Sabtu, 19 September 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Mengatasi HP Android Bootloop Tanpa Bantuan PC dan Teknisi

Cara Mengatasi HP Android Bootloop Tanpa Bantuan PC dan Teknisi

RANCAH POSTCara Memperbaiki Android Bootloop. Memang sangat menyebalkan dan mengesalkan, ketika hp Android kesayangan kita tiba-tiba mengalami bootloop, entah apa penyebabnya.

Bisa karena kerusakan software, hardware, bahkan cuma karena baterai hp Android habis sampai 0% banget juga ternyata bisa loh, menyebabkan Android bootloop. Hal ini pernah terjadi pada beberapa devices Android baik tablet dan smatphone.

Nah, kalo sudah bootloop begini, apa dong yang bisa kita lakukan. Gampang untuk para ngoprekers, yang memang sudah ahli ngotak-ngatik hp Android. Tinggal ini itu dan rampung sudah. Bisa di flash lah, bisa dioprek lah.

Nah, lalu bagaimana dengan pengguna awam, yang belum berani main flash, nongkar-bongkar, atau karena tidak ada alat. Sedang tidak ada PC atau laptop misalnya.

Jelas ini masalah, bencana. Paling yang terlintas di benak kita untuk memperbaiki hp Android Bootloop ini adalah dengan membawanya ke tukang servis atau counter terdekat.

Tapi, apakah tidak ada cara mengatasi hp Android bootloop yang mudah, cepat tanpa PC dan tanpa perlu bawa ke teknisi?

Ada sih, tapi semua cara itu tentu ada syaratnya. Maksudnya di sini adalah kerusakan hanya seputar software, atau paling tidak kerusakan ringan yang tidak membutuhkan penggantian komponen misalnya. Atau tidak harus dibongkar yang jelas bukan kerjaan amatir.

Nah, lalu bagaimana cara memperbaiki hp Android yang Bootloop tanpa PC dan teknisi? Berikut beberapa tips yang mungkin bisa Anda coba.

Cara Mengatasi Hp Android Bootloop Tanpa PC

Sebagaimana dikatakan sebelumnya, cara ini memiliki resiko dan syarat masing-masing. Biasanya kita harus lebih dulu mengetahui akar penyebab masalah hp Android jadi bootloop.

1. Android Bootloop Ringan

Dalam kasus ini, penyebab hp Android bootloop biasanya karena menginstall game yang berat, bermain game berlebihan, atau melakukan kinerja dengan apliakasi yang membebani hp secara berlebihan.

Biasanya hp atau tablet Android akan mati lebih dulu, dan restart sendiri. Tapi cuma sampai logo. Dan begitu seterusnya.

Turn off and On again. Kata bule sih gitu. Jadi tinggal restart hp Android sobat. Bisa dengan cara mencabut baterai dan menghidupkan ponsel kembali.

Untuk hp Android yang baterainya ditanam alias non-removeable, bisa melalui menu recovery.

2. Android Bootloop Kelas Menengah

Kerusakan kelas menengah ini banyak sebabnya. Bisa karena menginstall aplikasi berisi virus, atau mengoprek menu recovery.

Melakukan root dan mengedit sistem hp Android, seperti berusaha memaksimalkan kinerja hp Android engan cara ilegal juga bisa jadi penyebabnya.

BACA JUGA : Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Di level ini, Anda bisa mencoba memperbaiki hp Android bootloop dengan merestore setting hp ke semula. Ingat ya, hanya settingnya saja, bukan factory reset. Caranya bisa ditemukan di menu recovery.

Cara masuk ke menu Recovery ini beda-beda biasanya. Terutama jika beda merek HP. Jadi silahkan cari cara masuk ke recovery mode Android sesuai dengan merek dan tipe hp Android sobat.

3. Android Bootloop Kelas Berat

Kerusakan yang menyebabkan Android bootloop di kelas berat ini biasanya disebabkan karena sobat melakukan rooting, dan meraba bagian yang haram hukumnya untuk dijamah manusia biasa.

Bisa karena gak ngerti, atau tidak sengaja. Atau mengisntall aplikasi aneh-aneh untuk mengoptimalkan hp Android, yang berakhir pada merubah setting sistem Android itu sendiri.

Atau karena gagal upgrade OS misalnya, disebabkan hp mati saat sedang upgrade, atau ada kendala lain.

Untuk kasus kelas berat seperti ini, cara memperbaiki hp Android bootloop tak lain adalah dengan melakukan reset factory. Berbeda dengan reset setting, reset factory ini benar-benar akan mengembalikan hp Android sobat ke keadaan sedia kala, seperti saat baru dibeli.

Seperti dikatakan sebelumnya, cara masuk ke menu Recovery Android, dan melakukan reset factory juga beda-beda, tergantung merek dan tipe hp Android yang sobat gunakan.

BACA JUGA : Cara Root Android Langsung dari Smartphone Tanpa Bantuan PC

Malahan, hp Android yang sudah di root bisa memiliki penampilan berbeda pada menu reset factorynya.

Nah, itulah beberapa tips dan cara mengatasi hp Android bootloop tanpa PC dan bantuan teknisi. Jika dirasa tidak mampu, atau ragu dalam mengaplikasikan cara dan tips yang sobat dapat. Sebaiknya bawa saja ke teknisi, biar lebih aman.

Namun jika ingin mencoba, ya apa salahnya. Sambil belajar, siapa tahu bisa jadi teknisi betulan di masa mendatang.

Dan perlu diingat, bahwa cara yang dijelaskan diatas itu semuanya memiliki resiko masing-masing, dan semua itu sebaiknya hanya lakukan jika yakin. Semua kerusakan juga merupakan tanggung jawab Anda yang mencoba, karena kami hanya berbagi informasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,998FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan