30.3 C
Ciamis
Beranda Berita Berita Nasional Beredar Kabar Pesawat Maskapai Plat Merah Diterbangkan Pilot Gadungan

Beredar Kabar Pesawat Maskapai Plat Merah Diterbangkan Pilot Gadungan

RANCAH POST – Publik sempat dihebohkan dengan kabar seorang pilot gadungan yang berhasil masuk ke dalam kokpit dan berhasil menerbangkan pesawat Garuda Indonesia dengan rute penerbangan Jakarta-Banjarmasin.

Namun kabar tersebut diklarifikasi oleh sejumlah pihak, termasuk maskapai Garuda Indonesia sendiri. Mereka menyatakan bahwa kabar tersebut tidaklah benar. Berkenaan dengan pilot gadungan yang dimaksud, keradaannya sudah diamankan pihak kepolisian lantaran kedapatan melakukan pencurian.

Ya, sebelumnya Polsek Kelapa Dua Tangerang berhasil menangkap seorang pencuri telepon seluler bernama Ridho Roeslan alias Andre Saputra alia Rizky Ravael, dan alias Brahmana di sebuah pusat perbelanjaan di Karawaci.

Menurut Kompol Zaenal Ahzab, Kapolsek Kelapa Dua, nama-nama tersebut merupakan identitas yang dipakai pilot gadungan untuk menjalin hubungan sekaligus menipu sejumlah pramugari. “Kepada pramugari itu, Ridho mengaku sebagai seorang pilot,” ujar Zaenal.

Dalam keterangannya, Zaenal juga menyertakan sejumlah foto-foto yang memperlihatkan pilot gadungan bernama Ridho itu tengah berpose dengan latar belakang kokpit pesawat.

Manajemen Garuda Indonesia melalui Vice President Corporate Communications Garuda Indonesia Benny S Butarbutar membantah jika pilot gadungan bisa masuk ke dalam kokpit pesawat. Dikatakannya, foto dengan latar belakang kokpit pesawat tersebut diambil di sebuah simulator pesawat yang berada di Gandaria City sehingga siapa saja bisa masuk dan berfoto. “Itu sebagaimana dikatakan tersangka, sebagaimana keterangan yang disampaikan tersangka,” ujar Benny, Sabtu (7/1/2016).

Sementara itu, Bambang S Ervan, juru bicara Kementerian Perhubungan menyampaikan bahwa sama sekali tak mungkin seorang pilot gadungan bisa menembus kokpit pesawat dan menerbangkannya.

“Jadi sangat tidak mungkin, sebab dari prosedur yang ada seorang pilot harus melakukan briefing dulu sebelum ke kokpit, pakai password, ada rekan kerjanya. Masa orang yang tidak dikenalnya bisa sampai menerbangkan pesawat? Selain itu, pilot juga dilengkap dengan surat tugas,” kata dia.

Stay Connected

105,080FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,257PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here