Kamis, November 26, 2020
Beranda Berita Berita Nasional Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadhan 2017 Akan Digelar Kemenag Sore Ini

Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadhan 2017 Akan Digelar Kemenag Sore Ini

RANCAH POST – Sidang isbat penentuan awal Ramadhan 1438 H rencananya akan digelar Kementerian Agama.

Kementerian Agama, melalui Ditjen Bimas Islam, akan menyelenggarakan sidang isbat penentuan awal puasa Ramadhan 2017 pada Jumat (26/5/2017) sore nanti.

“Sidang isbat penentuan awal Ramadhan akan dilaksanakan di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jalan MH Thamrin No 6, Jakarta,” tutur Plt Dirjen Bimas Islam Kamaruddin.

Nantinya, sidang isbat awal Ramadhan 2017 akan dihadiri oleh MUI, BMKG, LAPAN, anggota DPR, Mahkamah Agung, dan sejumlah duta besar negara sahabat.

Bukan mereka saja, dalam sidang isbat puasa 2017 nanti, hadir pula perwakilan dari pakar falak ormas Islam, BIG (Badan Informasi Geospasial), dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

BACA JUGA: Kapan Awal Ramadhan 2017? Ini Kata Muhammadiyah 

“Sidang penentuan awal Ramadhan ini merupakan bentuk kebersamaan antara pemerintah dan ormas Islam serta sejumlah instansi yang tekait dalam pengambilan keputusan,” kata Kamaruddin.

Sidang rencanya akan dimulai pada pukul 17.00 WIB dengan diawali dengan pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat Kemenag RI tentang posisi hilal. Adapun proses sidangnya akan dimulai usai shalat Maghrib.

“Seperi tahun lalu, sidang isbat awal Ramadhan, begitu juga dengan awal Syawal, akan dilakukan secara tertutup. Adapun hasil sidang itu nantinya akan disampaikan seusai sidang melalui konferensi pers,” ujar dia.

Sementara itu, PP Muhammadiyah sudah menetapkan awal Ramadhan 1438 H jatuh pada tanggal 27 Mei 2017. Penetapan tersebut merujuk pada hasil perhitungan ahli falak yang dimiliki oleh Muhammadiyah.

Karena posisi hilal saat itu berada di sekitar tujuh derajat. Sudah tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here