BERITA CIAMIS, RANCAH POST – Keresahan tengah dirasakan warga Desa Cikupa Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, beberapa pekan terakhir.

Pasalnya, macan yang berasal dari Gunung Sawal Ciamis nampak beberapa kali turun ke pemukiman warga dan memangsa sejumlah hewan ternak milik warga.

Adanya penampakan Macan Gunung Sawal bukan kali pertama terjadi. Bahkan beberapa tahun sebelumnya, warga berhasil menangkap dan menyerahkan macan itu ke BKSDA.

Terakhir kali warga Desa Cikupa Kecamatan Lumbung melihat macan kumbang itu pada Agustus 2015 dan Maret & Oktober 2016.

Karena meresahkan, warga dan BKSDA Ciamis Jawa Barat menangkap macan tersebut yang kemudian dilakukan rehabilitasi sebelum mengembalikan hewan tersebut ke habitat aslinya.

Belakangan, macan kumbang Gunung Sawal itu kembali menampakkan batang hidungnya, ada warga yang melihat tapak kaki binatang buas tersebut.

Hewan ternak seperti ayam dan kambing pun tak diketahui rimbanya diduga dimangsa oleh macan tersebut. Bukan itu saja, warga pun tak berani pergi ke kebun sendirian khawatir jadi mangsa.

“Belakangan ini ada macan yang kembali turun ke pemukiman warga,” terang Asna, tokoh masyarakat setempat, Selasa (26/6/2018), sebagaimana dilansir Detik.

Akibatnya, lanjut Asna, warga sempat khawatir keluar pada malam hari dikarenakan takut diserang tiba-tiba oleh macan tersebut.

“Sementara ini warga memindahkan hewan ternaknya untuk meminimalisir kerugian, penjagaan kandang ternak pun diperketat,” kata Asna.

Teror macan tutul Gunung Sawal itu dibenarkan Kasi Pemerintahan Desa Cikupa Jajang Nurdin. “Untuk menanganinya, kami langsung melakukan koordinasi dengan BKSDA Ciamis,” ucap Jajang.

Adanya macan yang turun ke pemukiman warga itu dibenarkan Kepala Resort KSDA Gunung Sawal Warid. Pihak BKSDA Ciamis pun langsung melakukan penghalauan.

BACA JUGA: Di Ciamis, Binatang Buas Satroni Pemukiman Warga

“Kami halau menggunakan petasan agar macan itu kembali ke atas,” terang Warid.

Share.

Leave A Reply