RANCAH POST – Jika diingat kembali, beberapa bulan silam Lenovo sempat mengumumkan, bahwa perusahaan mereka akan mengumpulkan semua branda smartphone mereka, kedalam satu brand tunggal dengan Motorola Mobility sebagai basisnya.

Rencana ini sendiri sudah mulai direalisasi, dengan dipindahnya seri mid-range Lenovo Vibe yang kini dikelola di bawah nama brand Lenovo Moto.

Namun ada satu hal mengejutkan dalam rencana ini. Karena tanpa disangka terlebih dahulu, ada brand lain yang ikut digabung, yakni seri ZUK.

Padahal ZUK Mobile sendiri bisa dikatakan bukan bagian dari smartphone Lenovo, karena brand ini berdiri secara independen, layaknya seri Honor milik Huawei.

Kabar ini dimulai ketika salah satu pengguna weibo dengan akun @OldCool memposting pengumuman yang mengatakan bahwa tidak akan ada ZUK Z3.

Da postingan ini kemudian direspon olej sang analis Pan Jiutang, yang mengkonfirmasi bahwa bisnis hardware ZUK akan dihentikan.

Dalam postingannya, Jiutang memberikan apresiasi kepada ZUK, karena dalam waktu yang singkat, manufaktur ponsel ini mampu menggagas dan mengembangkan fan base yang begitu besar dan luas.

ZUK Mobile sendiri didirikan pada tanggal 28 Mei 2015 silam oleh Lenovo. Dan hanya butuh dua tahun saja, hingga Lenovo kini mematikan bisnis tersebut. Dan dalam jangka waktu yang terbilang singkat ini, ZUK sudah memproduksi tiga buah ponsel.

Diantaranya adalah ZUK Z1, ZUK Z2, ZUK Z2 Pro dan ZUK Edge. Padahal sebelumnya sempat muncul bocoran gambar ZUK Edge II Special Edirion, namun sepertinya ponsel ini takkan pernah hadir kembali.

Akun Weibo @Zheng Juni juga sempat membahas mengenai rencana manajemen baru Lenovo setelah pelepasan ZUK. Kabarnya pendiri ZUK, Chen Xudong akan kembali ke Lenovo PX.

Kemudian Qiao Jian dipercaya untuk menjadi pimpinan Lenovo Mobile China. Dan Kirk B. Skauge akan memimping data center operation Lenovo.

Namun para fans ZUK juga sepertinya tidak akan kehilangan idola mereka ini sepenuhnya. Karena beberapa waktu lalu, VP Lenovo, Alex Chen Yu sempat mengumumkan bahwa ZUI akan dipakai pada ponsel Moto mendatang.

Dan sebagaimana perlu Anda ketahui, bahwa salah satu daya tarik dari ZUK sendiri adalah kehadiran dari ZUI. ROM yang dibuat bersih, manis, apik nan menyenangkan yang tidak memuat banyak hal menyebalkan seperti ROM milik Samsung.

Jadi jika kangen ZUK, mungkin beralih ke seri Moto juga akan jadi pilihan lain.

Share.

Leave A Reply