RANCAH POST –¬†Twitter sepertinya tak mau kalah dari Facebook, atau tepat juga dikatakan terinspirasi oleh perusahaan asuhan Mark Zuckerberg tersebut. Pasalnya, sitsu layanan microblogging berlogo burung biru baru saja meluncurkan sebuah versi terbaru dari aplikasi mereka, yang dinamai Twitter Lite.

Versi ringkas ini dikatakan lebih irit kuota, dan sangat ringan ketika dipasang di ponsel kelas low-end sekalipun. Bukan hanya dari performa aplikasi, jaringan internet yang cenderung lamban juga tidak menghalangi pengguna untuk terus update di Twitter.

Selain itu, pemakaian kuota internet juga jadi lebih irit di Twitter Lite ini, karena aplikasi baru ini hanya menyedot data dengan ukuran sangat kecil. Selain itu, ada juga fitur “Data saver” yang akan membantu lebih menghemat kuota kita, karena nantinya gambar dan video akan dicegah agar tidak dimuat secara otomatis. Dengan demikian, konsumsi data pada aplikasi ini akan berkurang hingga 70% dibandingkan dengan aplikasi lama mereka.

Versi Lite dari aplikasi Twitter ini sendiri memang sengaja dikembangkan untuk para pengguna di wilayah dengan akses internet kurang memadai, seperti di Indonesia misalnya. Negara yang memiliki wilayah luas dengan jangkauan internet yang belum menyeluruh.

Tak cuma irit, Twitter Lite ini dikatakan lebih cepat dari Twitter biasa, dimana perusahaan menjanjikan waktu loading yang hnaya 5 menit saja ketika pengguna sedang memakai jaringan 3G. Kecepatan luar biasa yang 30 persen lebih baik dari format Twitter sebelumnya.

Ini juga membuktikan bhawa Twitter Lite sangat cocok dipakai pengguna di Indonesia. Selain jaringan internet yang belum merata, kebanyakan pengguna juga masih terjebak dalam jaringan 3G, dimana hanya sebagian pengguna di kota besar saja yang mampu dan beruntung bisa menikmati kecepatan akses 4G LTE yang selain lebih cepat, juga lebih hemat.

Twitter Lite sendiri dikembangkan atas kerja sama dengan Google, sehingga selain performa lebih cepat, kita juga akan menemukan beberapa fitur yang pro Android di aplikasi baru ini. Seperti push notification dan pemintas dengan icon serupa aplikasi.

Pengguna iOS juga akan kebagian kok, jadi tenang saja. Hanya mereka cuma bisa menikmati pemintas berlogo sama seperti aplikasi, sedangkan push notification tidak akan disertakan di versi iOS.

Dan bukan berarti tanpa kelemahan, masih ada beberapa kekurangan dari aplikasi keren ini. Salah satunya adalah respon terhadap sentuhan yang terbilang masih lebih lamban dibandingkan aplikasi asli Twitter di iOS dan Android. Meskipun aplikasi Twitter Lite ini dikembangkan semirip mungkin dengan aplikasi aslinya.

Share.

Leave A Reply