pramuka Jatim

Postingan Gus Ipul, nama lain dari Saifullah Yusuf itu pun mendapat tangapan beragam dari para netizen.

@Algibrani3: “Betul sekali pak, ini harus ditindak secepatnya sdh membawa atribut Pramuka untuk ajang politik.”

@bonihargens: “Ini nmanya “transfer ketidakwarasan sosial” kpd anak didik. Guru hrs dihukum tegas dlm kasus ini!”

@HaeriSogl: “Ini termasuk salah satu cara2 biadab…ini terpaksa saya sampaikan krn demi kekuasaan dan jabatan menghalalkan berbagai cara termasuk mempolitisasi dan memobilisasi Pramuka… Pramuka merupakan wadah bagi penerus Bangsa dgn pendidikan yg mengedepankan moralitas dan kemandirian.”

@nagara_ikrar: “Gerakan kepanduan harus steril dr berbagai kepentingan politik. Siapapun yg memanfaatkan Gerakan Pramuka ditunggangi kepentingan politik praktis mesti di kecam! Setuju Kang @ridwankamil.”

BACA JUGAMuncul Spanduk Penolakan Deklarasi 2019 Ganti Presiden dan J2Periode di Ciamis

@kotak500m: “Mereka mengunakan semua situasi dan acara serta fasilitas untuk berbuat hal seperti ini apa hidup mereka gak di ajarkan beretika.”

Share.

Leave A Reply