RANCAH POST – Memang masih cukup lama hingga Samsung Galaxy S8 diresmikan. Namun prosesor dan komponen yang bakal digunakan pada ponsel ini harusnya sudah mulai digarap sejak dini, setidaknya jika ingin ponsel baru Samsung ini hadir sesuai jadwal.

Bicara soal komponen atau jeroan Samsung Galaxy S8, ada kabar yang mengatakan jika ponsel ini akan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 830 terbaru sebagai pemacu utama performa ponsel. Dan menariknya, kabar lain mengatakan bahwa Samsung bakal menjadi pihak yang secara eksklusif memproduksi chip ini.

Samsung dikatakan telah menandatangani kesepakatan untuk melakukan proses produksi chip Snadpragon 830 milik Qualcomm dengan proses 10nm.

Proses produksi ini nantinya akan dikenal dengan nama FoPLP atau dengan kepanjangan dari Fan-out Panel Level Package. Teknologi ini juga memungkinkan Samsung untuk merakit chipset tersebut tanpa adanya cetakan papan sitkuit untuk paket subtrat. Entah apa maksudnya, namun yang pasti teknologi ini bakal dikembangkan bersama-sama oleh Samsung dan Qualcomm.

Teknologi FoPLP ini memang cukup jarang kita dengar, namun bisa dikatakan bahwa teknologi baru ini akan mampu menekan biaya produksi dari chip tersebut dan memudahkan Samsung untuk mengintegrasikan port Input/Output, serta akan bisa membuat chip ini lebih tipis dari model sebelumnya. Dan dengan proses 10nm yang dipakai, besar harapan jika chipset baru ini akan bisa memiliki performa lebih badas dengan pengelolaan panas yang lebih efisien.

Rumor lain juga sempat mengatakan bahwa Samsung akan memproduksi Samsung Galaxy S8 dalam varian lain seperti biasanya. Model lain ini akan menggunakan chipset buatan Samsung sendiri seperti biasa, yakni Exynos 8895 yang juga akan dibangun dengan proses 10nm. Dan seperti biasa, model Exynos 8895 akan memiliki perbedaan mini dengan Snapdragon 830.

Share.

Leave A Reply