27.3 C
Ciamis
Beranda Teknologi Review Perbedaan Xiaomi Redmi 3 dan Redmi 4, Dari Spesifikasi Hingga Harga

Perbedaan Xiaomi Redmi 3 dan Redmi 4, Dari Spesifikasi Hingga Harga

RANCAH POSTPerbedaan Xiaomi Redmi 3 dan Redmi 4. Kedua ponsel andalan Xiaomi di seri Redmi ini memang bisa dikatakan memiliki banyak perbedaan. Baik di sisi spesifikasi maupun fitur.

Terlebih keduanya juga merupakan smartphone yang berbeda generasi. Dimana satu sama lain adalah penerus, dan pendahulu. Jadi tidak heran jika ada banyak perbedaan, baik di sisi desain maupun performa.

‎Namun tak selamanya penerus itu lebih baik dari pendahulu. Meski di sejumlah aspek, Xiaomi Redmi 4 bisa dikatakaan unggul.

Tapi ada pula beberapa hal yang membuat ponsel lama seperti Xiaomi Redmi 3 bisa lebih layak untuk dinikmati.

Dan untuk mengetahui apa saja hal tersebut, akan kita bahas perbedaan Xiaomi Redmi 3 dan Redmi 4. Lengkap dengan perbandingan spesifikasi hingga harga kedua ponsel ini.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 3 vs Redmi 4

Adanya perbedaan spesifikasi diantara dua smartphone berbeda generasi memang biasa. Namun tak selamanya yang lebih baru lebih layak. Tergantung kebutuhan dan minat, bisa saja sebaliknya.

Demikian pula ketika membandingkan Xiaomi Redmi 3 dan Redmi 4 ini. Dilihat dari beberapa sisi, mungkin ada yang berpendapat jika lebih baik membandingkan Redmi 4 dan Redmi 4A.

Namun disadari atau tidak, perbedaan Xiaomi Redmi 3 dan Redmi 4A sebenarnya cukup banyak. Meski sama-sama tidak dibekali sensor pemindai sidik jari, performa Redmi 3 jelas lebih unggul.

BACA JUGAHarga Xiaomi Redmi 3 dan Spesifikasi, Body Logam Ramping dengan Baterai Super

Pun demikian dengan Redmi 4 vs Redmi 3s. Meski memang keduanya dikatakan sebanding, namun bagaimana jika dibandingkan dengan Redmi 3 sendiri, di sisi performa khususnya?

Untuk itu, kita akan membahas spesifikasi Xiaomi Redmi 3 dan Redmi 4 ini satu per satu.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 3 jelas tidak boleh diabaikan. Ponsel ini hadir dengan menawarkan layar IPS LCD berukuran 5 inci dengan resolusi HD 720 x 1280 piksel. Dan kerapatan layar mencapai 294ppi.

Ponsel ini juga dibalut bodi logam dengan hiasan pola di bagian punggungnya.

Di sektor pacu sendiri, ia mengandalkan Snapdragon 616 yang mumpuni dengan CPU octa-core 1,5 GHz dan didukung GPU Adreno 405.

Ponsel ini juga dibekali dukungan 2GB RAM dengan 16GB memori internal. Serta slot microSD pada slot SIM Hybrid.

Untuk OS, ponsel ini tampaknya akan Stuck di Android lama, meski bisa diupgrade ke MIUI 9.0 juga.

Untuk kamera sendiri, Redmi 3 menawarkan sensor 13MP f/2.0 dengan fitur PDAF dan LED Flash. Sementara kamera selfie memakai sensor 5MP f/2.2.

Konektivitas yang ditawarkan cukup lengkap. Dari WiFi 802.11, GPS, Bluetooth v4.1, microUSB v2.0 dan 4G LTE.

Ponsel ini juga dibekali baterai dengan kapasitas 4100 mAh. Namun belum dibekali sensor pemindai sidik jari.

Harga Samsung Galaxy J1 (2016) VS Xiaomi Redmi 3, Adu Spek Ponsel Rp1,5 Jutaan

Di sisi lain spesifikasi Xiaomi Redmi 4 malah lebih menarik. Dimana ia dibekali layar IPS LCD berukuran 5 inci yang sama.

Dengan resolusi layar HD 720 x 1280 piksel, dan kerapatan mencapai 294ppi.

Bagian dalam ponsel juga dibuat maksimal, dengan Snapdragon 435 octa-core 1,5 GHz yang didukung GPU Adreno 505 yang jelas lebih tinggi.

BACA JUGA : Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 4, Lebih Kakap dengan Desain Baru

Sementara untuk memori, smartphone ini menawarkan beberapa varian. Dari 2GB RAM dengan 16GB ROM, 3GB RAM dengan 32GB ROM, serta dukungan 4GB RAM dengan 64GB ROM.

Sementara itu slot microSD masih hadir di slot SIM Hybrid, degan kapasitas maksimal hingga 128GB yang bisa ditampung.

Di sisi lain ponsel ini juga dibekali dengan MIUI 8.0 terbaru, yang upgradable ke Android 7.0 Nougat dengan MIUI 9.0.

Adapun untuk kamera, Xiaomi Redmi 4 menawarkan dukungan sensor 13MP f/2.0 dengan PDAF dan LED Flash. Sementara kamera depan memakai sensor 5MP f/2.2 yang juga unggul.

Konektivitas yang ditawarkan diantaranya adalah 4G LTE, VoLTE, WiFi 802.11, GPS,Bluetooth v4.2 dan microUSB v2.0.

Ponsel ini juga dibekali fitur sensor pemindai sidik jari di punggungnya. Sebuah baterai 4100 mAh dan dukungan teknologi pengisian cepat.

Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 4, Lebih Kakap dengan Desain Baru

Perbedaan Xiaomi Redmi 3 dan Redmi 4

Dari uraian spesifikasi Xiaomi Redmi 3 vs Redmi 4 tadi, bisa kita dapatkan beberapa perbedaan Xiaomi Remdi 3 dan Redmi 4. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Xiaomi Redmi 3 Xiaomi Redmi 4
Snapdragon 616 Snapdragon 435
Adreno 405 Adreno 505
Android 5.1 Lollipop Android 7.0 Nougat (segera)
Tanpa Gorilla Glass dengan Gorilla Glass
Tanpa Fingerprint Dengan Fingerint
Baterai Li-ion Baterai Li-po
GSM/CDMA GSM Only
microSD up to 256GB microSD up to 128GB

Harga Xiaomi Redmi 3 vs Redmi 4

Adapun untuk perbedaan harga Xiaomi Redmi 3 dan Redmi 4, sudah bisa dikatakan jelas. Karena selain berbeda generasi, spesifikasi dan teknologi di kedua ponsel juga cukup berbeda.

Namun bagaimana kondisinya saat ini? Apakah Xiaomi Redmi 4 lebih mahal atau justru Redmi 3 yang lebih selangit?

Tak terlalu heran jika harga Xiaomi Redmi 4 lebih mahal, toh ponsel ini sendiri hadir lebih kekinian, dibandingkan Xiaomi Redmi 3 yang diresmikan dua tahun silam.

Adapun harga Xiaomi Redmi 4 saat ini dibanderol mulai dari Rp1.570.000 di sejumlah toko online ternama di Indonesia. Harga tersebut cukup masuk akal, mengingat spesifikasi ponsel ini juga lumayan menjanjikan.

Sementara itu harga Xiaomi Redmi 3 sendiri sudah cukup turun dibanding sebelumnya, dimana ia dibanderol mulai Rp1.350.000 di toko yang sama.

Demikian sedikit review mengenai perbedaan Xiaomi Redmi 3 dan Redmi 4. Entah fitur, teknologi atau performa, keduanya tampak tidak mau mengalah.

Bukan berarti Xiaomi tidak meningkatkan kinerja ponsel baru mereka. Namun kenyataannya, teknologi yang dibawa pada Redmi 3 sendiri masih cukup diperhitungkan saat ini.

Stay Connected

105,108FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,257PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here