23.8 C
Ciamis
Beranda Artikel & Opini Puasa Rajab dan Segudang Keutamaan Melaksanakannya

Puasa Rajab dan Segudang Keutamaan Melaksanakannya

RANCAH POST – Pada dasarnya puasa sunnah itu dianjurkan untuk dilaksanakan mengingat puasa itu penuh dengan keutamaan dan faidah yang terkandung di dalamnya.

Oleh karenanya, Islam tidaklah melarang penganutnya untuk melaksanakan puasa kapan saja dan dimana saja selama tidak dilaksanakan dalam waktu-waktu tertentu yang memang dilarang untuk berpuasa.

Hingga tak terasa kita sampailah pada satu bulan dalam Islam yang memiliki keutamaan yang sangat mulia apabila kita melaksanakan puasa, yaitu bulan Rajab.

Bulan Rajab merupakan satu dari empat bulan dalam kalender hijriah yang disebut dengan bulan haram, haram disini bukanlah haram melaksanakan puasa, tetapi diharamkan dalam keempat bulan ini umat Islam melaksanakan peperangan.

Selain disebut dengan bulan haram, keempat bulan ini disebut pula dengan bulannya Allah (Syahrullah) dikarenakan mulianya kedudukan keempat bulan ini.

Dalam Al-Qur’an surat at-Taubah ayat 36 Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.”

Keutamaan Puasa di Bulan Rajab

Mengingat bulan Rajab termasuk ke dalam empat bulan yang mulia dalam Islam, maka berpuasa pada bulan ini disebut oleh Rasulullah sebagai puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Seutama-utama puasa setelah Ramadan adalah puasa di bulan-bulan Al-muharram (Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab).”

Selain termasuk ke dalam ibadah yang paling utama setelah puasa Ramadhan, puasa di bulan Rajab pun rupanya memiliki keutamaan khusus dibandingkan dengan puasa pada hari-hari biasa lainnya.

Adapun keutamaan dari puasa pada bulan Rajab adalah sebagai berikut:

Satu, melaksanakan puasa pada bulan Rajab selama sehari, diibaratkan dengan melaksanakan puasa selama satu bulan.

dua, melaksanakan puasa Rajab selama 7 hari, maka 7 pintu dari neraka Jahim akan ditutup bagi mereka yang melaksanakan puasa Rajab.

Tiga, melaksanakan puasa Rajab selama 8 hari, maka 8 pintu surga akan dibukakan bagi kita.

Empat, melaksanakan puasa Rajab selama 10 hari, maka semua dosa-dosa kita akan diganti dengan kebaikan dan semua permintaan kita akan dikabulkan.

Lima, Rajab merupakan salah satu nama dari sungai yang ada di Surga yang mengalir di dalamnya air yang lebih manis daripada madu dan lebih putih daripada susu.

Maka siapa saja yang melaksanakan puasa Rajab sehari saja, dia akan merasakan kenikmatan meminum air sungai Rajab di surga nanti.

Dari uraian di atas, kita memperoleh keterangan terkait bulan-bulan terhormat yang mana kita disunahkan untuk berpuasa pada bulan yang dimuliakan Allah SWT dan Nabi tersebut.

Stay Connected

105,623FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,258PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Jalankan OS Android 11, Galaxy F62 Keciduk Nangkring di Geekbench

RANCAH POST - Usai melahirkan Galaxy F41 di India pada bulan Oktober 2020 lalu. Samsung dilaporkan bakal segera merilis perangkat seri Galaxy F anyarnya...

Warga Gresik Terpaksa Hanyutkan Keranda Jenazah di Sungai Demi Menuju TPU

Berita Nasional, RANCAH POST - Sejumlah warga terekam kamera hanyutkan keranda jenazah untuk menyeberangi sungai menuju TPU (Tempat Pemakaman Umum). Berdasarkan informasi yang dihimpun, kejadian...

Viral Kelakuan Suami Simpan Uang Gepokan di Toilet, Akhirnya Keciduk Istri

Sosial Media, RANCAH POST - Baru-baru ini viral sebuah video TikTok yang memperlihatkan istri pergoki lokasi suami simpan uang di tempat tak lazim, yakni...

Infinix Zero 8i Debut dengan Helio G90T dan Kamera Selfie Ganda

RANCAH POST - Infinix Zero 8i mungkin akan menjadi smartphone terakhir yang dirilis Infinix di tahun 2020. Sesuai namanya, ponsel ini merupakan saudara dari...

Berita Terkait

Mengingat Kembali Tata Cara Shalat Idul Fitri

RANCAH POST - Seluruh umat Islam yang tak ada uzur, tak terkecuali wanita yang sedang haid, dianjurkan untuk keluar rumah ketika tibanya hari raya...

Puasa Muharram, Apa Saja Keutamaannya?

RANCAH POST - Sebagaimana diketahui, bulan Muharram merupakan bulan pertama dalam kalender hijriyah. nabi Muhammad SAW menyebut bulan Muharram sebagai syahrullah (bulan Allah). Sebelum Rasulullah...

Jatuh Hari Ini, Apa yang Istimewa dari Bulan Muharram 1439 H?

RANCAH POST - Tepat hari ini, Kamis, 21 September 2017, kita telah sampai kepada Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 H. Dinamakan bulan Muharram lantaran...

Niat dan Tata Cara Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1438 H

RANCAH POST - Pengertian shalat Idul Adha adalah shalat yang dilaksanakan pada Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah. Adapun waktu shalat...

Memahami Makna Malam Lailatul Qadar

RANCAH POST - Malam lailatul qadar di bulan Ramadhan merupakan salah satu peristiwa penting yang sangat ditunggu-tunggu kehadirannya. Berdasarkan sejumlah riwayat, malam yang sangat dinantikan...

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here