Sabtu, 8 Agustus 2020
Beranda Teknologi Sosial Media Tangkap Dua Ekor Burung Keramat Suku Dayak, Pria ini Bikin Netizen Geram

Tangkap Dua Ekor Burung Keramat Suku Dayak, Pria ini Bikin Netizen Geram

RANCAH POST – Dari sekian banyak satwa yang tersebar di seluruh Indonesia, ada beberapa hewan yang memang dikategorikan sebagai satwa yang dilindungi.

Pemerintah melindungi hewan-hewan tersebut karena populasinya yang semakin langka. Jika tidak dilindungi, maka akan punah diburu oleh pemburu liar.

Dan salah satu jenis hewan yang dilindungi adalah burung enggang. Entah karena tidak tahu burung satu ini dilindungi, masih saja banyak pemburu yang menjadikannya sebagai target buruan.

Seperti halnya yang dilakukan oleh pria asal Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah ini. Belum lama ini akun Facebook Yuli memposting foto pria bernama Rinto yang diduga suaminya yang sedang memegang dua burung hasil buruannya.

Sambil mengalungi senapan angin miliknya, Rinto menenteng dua ekor burung enggang. Postingan itu pun kemudian menjadi viral sampai diunggah ulang oleh akun @pembelasatwaliar.

Pelaku yang diduga bernama Rinto itu tinggal di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Pria itu memburu burung enggang di wilayah Kolonodale, Morowali Utara.

Sebagaimana tertulis dalam peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia tentang penetapan jenis tumbuhan dan satwa yang dilindungi.

Burung enggang atau juga biasa disebut burung rangkong ini namanya ada di daftar 564 satwa yang dilindungi.

Selain dilindungi, burung yang memiliki bulu indah dan hiasan kepala yang khas itu juga dianggap penting oleh suku Dayak. Burung rangkong ini juga dijadikan sebagai simbol keramat oleh mereka.

Hampir keseluruhan bagian tubuh burung enggang disimbolkan dalam kehidupan masyarakat. Misalnya rumah adat, baju adat hingga tato yang melambangkan burung tersebut.

Foto di atas diungguh pada 13 Agustus oleh pemilik akun Facebook atas nama Yuli yang diduga sebagai istri pelaku. Sebagaimana di dalam foto tersebut, tampak seorang pria menenteng hasil buruan menggunakan #senapanangin. Buruan tersebut adalah burung jenis #enggang yang termasuk #satwadilindungi. Kasus seperti ini acap kali terjadi. Kami berharap kepada aparat penegak hukum agar dapat meringkus para pelaku. Pelaku diduga bernama Rinto, tinggal di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Melakukan perburuan di wilayah Kolonodale, Morowali Utara. Jika memerlukan informasi lebih dalam, kami dapat membantu melalui DM. ### @kementerianlhk @siti.nurbayabakar @gakkum_klhk @konservasi_ksdae @inungwiratno @gakkummanado @rangkongid @animalstoriesindonesia.id . #pembelasatwaliar #rangkong #enggang #terorsenapanangin

A post shared by Pembela Satwa Liar (@pembelasatwaliar) on

Usai di posting, foto-foto pria pemburu itu pun kemudian mejadi viral dan mendpaat beragam komentar dari netizen.

akasia_mangium, “Eh ini apaan. Mereka juga mau hidup,. Segera tindak min. Udah tau itu binatang khas kalimantan. Masih aja di buru.”

titohanm_24, “Ayo dong, mau sampai kapan perburuan liar terjadi? Sampai punah baru selesai?”

BACA JUGA: Pamer Kucing Hutan Hasil Buruan, Akun FB Vita Tri Yuliani Diserbu Netizen

harrisaji, “Udah rusak kali ya otak nya bangga bgt udah ngebunuh hewan 😤”

_ftrhrdy_, “Ini julang kan? Ya Allah, kok makin kesini makin banyak manusia berotak tapi gak dipakai otaknya😠”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,200FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan