RANCAH POST – Mantan Menteri Keuangan Republik Indonesia, Marie Muhammad, berpulang ke rahmatullah, Minggu (11/12/2016) dini hari tadi di Rumah ٍٍٍٍSakit Pusat Otak Nasional Jakarta.

“Innalillahi wainnalillahi roji’un, papa kami, diddy kami, Mar’ie Muhammad meninggal dunia pukul 01.30. Mohon semua kesalahan dan dosa almarhum dimaafkan dan semoga amal ibadahnya diterima di sisi-Nya, aamiin,” ujar Zainal Irwan, menantu Marie Muhammad melalui pesan singkat.

Mar’ie Muhammad meninggal dunia di usai 77 tahun. Sebelum meninggal, Marie sejak November lalu sudah dirawat di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional. Hanya saja pihak keluarga enggan memberikan informasu penyakit yang diderita menteri keuangan di era Presiden Soeharto tersebut.

Sekedar informasi, Mar’ie Muhammad lahir pada tanggal 3 April 1939 di Surabaya. Karena berjuang memberantas korupsi di lingkungan Kementerian Keuangan kala itu, ia dijuluki sebagai Mr. Clean. Tak hanya itu saja, Mar’ie Muhammad juga melakukan upaya meningkatkan efisiensi dan membersihkan institusi yang dipimpinnya dari pegawai yang korup.

Sebelum menjadi Menteri Keuangan, pria lulusan Master of Arts In Economics, Universitas Indonesia ini pernah menjabat sebagai Direktorat Jenderal Pengawasan Keuangan Negara Departemen Keuangan RI pada tahun 1969-1972. Selepas itu, Marie Muhammad kemudian menjabat sebagai Direktorat Jenderal Pembinaan BUMN Departemen Keuangan RI dari tahun 1972 hingga 1988.

Karirnya tak berhenti sampai di sana, tahun 1988 sampai tahun 1993, Mar’ie Muhammad menjabat sebagai direktorat Jenderal Pajak, Departemen Keuangan sebagai Direktur Jenderal dan selanjutnya diangkat dan menduduki jabatan Menteri Keuangan Kabinet Pembangungan VI dari 1993 hingga 1998.

Share.

Leave A Reply