RANCAH POST – Apa kalian termasuk orang yang punya kebiasaan menggigit kuku? Kalau iya, sebaiknya segera hentikan kebiasaan buruk itu.

Sebab jika kalian terus melakukannya, mungkin kalian akan mengalami hal serupa seperti yang dialami oleh seorang mahasiswi berikut ini.

Seorang mahasiswi bernama Couretney Whithorn berusia 20 tahun mempunyai kebiasaan buruk.

Ketika ia sedang merasa gugup atau merasa terintimidasi di sekolah, Courtney akan menggigit kuku jempolnya.

Kebiasaan itu suda dilakukannya sejak tahun 2014 silam. Akibat dari kebiasaan buruknya itu ibu jari Courtney mulai berubah jadi hitam.

Karena malu, dia pun menyembunyikannya dari keluarga dan juga teman-temannya selama empat tahun.

Hingga akhirnya kondisi kuku Courtney dilihat oleh seorang dokter, yang tak lain adalah temannya yang merupakan mahasiswa psikologi.

Menurut temannya, kuku Courtney sudah menyebabkan trauma pada dasar kuku dan sudah berkembang jadi kanker langka, yang dikenal sebagai acral lentiginous subungual melanoma.

Karena tak percaya dengan hal itu, Courtney pun kemudian bertemu dengan dokter dan itu semua memang benar. Akhirnya ia didiagnosis pada Juli lalu.

Courtney yang tinggal di Brisbane itu harus menjalani beberapa operasi untuk mengangkat kanker dan menyelamatkan jempolnya.

Tapi sayang, karena kondisi jempolnya yang sudah sangat memprihatinkan, dokter pun terpaksa harus mengamputasi jempolnya.

Dr Nis Sheth, konsultan dermatologis & juru bicara British Skin Foundation mengatakan bahwa selain kebiasaan menggigit kuku, kondisi Courtney juga disebabkan karena trauma fisik.

BACA JUGA: Beberapa Kebiasaan Buruk wanita Yang Membuat Wajah Tampak Lebih Tua

Terakhir Courtney berpesan kepada semua orang agar tidak melakukan apa yang sering dilakukan olehnya, yakni menggigit kuku.

Share.

Leave A Reply