Minggu, 5 Juli 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Simak Tips Cara Mengatasi Android Mati Total Ini Sebelum Pergi ke Service...

Simak Tips Cara Mengatasi Android Mati Total Ini Sebelum Pergi ke Service Center

RANCAH POST – Cara mengatasi Android mati total. Salah satu hal paling menyebalkan dalam menghadapi berbagai drama dan masalah smartphone Android adalah ketika smartphone mati atau mati total. Biasanya hal ini disebabkan berbagai hal dan berbagai cara penyelesaian yang juga berbeda sesuai dengan penyebabnya.

Penyebab hp mati total sendiri bisa berag saat pemakaian, virus, bug dan masih banyak lagi.

Pun demikian, berbeda penyebab Android mati total, cara mengatasi Android mati total juga berbeda-beda.

Ada beberapa cara memperbaiki Android matot dengan melakukan satu atau dua tips, yang bisa berlaku dalam berbagai kondisi atau alasan kerusakan.

Namun ada kalanya kita harus menyerah, karena mungkin hal ini berkaitan dengan kerusakan hardware, yang biasanya hanya bisa ditangani teknisi berpengalaman.

Untuk beberapa kerusakan ringan yang menyebabkan Android mati sementara atau mati total cuma sementara, kamu mungkin bisa mencoba beberapa tips berikut ini, sebelum pergi ke teknisi dan membelanjakan uangmu lebih banyak lagi.

5 Cara Mengatasi Android Mati Total

1. Isi Ulang Baterai Smartphone

Salah satu cara mengatasi Android mati total adalah dengan melakukan charging. Ingat, hal ini hanya berlaku untuk kasus tertentu, dimana ponsel atau hp Android mati karena kehabisan daya.

Sebenarnya, ketika baterai ponsel mencapai angkla 20%, kita harus sudah melakukan pengisian ulang.

Hal ini dikarenakan untuk menghindari baterai kering dan mudah rusak.

Jika terlalu kering dan dibiarkan mati, bahkan tidak langsung diisi setelah mati (dan dibiarkan lama), biasanya baterai ponsel akan benar-benar terkuras.

Dalam kondisi ini, kadang hp Android tidak bisa langsung menyala, bahkan setelah dicolok ke charger. Sehingga pengguna terkadang beranggapan bahwa hp Android mereka mati total.

Dalam kondisi ini, cobalah untuk mengisi ulang batera Android, dan biarkan selama beberapa lama, mulai daro 15 hingga 25 menit.

Setelah cukup lama, coba nyalakan kembali hp Android Anda.

2. Lepaskan Baterai

Sayangnya, kebanyakan hp Android saat ini tidak menawarkan baterai removeable, alias bisa dilepas. Dalam kasus ini, cara mengatasi Android mati total dengan melepas baterai jelas tidak akan bisa dicoba.

Namun untuk Anda yang memiliki hp Android dengan baterai removeable, cara ini patut dicoba.

Cukup matikan hp Android, atau jika sudah mati boh tidak bisa mati, Anda langsung cabut baterai hp Android. Diamkan beberapa menit dan kembali masukkan lagi. Kemudian coba hidupkan hp Android yang tadi mati total.

Tak cuma sebagai cara memperbaiki hp mati sendiri, cara ini juga kadang banyak dipakai ketika sebuah laptop mati atau error.

Simak Tips Cara Mengatasi Android Mati Total Ini Sebelum Pergi ke Service Center

Meski sangat disayangkan, karena trik cantik yang terbukti cukup manjur ini tak berlaku untuk cara memperbaiki hp mati total baterai tanam. Alias pada ponsel Android non-removeable.

3. Factory Reset

Jika hp kamu tidak benar-benar mati total, dalam artian cuma tidak bisa booting dan masuk ke sistem, namun bootloop atau stuck pada logo, maka mungkin cara memperbaiki hp mati total dengan Factory Reset ini bisa berguna.

Anda bisa melakukannya dengan masuk ke menu Recovery Mode dan lakukan Factory Reset. Bisa kamu baca dalam tutorial berikut ini.

BACA JUGA :

4. Lakukan Flashing

Cara mengatasi Android mati total dengan flashing ini kadang berhasil. Terutama jika penyebab hp mati total gegara gagal flashing, atau gagal saat melakukan update atau upgrade OS Android.

Ketika hal ini terjadi, jangan panik, coba cari tutorial flash Android kamu dan lakukan proses flaghing.

Jika takut atau tidak mengerti, bisa minta bantuan kepada teman yang lebih berpengalaman, atau pergi ke gerai yang menawarkan jasa flashing. Dengan catatan kamu harus siap semua data di hp Android kesayanganmu lenyap sepenuhnya.

5. Bawa ke Service Center

Jika semua cara diatas sudah kamu coba, dan ternyata masih belum bisa, dan tidak ada tanda-tanda bahwa hp Android kamu bisa diperbaiki dengan cara mudah, bawa saja ke Service Center, yang tentu merupakan cara terakhit.

Sekaligus paling boros, karena kamu harus menyiapkan dan untuk biaya perbaikan.

Adan beberapa kasus dimana hp mati total saat dicas, atau hp mati total karena jatuh. Khusus untuk cara memperbaiki hp mati total karena jatuh ini, ada kemungkinan bisa dilakukan dengan mengganti layar.

Karena banyak kasus dimana cuma layar hp Android saja yang rusak, sementara bagian dalamnya masih aman sejahtera.

Tapi sedikit peringatan untuk kamu yang mencari cara mengatasi Android mati total. Jika dirasa garansi hp Android kamu masih berlaku, ada baiknya digaransikan saja.

Karena beberapa vendor menerapkan aturan ketat. Seperti melakukan flasghing bisa dianggap menggugurkan garansi. Jadi cek yang teliti sebelum mencoba cara mengatasi Android mati total diatas ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,394FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan