3 Cara Screenshot Xiaomi Redmi 5A dan Redmi 5A Prime Mudah Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Screenshot Xiaomi Redmi 5A dan Redmi 5A Prime
Cara Screenshot Xiaomi Redmi 5A dan Redmi 5A Prime

RANCAH POSTCara screenshot Xiaomi Redmi 5A dan Redmi 5A Prime. Tentunya, nama Xiaomi Redmi 5A ini bukanlah sesuatu yang asing bagi para fans sejati Xiaomi. Bahkan yang bukan merupakan fans sejatipun, belakangan mulai melirik brand asal China ini semenjak hadirnya Redmi 5A di tanah air.

Jangan tanya apa alasannya, karena sudah jelas, bahwa banderol harga Xiaomi Redmi 5A super terjangkau yang nyaris bisa dikatakan tidak masuk akal-lah biangkeroknya.

Bagaimana tidak demikian, Xiaomi sendiri memang sejak awal sudah membuat konsumen dan MiFans di Indonesia terkejut, ketika membanderol harga Redmi 5A dibanderol Rp999.000.

Kehadiran hp Xiaomi terbaru ini juga membawa beberapa pertanyaan. Salah satunya adalah mengenai bagaimana cara screenshot Xiaomi Redmi 5A dan Redmi 5A Prime yang benar, mudah dan cepat tanpa bantuan aplikasi tambahan yang musti repot diinstall terlebih dahulu.

Jawabannya sebenarnya cukup sama dengan cara screenshot hp Xiaomi semua seri, khususnya yang menggunakan MIUI. Meski kemarin, ada sedikit perbedaan dalam cara screenshot Xiaomi Mi A1 yang memang tidak dibekali MIUI, melainkan Stock Android One.

Nah, lalu seperti apakah cara Screenshot hp Xiaomi Redmi 5A dan Redmi 5A Prime ini? Berikut kita bahas.

Cara Screenshot Xiaomi Redmi 5A dan Redmi 5A Prime

Mengapa kita membahas 3 cara? Karena sebenarnya memang ada 3 cara screenshot hp Xiaomi Redmi 5A yang mudah tanpa bantuan aplikasi tambahan apapun.

Ketiga cara screenshot ini sudah ditanamkan pada MIUI dan merupakan salah satu fitur andalan mereka. Meski ada fitur yang memberikan cara mudah, namun perlu mengaktifkan fungsi tertentu.

Ada juga cara screenshot Xiaomi Redmi 5A yang lebih cepat dengan tombol fisik. Atau yang lebih praktis dengan sekali pijit. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Cara Screenshot Xiaomi Redmi 5A dan Redmi 5A Prime dengan Tombol Fisik

Cara ini yang paling familiar, khususnya di kalangan pengguna hp Android. Adapun untuk cara screenshot hp Xiaomi Redmi 5A dengan tombol fisik ini akan menggunakan dua tombol fisik utama di bagian sisi ponsel.

Tombol tersebut tidak lain adalah tombol power yang digunakan untuk mengunci layar, mematikan dan menghidupkan ponsel.

Serta tombol volume (-) yang posisinya berada diatas tombol power dan diantara tombol power dengan tombol volume (+) yang ditaruh di bagian paling atas.

Untuk melakukan screenshot layar Xiaomi Redmi 5A ini, cukup pilih atau arahkan tampilan layar ke posisi yang ingin diambil screenshot-nya. Kemudian tekan tombol power dan tombol volume (-) secara bersamaan.

Cara Screenshot Xiaomi Redmi 5A dan Redmi 5A Prime Mudah Tanpa Aplikasi Tambahan

Ingat, secara bersamaan. Karena telah sedikit saja, screenshot bisa gagal. Dan Anda malah akan menurunkan volume suara hp Redmi 5A atau mengunci layar.

Jika screenshot berhasil, akan muncul bunyi ‘cekrek’ seperti shutter kamera.

2. Cara Screenshot Xiaomi Redmi 5A dan Redmi 5A Prime dan tanpa Tombol Fisik

Cara kedua ini juga lazim dan populer di kalangan pengguna hp Xiaomi. Sebenarnya, Xiaomi sudah menaruh tombol screenshot. Yang jika ditekan akan langsung mengambil screenshot layar.

Tombol ini ditaruh pada notification bar, disamping tombol shortcut lainnya.

Anda juga bisa memilih untuk menampilkan dan menyembunyikan tombol tersebut melalui menu notification bar.

Cara melakukan screenshot Redmi 5A dan Redmi 5A Prime tanpa tombol fisik ini juga cukup mudah.

Tinggal pilih tampilan layar yang ingin diambil, kemudian buka notification bar, dan tekan tombol screenshot.

Hanya saja, ada satu kelemahan dari cara screenshot satu ini. Yakni Anda akan sulit mengambil tangkapan layar dengan notification bar, karena menu notifikasi akan langsung tertutup ketika tombol ditekan.

Solusinya adalah dengan melakukan screenshot memakai tombol fisik atau tiga jari.

3. Cara Screenshot Tiga Jari Xiaomi Redmi 5A dan Redmi 5A Prime

Screenshot tiga jari ini bisa dibilang cukup dikenal di kalangan pengguna hp Xiaomi khususnya. Dan merupakan salah satu fungsi gesture yang hadir pada MIUi.

Bicara soal cara melakukan screenshot 3 jari pada Xiaomi Redmi 5A dan Redmi 5A Prime, kita harus lebih dahulu mengaktifkan fungsi tersebut, sebelum bisa menggunakannya.

Tidak terlalu simpel memang, namun sekali diaktifkan, sensasi simpel dan mudahnya akan amat sangat terasa.

Untuk mengaktifkan screenshot 3 jari ini, pertama Anda harus masuk ke menu “Setting” kemudian cari menu “Screenshot”.

3 Cara Screenshot Xiaomi Redmi 5A dan Redmi 5A Prime Mudah Tanpa Aplikasi Tambahan

Setelah itu Anda akan masuk ke jendela baru. Aktifkan menu “Usap Ke bawah dengan 3 jari untuk ambil Screenshot” dengan menggeser tombol di sisi kanan tulisan tersebut hingga berwarna hijau.

Kini Anda bisa melakukan Screenshot dengan 3 jari. Caranya juga mudah dan cepat. Tinggal pilih area yang ingin diambil screenshot, kemudian usap layar dengan tiga jari sekaligus, dari atas ke bawah.

Dan tada, layar akan langsung ter-capture. Cara ini sangat mudah dan efisien, bahkan lebih mudah ketimbang cara screenshot Redmi 5A dan Redmi 5A Prime menggunakan tombol fisik.

Cara ini juga tidak memiliki kelemahan seperti tombol screenshot pada cara kedua.

Nah, demikian itulah 3 cara screenshot Xiaomi Redmi 5A dan Redmi 5A Prime yang sebaiknya Anda pahami dan ingat baik-baik, khususnya jika Anda adalah pengguna dan pemilik hp Xiaomi super murah tersebut.

BACA JUGA : 

Anda juga bisa memilih cara screenshot yang Anda sukai, sesuai selera dan keinginan Anda.

Pilihlah yang paling mudah dan bisa Anda gunakan, namun tidak ada salahnya jika aktifkan saja semua pilihan, sehingga saat ingin melakukan screenshot dalam kondisi darurat, Anda tidak repot.

Loading...

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama