Peringati Hari Lahir Pancasila 2018, Ini yang Dilakukan Lapas Ciamis

Peringati Hari Lahir Pancasila 2018 Ini Yang Dilakukan Lapas Ciamis
Peringati Hari Lahir Pancasila 2018 Ini Yang Dilakukan Lapas Ciamis

BERITA CIAMIS, RANCAH POST – Sebagamana diketahui, 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila.

Sejumlah pihak memperingati Hari Pancasila tersebut, tak terkecuali Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Ciamis Jawa Barat.

Dalam peringatan Hari Lahir Pancasila 2018 yang berlangsung pada Jumat (1/6/2018) itu, Lapas Ciamis punya cara tersendiri untuk memperingatinya.

Bertepatan dengan bulan Ramadhan 1439 H, Lapas Ciamis menggelar peringatan Hari Lahir Pancasila dengan berbagi takjil kepada para pengendara yang melintas di depan kantor lapas.

Acara bagi-bagi takjil yang berlangsung pada Kamis (31/5/2018) kemarin itu, kata Dudung selaku ketua pelaksana bertajuk ‘Tebar Takjil, Tebar Nilai-Nilai Pancasila’.

Tujuannya, lanjut Dudung, menjalankan 5 tata nilai Pancasila, mengamalkan Pancasila, mengamankan Pancasila, menghormati lembaga negara, memaknai lahirnya Pancasila, dan menjaga persatuan dan Kesatuan.

“Adapun takjil yang kami bagikan kepada para pengguna jalan yang melintas sebanyak 500. Kami berharap kegiatan yang dilaksanakan di bulan Ramadhan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat,” ucap Dudung, dilansir Harapan Rakyat.

BACA JUGA: Peringatan Hari Lahir Pancasila Dipusatkan di Blitar

Adapun sebagaimana diutarakan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Ciamis, Gumilar Budirahayu, tantangan kebangsaan saat ini adalah persaingan antar bangsa dan pengaruh globalisasi yang semakin meluas.

Pancasila sebagai ideologi negara semoga kita bisa memaknainya sebagai sistem kehidupan nasional yang meliputi aspek etika atau moral, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan dalam rangka pencapaian cita-cita dan tujuan bangsa yang berlandaskan dasar negara.

Loading...

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama