Ketupat Cepat Basi? Ini Cara Mengatasinya

Ketupat Cepat Basi Ini Cara Mengatasinya
Ketupat Cepat Basi Ini Cara Mengatasinya

RANCAH POST – Ketupat merupakan salah satu makanan khas Idul Fitri yang selalu dinanti-nanti oleh semua orang yang merayakan Hari Raya. Ketupat terbuat dari beras yang dimasukkan ke dalam daun kelapa yang telah dibentuk.

Karena terbuat dari beras serta santan, ketupat pada umumnya akan sangat mudah untuk basi. Sehingga memerlukan tips dan trik untuk bisa mengawetkan ketupat supaya lebih tahan lama.

Berikut ini beberapa tips mengawetkan ketupat yang ampuh.

Celupkan dalam air dingin
Umumnya ketupat hanya mampu bertahan sekitar 2 hingga 3 hari saja. Karena itu dibutuhkan trik yang tepat supaya ketupat dapat bertahan jauh lebih lama.

Salah satunya yakni dengan mencelupkan ketupat yang telah matang serta dingin ke dalam air dingin beberapa menit sebelum kemudian digantung. Cara tersebut bertujuan untuk menghentikan reaksi pemanasan pada ketupat sehingga ketupat mampu dingin dengan sempurna.

Gantungkan ketupat
Agar menjadi lebih awet, ketupat lebih baik disimpan dengan digantung supaya keadaannya jadi kering. Karena ketupat yang berair serta lembab bisa memicu tumbuhnya bakteri yang menjadi penyebab basi.

Nah, usai memasukkan ketupat dalam air dingin, Anda dapat langsung menggantungkan ketupat supaya menjadi kering. Cara ini terbukti ampuh serta mampu membuat ketupat tahan sampai 4 hari.

Masukkan dalam lemari pendingin
Agar masa simpan ketupat menjadi lebih lama, Anda juga bisa menggunakan tips memasukkan ketupat dalam lemari pendingin ataupun kulkas.

Caranya yakni bungkus ketupat menggunakan plastik yang dijamin tak akan bocor. Hal ini memiliki kegunaan supaya tak ada kebocoran yang membuat isi ketupat jadi basah, kemudian masukkan dalam kulkas.

Cara ini dapat membuat ketupat awet hingga 4-7 hari ke depan.

Buat ketupat dua hari sebelum dimakan
Tips terakhir yaitu buatlah ketupat dua hari sebelum dimakan agar kegurihan ketupat dapat bertahan serta mencegah masa basi.

Itulah beberapa tips mengawetkan ketupat yang terbukti ampuh dan efektif. Selamat mencoba!

Loading...

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama