Komikus Onan Hiroshi Sujud Minta Maaf Usai Gambarkan Presiden Jokowi Seperti Pengemis dalam Komik Satire

Komikus Onan Hiroshi Sujud Minta Maaf Usai Gambarkan Presiden Jokowi Seperti Pengemis dalam Komik Satire
Komikus Onan Hiroshi Sujud Minta Maaf Usai Gambarkan Presiden Jokowi Seperti Pengemis dalam Komik Satire

RANCAH POST – Beberapa pekan lalu, komikus Onan Hiroshi mengunggah komik strip satire yang merupakan sindiran terhadap proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Dalam komik satire yang diunggah ke lini masa media sosial pada Jumat (23/2/2018) lalu, komikus Jepang Onan Hiroshi menggambarkan Presiden Jokowi sebagai pengemis.

Dalam komik strip buatannya, Hiroshi memberi judul ‘pengemis kereta berkecepatan tinggi’.

Komikus asal Jepang Onan Hiroshi dalam komik menggambarkan Inodonesia menemui kata sepakat dengan Jepang ihwal pembangunan kereta cepat.

Pakar asal Jepang pun digambarkan bekerja keras membuat format rencana tersebut, termasuk mencari data pembangunan proyek.

Selanjutnya, Onan Hiroshi menggambarkan Jepang sukses melakukan studi dan mengumpulkan data terkait proyek yang kemudian diserahkan kepada Indonesia.

Akan tetapi setelah data diterima, pemerintah Indonesia justru menyerahkan pembangunan proyek itu kepada pemerintah Cina.

Masih dalam komik tersebut, wakil dari Jepang terlihat menangis lantaran Indonesia menjatuhkan pilihan membangun proyek itu pada Cina karena Cina menawarkan harga yang murah.

Pada komik selanjutnya, Hiroshi menggambarkan kondisi pasca 2 tahun kesepakatan antara Indonesia dan Cina membangun proyek kereta tersebut.

Di dalamnya, terlihat Presiden Tiongkok Xi Jinping menyilangkan tangan tanda belum mampu menyelesaikan proyek itu.

Presiden Jokowi pun terlihat memegang kepalanya sambil membayangkan kereta dan Pilpres 2019. Presiden RI itu pun kemudian digambarkan mendatangi PM Jepang Shinzo Abe.

Dengan posisi tubuh membungkuk, Presiden Jokowi digambarkan memohon kepada Abe agar Jepang mau mengambil proyek itu dari pemerintah Cina.

Namun PM Jepang itu membisu. Di samping Abe, terlihat ada warga Jepang yang melemparkan batu ke arah Jokowi karena marah. Warga yang melemparkan batu itu digambarkan mengejek Jokowi sebagai pengemis.

Saking viralnya, komik satire Onan Hiroshi itu dibagikan dan dikomentari hingga ribuan kali sehari setelah dipublikasikan melalui Facebook dan Twitter.

Namun setelah dua hari mempublikasikan komiknya, Hiroshi menyampaikan permohonan maaf. Ia tak menyangka komiknya itu menuai kecaman lantaran dianggap mengolok-olok orang nomor satu di Indonesia.

“I,m sorry. beggar is over Excessive demands. I was heat up. but now cooldown. Mr,president JOKOWI and Indonesian everyone,and Indnesia gov I,m Really sorry. I am shame. I take back picture.I,m sorry.” tulis Hiroshi pada akun Twitternya.

BACA JUGA: VIDEO Presiden Jokowi Jadi Imam Shalat dengan Makmum Presiden dan Pejabat Afghanistan Viral

Bukan sekedar permintaan maaf, dalam cuitannya Hiroshi juga menyertakan foto yang memperlihatkan seseorang tengah bersujud seperti meminta ampun.

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama