Rabu, Desember 2, 2020
Beranda Berita Berita Nasional Jembatan Cisomang Cipularang Bergeser dan Retak, Ini Himbauan ke Pengguna Jalan

Jembatan Cisomang Cipularang Bergeser dan Retak, Ini Himbauan ke Pengguna Jalan

RANCAH POST – Jembatan Cisomang Purwakarta yang membentang panjang di Tol Cipularang dikabarkan mengalami pergeseran dan retakan. Arus lalu lintas pun kemudian dialihkan menuju jalur arteri melewati Purwakarta.

Adapun kendaraan yang dialihkan merupakan kendaraan dengan golongan kendaraan besar semisal bus dan truk. Pengalihan arus lalu lintas juga dilakukan dari dua arah, baik itu jalur menuju Jakarta ataupun jalur menuju Bandung. Untuk kendaraan kecil sendiri (golongan I) masih bisa melewati jembatan Cisomang.

Untuk pengalihan arus, Polres Purwakarta dan Polres Cimahi mengarahkan kendaraan supaya keluar dari Tol Cikamuning dan masuk kembali melalui Tol Jatiluhur bagi yang mengarah ke Jakarta. Sedangkan bagi kendaraan yang menuju Bandung, diarahkan untuk keluar di Tol Sadang dan kemudian masuk ke tol di Padalarang

Dikatakan Brigjen Bambang Wakito, Wakapolda Jabar, pengalihan arus itu dilakukan guna mengantisipasi semakin parahnya pergeseran jembatan Cisomang akibat beban kendaraann yang terlalu berat. “Kenapa langkah ini diambil, tak lain menghindari beban jembatan tidak terlalu berat, seingga di tol ini arus pun akan lancar,” kata Bambang, Jum’at (23/12/2016).

Hingga saat ini, perbaikan jembatan Cisomang dan lereng di sekitar jembatan terus dilakukan pihak Jasamarga dan Kementerian Pekerjaan Umum.

Berkaitan dengan diperbolehkannya jenis kendaraan golongan I melintasi jembatan Cisomang, kepolisian memberikan imbauan supaya laju kendaraan di atas 50 km/jam saat melintasi jembatan di Tol Cipularang tersebut.

“Kami imbau agar menjaga kecepatan. Ketika melintasi jembatan, kecepatan harus di atas 50 km/jam. Hal ini supaya tidak ada pembebanan, jadi kendaraan seperti sedang sprint,” ujar Kadirlantas Polda Jabar Kombes (Pol) Tomex Kurniawan saat ditemui di Jembatan Cisomang, Sabtu (24/12/2016).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here