RANCAH POST –┬áPara pengguna iPhone dan iPad serta sejumlah i Device lain pastinya sudah lama menantikan kehadiran iOS 11, OS mobile terbaru dari Apple yang akan siap diunduh di ponsel Apple kamu.

Nah, dalam event WWDC hari ini, Apple telah resmi meluncurkan iOS 11 terbaru bersama dengan segudang fitur anyar yang siap Anda uji dan coba. Itupun masih butuh waktu sih, sampai update ini tersedia untuk warga Indonesia.

Nah. lalu apa saja sih segudang fitur menarik nan mumpuni yang dimaksud tadi? Mari kita bahsa satu-per satu.

Type To Siri

Jika sebelumnya harus ‘ngomong’ untuk nanya Siri, kini bisa ngetik juga. Dan fitur type to Siri ini memungkinkan kamu mengakses Siri dengan menekan tombol home, dan mengetik apa yang pengen kamu tanyakan.

One Hand Keyboard

Alias keyboard satu tangan adalah fotur lain yang akan memberikan opsi untuk mengoperasikan keyboard dengan satu tangan, dimana keyboard bakal dibuat rapat di arah kiri atau kanan.

Lock Screen baru

Tampilan layar kunci juga diperbaharui. kini passcode memiliki font yang lebih tebal, dengan lingkaran lebih tipis tanpa outline putih.

Costumeable Control Center

Tampilan dan pengoperasian Control Center yang mendapat rombakan besar. Dimana kini pengguna bisa mengatur apa saja yang ingin ditampilkan di Control Center melalui menu setting.

Penghapus Aplikasi Otomatis

Tidak wajib kok. Jika dirasa perlu, Anda bisa mengaktifkan fitur ini pada menu Setting. Dimana iOS 11 akan menghapus aplikasi yang jarang digunakan.

Tapi tenang, karena data aplikasi tetap diamankan, sehingga bisa kembali saat Anda membutuhkannya atau menginstall kembali aplikasi tersebut.

iPad dapat Keyboar baru

Sebelumnya kita harus menekan ‘Shift’ ketika ingin menampilkan simbol dan angka pada keyboard di iPad. Kini simbol tersebut ikut ditampilkan pada tombol bersangkutan. Cukup tekan tombol agak lama, dan tarik ke bawah ke posisi simbol yang ingin ditampilkan.

Teks yang Lebih Tebal

Kini teks label di semua tampilan iOS 11 dibuat lebih tebal yang mempertegas label tersebut. Seperti pada teks Phone, Contact dan FaceTime.

Manajemen Ruang Simpan Lebih Baik

Bukan cuma penampilan, sistem management ruang simpan di iOS 11 ini juga dibuat lebih baik.

Kini tab “Storange and iCloud Usage” diganti jadi “iPhone Storage” pada iOS 11, dan menampilkan informasi kapasitas perangkat, serta rekomendasi untuk memkasimalkannya melalui beberapa fitur.

Pengguna juga bisa melakukan sinkronisasi berbagai perangkat pada tab ini.

Siri pada Setting Search

Pada menu Setting di iOS 11 kini dibuat dua tab khusus untuk Siri dan Search, dengan layou yang lebih logis.

Dan tampilannya kini dilengkapi saran dari Siri untuk setiap aplikasi yang diunduh.

Drag and drop

Setelah sukses di iPad, fitur drag and drop kini hadir di iPhone juga. Namun tidak pada semua aplikasi seperti pada iPad, cuma aplikasi khusus iPhone saya yang mendukung fitur ini. Fungsinya sendiri untuk memindahka file dengan lebih mudah.

Smart Invert

Diletakkan di menu Accessbility di Setting. Bisa mengubah warna tampilan. Seperti ‘Dark Mode’, namun tidak merusak interface.

Selain fitur keren tersebut, ada pula beberapa fitur lain seperti.

  • Password autofill
  • Auto pausing saat update
  • Automatic setup
  • Screen recording

Itulah sejumlah fitur keren yang wajib kamu coba pada update iOS 11 terbaru. Update ini akan tersedia untuk perangkat dengan Chip A7 dan yang lebih baru.

Dantaranya adalah iPhone 5s, iPhone SE, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6s dan iPhone 6s Plus. Serta duo iPhone 7 dan iPhone 7 Plus untuk perangkat iPhone.

Sementara untuk iPad sendiri, ia hadir pada iPad generasi kelima, iPad Air, iPad Air 2, semua model iPad Pro, dan iPad mini 2 dan perangkat lain yang lebih baru.

Share.

Leave A Reply