Spesifikasi dan Harga Oppo A1, Terjangkau dengan Fitur Pengenal Wajah Serta Layar Penuh

Harga Oppo A1
Harga Oppo A1

RANCAH POSTHarga Oppo A1. Belum lama ini Oppo juga baru saja merilis sebuah ponsel keren di China. Ponsel ini dinamai Oppo A1, yang jika melihat namanya, sepertinya ia memang hadir untuk menggulingkan popularitas Xiaomi Mi A1 yang kian meroket di pasaran.

Oppo A1 ini sendiri hadir degan tanpa membawa beberapa fitur, yang bisa dikatakan sebagai ciri khas dari sejumlah ponsel kelas mid-range keatas. Misalnya seperti sendor pemindai sidik jari yang absen pada seri satu ini.

Namun sebagai gantinya, ada beberapa hal menarik pada spesifikasi Oppo A1. Seperti kehadiran fitur pengenal wajah, kemunculan layar Full Screen, serta sejumlah fitur keren lainnya.

Selain itu, bagian paling menarik dari ponsel ini juga adalah pada harga Oppo A1 yang dibanderol lebih terjangkau dibandingkan ponsel kakap Oppo lainnya.

Lalu, bagaimanakah spesifikasi dan harga Oppo A1. Apakah setara dan mampu menghadapi kemapanan dari Xiaomi Mi A1, atau lebih tangguh? Mari simak dalam review berikut ini.

Spesifikasi Oppo A1

Oppo A1 hadir dengan menawarkan spesifikasi andal. Sebuah layar FullView disematkan pada bagian muka ponsel ini. Layar itu sendiri menggunakan teknologi panel S-IPS LCD dengan ukuran cukup kompak di zaman layar penuh ini, yakni 5,7 inci.

Layar Oppo A1 ini juga memiliki kerapatan cukup tinggi, mencapai 282ppi, dengan resolusi HD+ 720 x 1440 piksel. Dan tentu saja, rasio layar keren ini adalah 18:9, rasio yang banyak digunakan oleh ponsel kekinian saat ini.

Sayangnya, Oppo sama sekali tidak menganggap perlu, melapisi panel layar tersebut dengan perlindungan khusus. Misalnya seperti Gorilla Glass dari Corning, yang menurut catatan tidak disematkan pada Oppo A1.

Kekurangan Oppo A1 satu ini sedikit terobati, karena secara pada bagian depan disematkan desain 2.5D glass, yang membuat layar lebih lengkung dan terasa lebih keren.

Meski demikian, performa di bagian dalam ponsel jelas tidak boleh diremehkan. Cukup anteng dan setia dengan prosesor buatan MediaTek, ada dugaan jika ponsel Oppo A1 ini menggunakan chipset kembangan MediaTek.

Tapi belum ada bukti menyeluruh, dan bisa saja mereka menggunakan chip Snadpragon kali ini. Memang sedikit aneh, karena bagian chipset pada Oppo A1 ini sama sekali belum diungkap. Baru diketahui bahwa ponsel ini menawarkan performa dari CPU octa-core.

Yang pasti, prosesor tersebut diperkuat dengan hadirnya dukungan memori 4GB RAM dan 64GB ROM yang dikombinasikan untuk memberikan performa maksimal pada handset gaya satu ini.

Membahas soal kamera, kita akan kembali menyerempet persoalan prosesor. Karena kabarnya, kamera Oppo A1 dapat menangkap foto dengan kualitas setara foto 50 megapiksel, dan bisa bebas di zoom-in atau zoom-out sesuka hati.

Padahal kamera utama yang dipakai pada ponsel ini cuma memiliki resolusi 13MP. Sehingga muncul pula spekulasi, bahwa prosesor yang dipakaipun merupakan prosesor kelas atas yang sudah teruji dan matang performanya.

Sementara untuk kamera selfie, ponsel ini menawarkan sensor 8MP, yang juga dibekali beberapa kemampuan, untuk menyeimbangkan kualitas dan kebolehannya.

Oppo A1 ini juga dibekali dukungan OS Android 7.1 Nougat sebagai OS bawaan. Yang sayang memang karena tidak terlalu kekinian, namun juga tak terlalu ketinggalan.

Adapun fitur konektivitas pada ponsel ini, mencakup beberapa teknologi mapan dan matang. Misalnya seperti dukungan 4G LTE, teknologi WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.2, dukungan FM Radio, fungsi GPS, serta port microUSB v2.0 untuk pengisian daya dan transfer data.

Baterai yang digunakan pada model ponsel Oppo A1 ini adalah teknologi baterai Li-ion yang dipasang non-removeable, dengan kapasitas hingga 3180 mAh. Sayangnya belum ada fitur fast charging pada ponsel ini. Serta tidak adanya sensor pemindai sidik jari.

Sebagai gantinya, Oppo menawarkan teknologi pengenal wajah, yang menurut mereka sudah cukup mumpuni untuk digunakan konsumen di Indonesia.

Spesifikasi dan Harga Oppo A1, Terjangkau dengan Fitur Pengenal Wajah Serta Layar Penuh
Oppo A1

Spesifikasi Lengkap Oppo A1

JaringanGSM / HSPA / LTE
Layar S-IPS LCD, 5,7 inci, 720 x 1440 piksel, 282ppi, 18:9
OSAndroid 7.1 Nougat (ColorOS)
ChipsetOcta-core
MemoriRAM 4GB, 64GB ROM, microSD 128GB
Kamera Utama13MP f/2.2, PDAF, LED Flash
Kamera Depan8MP
WLANWiFi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, Hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYa dengan A-GPS
USBmicroUSB v2.0
Sensor Accelerometer, Proximity Sensor
BateraiLi-ion 3180 mAh, Non-removeable
WarnaBlue, Red, White
Harga Rp3.099.000,- (perkiraan)

Harga Oppo A1

Sayangnya, Oppo A1 sampai saat ini masih belum resmi hadir di Indonesia. Selain itu, belum jelas juga apakah ponsel ini memang akan meluncur di tanah air atau tidak, dan kapan tepatnya jika memang akan meluncur di negara kita masih belum jelas.

Yang pasti, saat ini harga Oppo A1 dibanderol cukup terjangkau di China, yang artinya jika meluncur di Indonesia nanti, ia juga akan ditawarkan dengan harga yang tidak terlalu tinggi.

Saat ini ponsel baru tersebut sudah tersedia di China. Dan harga Oppo A1 di sana dibanderol mulai CNY1.399 atau setara dengan harga Rp3 jutaan menurut kurs saat ini.

Oppo A1 sendiri hadir dalam beberapa pilihan warna, diantaranya adalah Blue, Red dan White, yang bisa dikatakan bukanlah warna yang lagi trendi belakangan ini. Namun cukup digemari, khususnya oleh fans Oppo, karena dinilai menghadirkan nuansa baru dibanding ponsel vendor sebelah.

BACA JUGA :

Demikian itulah review harga dan spesifikasi Oppo A1. Pilihan ponsel Oppo untuk Anda yang kurang menyukai, atau tidak membutuhkan seri tinggi dengan fitur dan kemampuan segudang, namun cukup trendi, ramah di kantong dan bisa diandalkan.

Loading...

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama