RANCAH POST – Sebagai upaya untuk membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan, Kemensos RI kembali membuka rekrutmen pendamping PKH (Program Keluarga Harapan).

Kali ini, Kemensos akan melakukan rekrutmen secara besar-besaran dan akan melakukan penerimaan pendamping PKH hingga 16.092 orang.

Rekrutmen besar-besaran tersebut disebutkan sebagai persiapan menjelang penambahan keluarga penerima manfaat (KPM) dari 6 juta menjadi 10 juta pada 2018 mendatang.

“Dengan adanya penambahan KPM menjadi 10 juta pada tahun 2018, tentu kita memnbutuhkan banyak pendamping. Pendamping mempunyai peran yang sangat vital untuk menentukan keberhasilan PKH,” ujar Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI Harry Hikmat, Jumat (6/10/2017).

BACA JUGADihadiri Bupati Cirebon, Seleksi SDM PKH 2016 Diikuti 773 Peserta

Dipaparkan Harry, 16.092 orang pendamping tersebut terdiri dari Asisten Pendamping sebanyak 172 orang bagi TKSK, Administrator Database 607 orang, Pekerja Sosial Supervisor 877 orang, dan pendamping sosial sebanyak 14.227 orang.

“Sejak 7 Oktober, kebutuhan formasi itu sudah kita umumkan melalui https://www.kemsos.go.id. Untuk pendaftarannya melalui aplikasi Android ‘Seleksi SDM PKH Tahun 2018’ yang bisa diakses mulai 9 Oktober 2017,” kata Harry.

Tak hanya itu saja, Kemensos RI juga akan merekrut koordinator kabupaten/kota sebanyak 193 orang, koordinator wilayah sebanyak 9 orang, serta 7 orang sebagai koordinator regional.

Syaratnya, ucap Harry, untuk pendamping sosial adalah lulusan Diploma IV/S1 pada rumpun ilmu-ilmu sosial, diutamakan jurusan Pekerjaan Sosial/Ilmu Kesejahteraan Sosial.

Sedangkan persyaratan untuk Pekerja Sosial Supervisor, minimal Diploma IV/ S1 Ilmu Pekerjaan Sosial/Ilmu Kesejahteraan Sosial.

Share.

Leave A Reply