Connect with us

Harga Samsung Galaxy S8 vs Apple iPhone 7 dan Spesifikasi, Sama Flagship Bagus Mana?

Harga Samsung Galaxy S8 vs Apple iPhone 7 dan Spesifikasi, Sama Flagship Bagus Mana?
Samsung Galaxy S8 vs Apple iPhone 7 (SAMSUNG/APPLE)

Review

Harga Samsung Galaxy S8 vs Apple iPhone 7 dan Spesifikasi, Sama Flagship Bagus Mana?

RANCAH POSTHarga Samsung Galaxy S8 vs Apple iPhone 7. Apple baru saja menghadirkan seri ponsel barunya di tanah air, termasuk diantaranya adalah Apple iPhone 6s dan iPhone 7 terbaru, beserta dengan varian Plus dari keduanya.

Hal ini baru bisa dilakukan Apple karena sebelumnya tersendat masalah persyaratan TKDN dari pemerintah, namun syukurlah kini ia sudah kembali bisa masar di tanah air.

Namun naas, saat baru hadir di Indonesia, kedua ponsel ini sudah disambut oleh pesaing sejatinya, Samsung Galaxy S8 yang juga baru diresmikan akhir bulan lalu, dan akan segera tersedia dalam waktu dekat ini. Bahkan preorder Galaxy S8 dan S8+ sudah dimulai hari ini.

Nah, lalu jika membahas mengenai perbedaan spesifikasi dan harga Samsung S8 vs iPhione 7 sepertinya akan menarik. Pasalnya sejak dulu kedua vendor ini memang selalu bersaing panas, saling menjatuhkan satu sama lain.

Lalu bagaimana dengan model terbaru ini, apakah ada ponsel yang pantas mendapat gelar ‘lebih baik’? Mari kita buktikan dengan review spesifikasi dan harga Samsung Galaxy S8 vs Apple iPhone 7 berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy S8 dan Apple iPhone 7

Sebelum membandingkan antara Samsung S8 dan iPhone 7, kita akan bahas spesifikasi kedua ponsel ini satu demi satu. Pertama akan kita ulas mengenai spesifikasi Samsung Galaxy S8, yang mana adalah ponsel anayar yang masih belum dirilis di Indonesia.

Samsung Galaxy S8 ini hadir dengan menawarkan layar unik bertajuk ‘InfinityDisplay’, sebuah layar berukuran 5,8 inci dengan rasio 18,5:9 yang memiliki resolusi super unik, yakni QHD+ 1440 x 2960 piksel.

Layar ini juga memiliki kerapatan mencapai 570ppi dengan rasio layar ke bodi hingga 83,6% berkat desain bezeless berlayar super lega, dan dukungan desain dual-curved edge. Layar ini juga dilapisi Corning Gorilla Glass 5 sebagai
pelindung.

Layar ini juga menawarkan teknologi always-on dengan dukungan 3D touch di bagian tombol home virtual.

Kemudian beralih ke sisi dapur pacu, untuk pasar Indonesia sendiri sepertinya akan mendapatkan seri Exynos 8995 terbaru dengan CPU octa-core 2,3 GHz dengan dukungan GPU yang masih misterius. Model lainnya dibekai Snadpragon 835 dengan GPU Adreno 504.

Ponsel ini sendiri dibekali dengan dukungan 4GB RAM dan 64GB memori internal. Serta sebuah slot microSD dengan kapasitas maksimal 356GB sebagai penyimpanan internal. Ponsel Galaxy S8 ini tentunya sudah menjalankan OS Android terbaru, 7.0 Nougat.

Untuk kamera sendiri, Samsung lebih memilih pakai kamera dual-pixel 12MP aperture f/1.7 dengan PDAF, OIS dan LED Flash. Sementara itu, kamera selfienya memakai dukungan sensor 8mP f/1.7 yang kabarnya mampu merekam video 4K dengan fitur Auto HDR Mode.

Galaxy S8 ini juga dilengkapi dengan teknologi konskei tercanggih, dengan dukungan teknologi 4G LTE dan VoLTE. Tak lupa dengan keberadaan WiFI 802.11, GPS, Bluetooth 5.0, koneksi NFC dan USB tipe-C 1.0 sebagai koneksi kabel.

Selain menawarkan sensor pemindai sidik jari di samping kamera belakang, Samsung S8 juga dibekali dukungan sensor iris dan pemindai wajah. Ponsel ini dibekali baterai 3000 mAh yang sudah menawarkan fitur fast charging.

Sementara itu spesifikasi Apple iPhone 7 sendiri cukup memukau. Ponsel kakap ini menawarkan layar LED-backlitIPS LCD dengan resolusi 750 x 1334 piksel dan kerapatan layar mencapai 326ppi.

Layar ini dikenal dengan sebutan Retina Display, dan memiliki rasio mencapai 65,6% dengan perlindungan ion stregthened glass dan oleophoabic ciating. Layar ini juga mendukung fitur 3D Touch pada layar dan home button, Display Zoom dan Wide Color Gamut.

Untuk dapur pacu sendiri, Apple iPhone 7 menawarkan performa dari chip Apple A10 Fusion dengan CPU quad-core 2,34 GHz yang terdiri dari dua Hurricane dan dua Zephyr. Serta dibekali GPU POwerVR Series 7XT Plus sebagai prosesor grafis dengan enam core.

Untuk memori, Apple iPhone 7 tidak dibekali slot microSD, namun ia hadir dengan tiga pilihan memori, yakni 32GB, 128GB dan 256GB untuk memori internal, dengan dukungan 2GB RAM.

Untuk softwarenya sendiri, Apple iPhone 7 memakai OS kebangan sendiri, iOS 10.0.1 sebagai OS bawaan, dengan jaminan upgrade ke iOS 10.3 terbaru.

Kemudian di sisi kamera, ponsel ini juga menawarkan sensor 12MP f/2.8 dengan fitur PDAF, OIS dan quad-LED Flash. Sementara kamera depannya dibekali sensor 7MP f/2.2 dengan fitur HDR dan kemampuan merekam video FHD.

Selanjutnya untuk konektivitas. Sudah pasti jika iPhone 7 menawarkan dukungan teknologi 4G LTE. DItambah ia juga menggunakan fitur WiFi 802.11, GPS, Bluetooth v4.2, koneksi NFC dan USB 2.0 reversible yang dikenal dengan nama port lightning.

iPhone 7 hadir menawarkan sensor pemindai sidik jari pada tombol home fisiknya, dengan dukungan 3D Touch dan mengusung baterai 1960 mAh sebagai sumber tenaga utama.

Harga Samsung Galaxy S8 vs Apple iPhone 7

Bicara soal harga Samsung Galaxy S8 dan Apple iPhone 7 mungkin kita tidak akan menemukan banyak perbedaan. Bisa dibilang kedua rival sejati ini sama-sama dibanderol dengan harga selangit yang tentunya menambah kesan premium pada pemiliknya.

Harga Samsung S8 vs iPhone 7 sendiri saat ini tebilang tidak jauh berbeda. MEski harga iPhone 7 di Indonesia masih tetap lebih mahal dari Samsung Galaxy S8 yang baru dirilis.

Di situs erafone saja misalnya, harga Apple iPhone 7 dengan 32GB ROM dibanderol mulai Rp11.999.000. Sementara harga iPhone 7 128GB dibanderol Rp13.699.000 dan model 256GB dibanderol Rp15.599.000.

Sedangkan Galaxy S8 sendiri baru dual pre-order saat ini, dimana Samsung menawarkan harga Samsung Galaxy S8 mulai dari Rp10.499.000.

Bagaimana menurut Anda, ponsel mana yang lebih premium dan lebih cocok untuk kebutuhan Anda?

Demikainlah review singkat mengenai spesifikasi dan harga Samsung Galaxy S8 vs Apple iPhone 7. Semoga artikel ini bisa membantu Anda untuk lebih mengenali kedua flagship tersebut dan menentukan mana yang akan jadi jawara Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Review

Advertisement
To Top