30.9 C
Ciamis
BerandaTeknologiTips n TrikDua Cara Screenshot Vivo V9, Lengkap dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Dua Cara Screenshot Vivo V9, Lengkap dengan Kelebihan dan Kekurangannya

RANCAH POSTCara Screenshot Vivo V9. Setelah dinanti cukup lama, Vivo kembali meluncurkan ponsel anyar di seri andalan Vivo V9 tahun ini. Dan seperti biasa, dengan kemunculan ponsel baru, tentu ada banyak hal baru yang perlu dipelajari. Meski kebanyakan fungsi smartphone dari merek yang sama biasanya dibuat lebih identik satu sama lain, baik berbeda seri dan generasi sekalipun.

Khususnya mereka yang menggunakan OS atau User Interface serupa, meski tetap tidak lepas dari adanya beberapa fitur dan fungsi baru, yang hadir bersama update software baru. Termasuk cara screenshot pada Vivo V9 yang sejatinya perlu Anda ketahui lebih dahulu.

Terlebih jika Anda merupakan pengguna baru seri Vivo V, dan memulai di model V9 ini. Toh tidak ada salahnya sedikit mencari tahu dan belajar mengenai cara melakukan screenshot pada Vivo V9 terbaru dengan baik dan benar.

Vivo V9 sendiri hadir dengan menawarkan desain baru, yang bisa dibilang berbeda dengan beberapa model pendahulu. Khususnya model lawas seperti Vivo V5 dan seri sebelumnya. Khususnya pada bagian layar ponsel yang kali ini datang dengan desain FullView.

Walau sedikit mirip atau setidaknya sekonsep dengan layar penuh pada Vivo V7, perbedaan pada desain kedua ponsel ini tidak bisa diabaikan. Khususnya kehadiran Notch pada bagian atas layar.

Vivo V9 juga tidak menawarkan tombol home fisik, yang berpengaruh pada kemungkinan adanya perbedaan pada cara screenshot Vivo V9 ini. Ponsel ini cuma dilengkapi tiga buah tombol fisik, sama seperti kebanyakan hp Android. Yakni dua tombol volume up dan down. Serta satu tombol power.

Hal ini menambah mudah cara screenshot Vivo V9, karena kurang lebih takkan jauh beda dari kebanyakan hp dengan OS Android di pasaran. Jadi tidak akan menemukan banyak kesulitan, terutama jika sebelumnya Anda menggunakan hp Android juga.

Nah, supaya tidak lebih panjang lebar lagi, langsung saja kita bahas mengenai cara screenshot Vivo V9 ini.

Cara Screenshot Vivo V9

Pada dasarnya ada dua cara screenshot Vivo V9. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Silahkan simak.

Cara Screenshot Vivo V9 dengan Tombol Fisik

Sebagaimana dikatakan sebelumnya, bahwa ponsel ini cuma dilengkapi 3 tombol yang tampak seperti dua tombol berbeda ukuran.

Adapun untuk cara screenshot layar Vivo V9 ini, kita akan bisa menggunakan tombol fisik tersebut untuk mendapatkan hasil dengan cara instan atau lebih cepat.

Untuk melakukannya, Anda akan menggunakan dua tombol kombinasi. Yakni tombol volume Down dan tombol home.

Langkah demi langkah mengambil screenshot pada Vivo V9 dengan tombol fisik adalah sebagai berikut :

1. Pastikan layar dalam kondisi terunlock / menyala (tidak terkunci).

2. Pilih bagian yang akan diambil screenshot, dan pastikan sudah pas, agar tidak perlu mengulangi.

3. Taruh dua jari tangan Anda pada tombol power dan tombol volume down (-).

4. Tekan kedua tombol tadi secara bersamaan selama 5 detik, hingga muncul bunyi cekrek, atau suara shutter kamera. Biasanya akan disertai dengan animasi pengambil screenshot pada layar.

5. Jika berhasil, Anda akan bisa menemukan hasil screenshot Vivo V9 tadi di menu galery. Pada folder Screenshot.

Cara ini sebenarnya mudah, namun bisa dikatakan juga cukup ribet. Karena Anda harus menekan dua tombol bersamaan, dalam kondisi tertentu, cara ini kurang efektif.

Kelebihan dari cara screenshot Vivo V9 dengan tombol fisik, ada pada kondisi, dimana Anda ingin mengambil hasil screenshot sesuai apa yang ada di layar, tanpa mengoprek bagian interface. Misalnya ingin memoto bagian panel notifikasi, yang tidak terambil jika menggunakan software.

Cara Screenshot Vivo V9 Tanpa Tombol / Dengan Software

Tenang, di sini Anda tidak perlu repot mengunduh dan menginstall aplikasi screenshot Vivo V9. Karena fitur atau aplikasi ini sudah terpasang bersama OS Android dari Vivo. Jadi tinggal cari tombol virtualnya, sekali pencet dan jadi.

Untuk melakukan screenshot Vivo V9 via software ini lebih mudah sebenarnya. Berikut langkah-langkahnya.

1. Buka layar ponsel. Atau pastikan layar dalam kondisi unlock dan menyala.

2. Pilih bagian yang ingin diambil screenshot-nya.

3. Tarik panel notifikasi dari atas ke bawah. Cari icon Screenshot atau tangkapan layar.

4. Layar akan berkedip sembari muncul suara Shutter kamera. Ini artinya screenshot sudah berhasil.

5. Nanti hasil screenshot bisa kamu cek di galery.

Seperti halnya cara screenshot Vivo V9 dengan tombol fisik. Cara ini juga memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan tersendiri.

Misalnya pertama, kelebihannya tentu lebih gampang karena bisa menggunakan satu jari saja.

Kekurangannya, cara ini tidak bisa dipakai dalam beberapa kondisi. Pertama layar rusak, atau Anda tidak bisa mengoperasikan layar sentuh. Jelas tidak bisa.

Kedua semisal hp Vivo V9 Anda mengalami error, dan tidak bisa membuka notifikasi, atau ada hal lain seputar software yang menghalangi, jelas juga tidak bisa.

Dan terakhir, jika Anda ingin mengambil screenshot dimana layar menampilkan panel notifikasi, cara screenshot Vivo V9 dengan software ini takkan bisa dipakai. Karena ketika digunakan, secara otomatis bagian panel notifikasi akan ditutup.

BACA JUGA : Spesifikasi dan Harga Vivo V9, Selfie AI, Layar FullScreen dengan Kamera Ganda

Oke, demikianlah dua cara screenshot Vivo V9, lengkap dengan pembahasan mengenai kelebihan serta kekurangannya masing-masing.

Stay Connected

104,855FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,256PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here