BERITA CIAMIS, RANCAH POST – Mulai 13 September hingga 17 September mendatag, Slank akan melakukan tur ke sejumlah pesantren. Dalam turnya kali ini, Slank mengusung tema ‘Silaturahmi Merajut Kebangsaan’.

Pesantren pertama yang dikunjungi Slank adalah Pondok Pesantren Darussalam Ciamis Jawa Barat. Serangkaian acara pun digelar, salah satunya dialog budaya dan kebangsaan yang digelar di Aula Pesantren Darussalam.

Hadir dalam acara tersebut Direktur Sinar Mas Yan Partawijaya, Yenny Wahid, Zastrouw Al-Ngatawi, dan pimpinan Pesantren Darussalam Ciamis.

Dialog pun diawali oleh Direktur Sinar Mas Yan Partawijaya yang mengungkapkan peran Sinar Mas dalam merajut kebangsaan.

BACA JUGA: Praktikum Metode Pembelajaran Melalui Musik Mahasiswa Pascasarjana IAID Ciamis

“Kami turut berkontribusi dalam mewujudkan persatuan bangsa melalui toleransi. Hal itu dibuktikan dengan latar belakang ratusan ribu pekerja Sinar Mas dari berbagai suku, ras, dan agama,” kata Yan, Rabu (13/9/2017).

Dialog dilanjutkan oleh Putri Gus Dur, Yenny wahid. Dalam kesempatan itu, Yenny mengingatkan agar semua selalu bersyukur dengan kondisi bangsa yang penuh dengan kedamaian dan toleransi.

“Begitu pula dengan Pesantren Darussalam, sesuai dengan namanya semoga pesantren ini bisa menjadi penyebar kedamaian ke seluruh dunia,” ucap Yenny.

Sementara itu, budayawan Zastrouw Al-Ngatawi menuturkan bahwa pesantren yang menerapkan nilai-nilai tasamuh (toleran) dan tawassut (moderat) telah terbukti menjadi penjaga perbedaan dan keberagaman di negara ini.

Malah harinya, acara puncak pun digelar dengan tampilnya grup band Slank membawakan lagu-lagu andalan mereka. Di sela-sela acara, Sinar Mas secara simbolis menyumbangkan Al-Qur’an dan buku tulis bagi seluruh santri.

Share.

Leave A Reply